7 Pekerjaan Yang Bisa Menghasilkan Uang Di Internet

7 Pekerjaan Yang Bisa Menghasilkan Uang Di Internet

Indonesia termasuk dalam salah satu negara yang paling aktif menggunakan internet. Menurut statistik Wikipedia, Indonesia ada di urutan ke 13 dari seluruh negara di dunia yang paling aktif menggunakan internet dengan jumlah 38 juta orang perharinya yang mengakses internet.

Memang tidak bisa di elakkan lagi, hampir setiap warga negara, tua maupun muda, kaya ataupun sederhana tetap menggunakan internet setiap saat. Internet bahkan melebihi daripada pekerjaan sehari-hari, bayangkan setiap menit atau jam hampir semua pemilik smartphone meluangkan waktu untuk mengakses internet seperti diskusi (chat), menjelajah (browsing), mengunduh konten (download), mengumbar konten (upload). Semua dilakukan tanpa adanya gaji, justru malah harus membeli kuota internet untuk bisa berinternet.

Apakah kamu mau terus menerus membuang waktu seperti itu?

Sebenarnya ada banyak pekerjaan di internet yang bisa kamu kerjakan tanpa harus menulis cv dan melamar. Ya, biarpun pekerjaan di internet hanyalah freelance tapi hasil kerja di internet tergantung dari kegigihan dan kerajinan kamu, bukan karena keahlian khusus.

Beberapa pekerjaan online yang bisa kamu kerjakan di internet sebenarnya bisa juga kamu pelajari dari internet secara otodidak. Tak perlu kursus, kuliah atau sekolah sampai keluar negeri, cukup dengan kesabaran, ketelitian dan keuletan yang ekstra kamu akan bisa menciptakan hasil yang memuaskan. Bukan berarti kamu tidak perlu belajar dan sekolah, itu tetap perlu karena dengan belajar dan menuntut ilmu maka pengetahuan kamu akan lebih luas lagi dan tentunya mendapatkan pendidikan dalam segi mata pelajaran apapun.

Jika kamu gagal dalam menemukan dan melakukan pekerjaan di internet jangan mudah putus asa, itu hal biasa yang dialami oleh semua orang sukses. Setiap orang sukses juga pernah gagal puluhan bahkan ratusan kali hingga membuat mereka banyak mengetahui solusi untuk memecahkan setiap masalah. Solusi itulah ilmu yang sulit untuk dipelajari kecuali kita sendiri yang merasakan masa-masa gagal itu.

Dan inilah 7 Pekerjaan Yang Bisa Menghasilkan Uang Di Internet.


1. Programmer

Programmer adalah salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati oleh kaum adam karena pekerjaan yang satu ini membutuhkan ketelitian dan kesabaran super ekstra. Terang saja, seorang programmer dituntut untuk bekerja seumur hidup tanpa ada kata "finish". Setiap hari seorang programmer harus mengikuti dan mempelajari hal baru yang selalu update.

Ada beberapa jalur yang bisa di ambil oleh seorang programmer, itu sesuai dengan keinginan dirinya sendiri seperti web programmer dan desktop programmer. Pekerjaan ini tergolong mudah untuk mencari uang diinternet seperti menjual program yang dibuatnya sendiri ataupun menggunakannya sendiri untuk mencari uang.

Selain itu banyak situs besar yang menampung programmer-programmer handal dan membantu memasarkan program buatannya, sebut saja Codecanyon dan Themeforest yang sudah sangat mendunia. Bayangkan seorang programmer yang membuat tema di themeforest bandrol dengan harga $49 per lisensi (1 tema untuk 1 orang) sedangkan tema tersebut bisa dibeli ratusan kali oleh banyak orang diseluruh dunia termasuk situs-situs besar juga membelinya dari sana. Jika pertema seharga $49 dan dibeli 100 orang hasilnya adalah $4,900 atau setara dengan Rp 65jt. Bagaimana jika pembeli lebih dari 100 orang? Atau jika tema yang dijual ada lebih dari satu? Kamu bisa membayangkannya bukan.

Tapi tidak semua program bisa selaris itu, ada banyak pesaing dan seorang programmer perlu inovasi dan keunikan tersendiri agar program buatannya bisa diminati oleh banyak orang. Kembali ke sebelumnya, programmer adalah pekerjaan yang tidak akan pernah ada kata akhir, termasuk pembelinya yang juga tidak akan pernah bisa puas, selalu membeli dan membeli lagi.


2. Blogger

Blogger adalah salah satu pekerjaan online yang terbilang santai dan enjoy. Seorang blogger tidak dituntut untuk melakukan eksperimen seperti halnya programmer, hanya saja seorang blogger diharuskan memiliki wawasan yang luas di dunia nyata dan bisa menulis dengan cukup baik agar bisa menarik perhatian pembaca dan membuat pembaca kembali lagi terus menerus.

Beberapa blogger terkenal dan terkaya seperti Michael Arrington pemilik dari situs Techcrunch dengan pendapatan 9,1 milyar perbulanPete Cashmore pemilik dari blog teknologi Mashable yang memperoleh 6,5 milyar perbulanPerez Hilton ialah seorang blogger lifestyle yang memperoleh 5,1 milyar perbulan , Timothy Sykes yang mengulas saham dengan blognya bisa menghasilkan 2,4 milyar perbulan, dan Vitaly Friedman yang memiliki situs Smashingmagazine bisa menghasilkan sekitar 1,9 milyar perbulan. Hasil sebanyak itu didapatnya dari iklan di blognya dan ulasan produk (promosiin produk orang) diblognya. Mereka bukan hanya menulis blog biasa, tapi memberikan manfaat bagi siapapun yang membacanya, itulah kuncinya.


3. YouTuber

Pekerjaan yang sedang naik daun ini bisa dibilang gampang-gampang sulit. Tapi saat ini banyak YouTuber sukses dari dalam negeri. Untuk pekerjaan yang satu ini kamu dituntut untuk memiliki kreatifitas tinggi agar bisa menarik penonton sebanyak mungkin.

YouTuber dibayar oleh YouTube melalui iklan yang tayang dalam videonya. Tidak semua video bisa mendapatkan penghasilan, hanya video-video yang original, unik, kreatif dan memberikan manfaat serta tontonan yang asik yang bisa mendapatkan hasil. Google menyeleksi video-video dalam situsnya sebelum menampilkan iklannya.

Bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber, bergegaslah mencari ide kreatif yang original untuk bisa mendapatkan hasil yang tak ada akhirnya.


4. Designer

Designer yang saya artikan disini adalah designer digital yang meliputi graphic, ilustrator, dsb. Pekerjaan Designer mirip seperti programmer, yaitu pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang luar biasa. Selain itu, seorang designer diharuskan mengerti secara mendalam mengenai gambar yang mungkin hal itu perlu pembelajaran khusus.

Tidak mudah untuk melakukan pekerjaan ini tapi pekerjaan sebagai designer adalah yang paling cepat mendapatkan hasil apabila kamu sudah memiliki ilmunya. Terlagi kamu sudah mahir, bukan kamu yang lagi yang mencari pekerjaan justru pekerjaanlah yang mencari kamu.

Kita bisa lihat sendiri di situs lowongan kerja seperti Jobstreet banyak perusahaan startup bahkan yang besar sekalipun mencari designer dengan gaji jauh diatas UMR bahkan bisa berkali-kali lipat. Di internet ada Graphiciver dimana para designer menjual hasil karyanya, disana kamu bisa sedikit melihat-lihat gambar para professional dan ikutilah jejaknya dengan menjual karya kamu.


5. Video Editing

Video Editing bukanlah pekerjaan yang bisa dipelajari hanya dalam setahun, butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi seorang video editing yang mahir. Pekerjaan ini memiliki gaji luar biasa dalam setiap pekerjaannya. Hanya saja sangat sulit untuk dipelajari untuk orang yang tidak menyukai jenis pekerjaan ini. Banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pembelajaran video editing seperti komputer atau laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dan perangkat pendukung lainnya.

Banyak perusahaan membuka lowongan untuk video editing termasuk pertelevisian atau situs video streaming besar. Tak luput juga perusahaan marketing yang sangar membutuhkan seorang video editing. Lihat di Jobstreet, banyak sekali perusahaan bonafit yang membutuhkan seorang video editing.

Dilain sisi, di VideoHive banyak orang ahli yang menjajakan video hasil buatannya dengan harga bervariasi. Kamu bisa mempelajari dari orang-orang hebat disana dan memulainya seperti yang mereka jual.


6. Research

Research adalah pekerjaan yang mirip dengan analitika dimana seorang research terus menerus mencari pola untuk membongkar suatu masalah atau solusi. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang hebat yang terus menerus berfikir untuk mencari cara untuk sebuah solusi. Di internet pun seorang research sangat diperlukan untuk banyak hal.


7. Marketing

Marketing termasuk pekerjaan yang bisa dilakukan oleh siapapun tanpa perlu pembelajaran khusus. Semua orang bisa menjadi marketing, hanya saja seorang marketing sejatinya harus bisa menulis dan menggambarkan bahwa produk yang ditawarkan lebih dari produk lainnya. Selain itu, seorang marketing juga diharuskan memiliki sedikit ilmu analisis agar tidak rugi waktu dan keringat.

Banyak seorang marketing handal di internet, beberapa diantaranya sudah mendunia dan mensponsori berbagai merek terkenal.


Dari 7 Pekerjaan Yang Bisa Menghasilkan Uang Di Internet diatas, pilihlah mana yang mendekati keahlian dan hobi kamu. Jika kamu suka dengan pekerjaan itu, kamu bisa dengan mudah mencari uangnya. Sebelum itu, kamu tetap harus memiliki banyak info untuk mendapatkan klien secara online. Untuk mendapatkan info tersebut, kamu harus bergabung dengan grup di facebook, forum diskusi ataupun channel lainnya.

Lalu bagaimana bisa mendapatkan uang dari internet-nya?

Setelah kamu sudah memastikan untuk menekuni salah satu bidang pekerjaan diatas, semua bisa dilakukan secara online. Untuk itu, kamu perlu channel atau informasi seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Jika tidak ingin bergabung dengan grup atau forum diskusi, kamu masih bisa mencarinya di Google. Tapi, jika kamu tiak mengikuti forum atau grup bisa dipastikan kamu akan kesulitan menemukan solusi dan selalu tertinggal dengan informasi terbaru.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler