3 Software Alternatif Microsoft Office

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Office betul? Software perkantoran buatan Microsoft ini memang tidak ada tandingannya sampai saat ini. Terbukti, hampir seluruh sekolah, universitas, perusahaan dan pemerintahan atau organisasi menggunakan Microsoft Office pada komputer atau laptop.

Sayang sekali Microsoft Office yang digunakan pada komputer atau laptop tersebut rata-rata bajakan atau hasil download di internet gratis. Memang Microsoft tidak memberikan Microsoft Office secara gratis untuk setiap pengguna Windows melainkan harus membeli lisensinya jika ingin menggunakan Microsoft Office. Selain itu, lisensi setiap Microsoft Office bervariasi mulai dari Home, Personal, Student, dan Business tentunya dengan harga yang juga berbeda-beda. Kamu bisa melihat harganya atau membelinya langsung dari situs resmi Microsoft di https://www.microsoft.com/id-id/store/b/home.

Selidik punya selidik, ternyata ada banyak software alternatif untuk menggantikan Microsoft Office. Karena cukup banyak, disini saya hanya akan merekomendasikan kamu 3 Software Alternatif Microsoft Office yang bisa kamu download dan gunakan secara gratis tanpa memerlukan lisensi. Software ini juga bisa kamu gunakan pada komputer dan smartphone berbasis Windows, Linux, MacOS, iOS dan Android. Berikut adalah 3 Software Alternatif Microsoft Office :


1. WPS



KINGSOFT adalah pengembang perangkat lunak office terkemuka yang didirikan pada tahun 1999. KINGSOFT mengembangkan aplikasi produktivitas untuk pasar konsumen dan perusahaan dengan lebih dari 1 miliar pengguna terdaftar di seluruh dunia dan produk unggulannya ialah WPS Office.

Selain bisa mengunakan office secara gratis, kamu juga bisa menggunakan beragam fasilitas yang telah disediakan dalam software WPS seperti template. Meskipun WPS menyediakan office gratis, tapi mereka juga memiliki paket berbayar yang tentunya dibutuhkan untuk kegunaan tertentu.


2. LibreOffice



LibreOffice adalah softwaree perkantoran yang hebat, antarmuka bersih dan kaya fitur membantu kamu melepaskan kreativitas dan meningkatkan produktivitas. LibreOffice mencakup beberapa aplikasi yang menjadikannya software office gratis terlaris di pasaran.

Dokumen yang dibuat menggunakan LibreOffice akan terlihat profesional dan bersih, seperti: surat, tesis master, brosur, laporan keuangan, presentasi pemasaran, gambar teknik dan diagram.

LibreOffice tersedia bagi semua orang untuk digunakan, dibagi dan dimodifikasi, dan diproduksi oleh ratusan komunitas pengembang di seluruh dunia. LibreOffice juga diuji dan digunakan setiap hari oleh pengguna yang besar diseluruh dunia.


3. OpenOffice



OpenOffice adalah proyek open-source terkemuka untuk pengolah kata, spreadsheet, presentasi, grafik, database dan banyak lagi. OpenOffice tersedia dalam banyak bahasa dan bekerja pada semua komputer umum. Menyimpan semua data dalam format standar internasional dan juga dapat membaca dan menulis file dari software perkantoran umum lainnya seperti Microsoft Office. OpenOffice dapat didownload dan digunakan sepenuhnya secara gratis.

OpenOffice merupakan hasil karya orang-orang hebat Apache Foundation selama dua puluh tahun. Didesain dari awal sebagai satu kesatuan perangkat lunak, OpenOffice memiliki konsistensi produk yang tidak bisa diimbangi. Proses pengembangan yang benar-benar terbuka berarti bahwa setiap orang dapat melaporkan bug, meminta fitur baru, atau meningkatkan versi software. Hasilnya: OpenOffice melakukan segala hal yang kamu inginkan agar pekerjaan perkantoran dapat dilakukan sesuai keinginan.


Itulah 3 Software Alternatif Microsoft Office yang bisa kamu download dan gunakan. Semua adalah hasil karya orang-orang hebat yang dengan bangga membagikan software rancangannya kepada publik untuk digunakan secara gratis tanpa adanya lisensi berbayar.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler