5 Tools Web Programmer Paling Diandalkan

5 Tools Web Programmer Paling Diandalkan

Web Programmer adalah pekerjaan yang memiliki gengsi tinggi dan gaji yang tinggi pula. Tak sedikit remaja di seluruh dunia saat ini berbondong-bondong masuk bangku kuliah jurusan TI untuk mempelajari dasar-dasar ilmu web programmer.

Seorang web programmer memang dituntut memiliki ilmu dasar seperti bahasa pemrograman yaitu HTML dan CSS yang bisa menyokong kelanjutan pembelajarannya. Apabila seorang ingin belajar web programer yang lebih tinggi seperti Javascript, PHP dan Database diharuskan menguasai HTML dan CSS lebih dulu.

Sebenarnya tidak aa batasan usia untuk menjadi seorang web programmer, yang paling penting adalah kesabaran dan ketekunan yang sangat besar. Banyak lika-liku yang akan dilewati dalam pembelajaran. Hal itu bahkan membuat banyak orang yang putus asa. Padahal, semua web programmer yang handal sekalipun pernah merasakan hal-hal itu, namun karena ketekunan dan kesabarannyalah yang membuatnya tetap bertahan hingga bisa.

Untuk memulai belajar pemrograman web, kamu bisa melakukannya meskipun tanpa kuliah. Hal itu dibuktikan oleh banyak web programmer sukses yang tidak pernah menduduki bangku kuliah. Kamu yang tidak pernah merasakan kuliah, jika ada keinginan bisa seperti mereka. Apabila ilmu yang dimiliki sudah mencukupi bahkan kamu bisa mengalahkan kemampuan orang kuliah. Terlagi, seorang web programmer di tes kerja dengan kemampuannya dalam menciptakan, mengatasi dan memelihara sistem, bukan karna pendidikannya yang tinggi.

Bagi kamu yang ingin belajar langsung secara otodidak, bisa melalui berbagai situs pemberlajaran web programmer online seperti W3Schools dan Tutorials Point.

Sedangkan untuk menanyakan masalah yang menurut kamu sulit untuk diatasi, bisa langsung bergabung dan menanyakan masalah kamu di situs tanya jawab online khsus programmer seperti Stackoverflow atau Kaskus.

Dengan banyaknya situs untuk belajar dan menemukan masalah, kamu bisa menguasai ilmu web programmer tanpa harus keluar dari rumah sekalipun. Jangan lupa untuk tetap mengigat kata "kesabaran" dan "ketekunan" untuk menjadi seorang web programmer yang handal.

Jika kamu sudah sedikit mengerti dan menguasai bahasa pemrograman web, kamu sudah bisa mencoba tools yang biasa digunakan oleh para web programmer professional. Berikut ini adalah 5 Tools Web Programmer Paling Diandalkan.


1. XAMPP


XAMPP Logo


XAMPP adalah atau tools yang diciptakan untuk pengembangan PHP yang paling populer. XAMPP benar-benar gratis, mudah untuk diinstal dan dilengkapi dengan MariaDB, PHP, dan Perl. XAMPP telah dibuat sedemikian rupa hingga sangat mudah dipasang dan digunakan.

2. WAMP


WAMP Logo


WampServer adalah tools web programmer yang khusus diciptakan untuk sistem operasi Windows. WAMP memungkinkan kamu untuk membuat aplikasi web dengan Apache2, PHP dan Database MySQL. Di samping itu, PhpMyAdmin memungkinkan kamu untuk mengelola database dengan mudah.

3. MAMP


MAMP Logo

MAMP termasuk salah satu tools untuk web programmer yang dan mudah diinstal. Kamu bisa menginstal Apache, PHP dan MySQL tanpa memulai skrip atau harus mengganti file konfigurasi apapun pada komputer. Selanjutnya, jika MAMP tidak lagi diperlukan, hapus saja folder MAMP dan semuanya kembali ke keadaan semula. Ya, salah satu tools sederhana yang sangat mudah dipasang dan dicopot dari sistem.



4. AMPPS


AMPPS Logo


AMPPS adalah hasil kolaborasi dari WAMP, MAMP dan LAMP Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Perl & Python yang dibungkus menjadi satu tools. AMPPS memungkinkan kamu untuk lebih fokus menggunakan aplikasi daripada mempertahankannya. Dengan AMPPS kamu juga dapat membuat situs web dengan memasang salah satu dari 400+ Apps yang tersedia, menyesuaikannya, dan kemudian mempublikasikannya di internet melalui berbagai pilihan penyedia layanan hosting.

5. VS Code


VS Code Logo


Visual Studio Code adalah editor kode ringan namun kuat yang berjalan di desktop dan tersedia untuk sistem operasi Windows, MacOS dan Linux. Muncul dengan dukungan built-in untuk JavaScript, TypeScript dan Node.js dan memiliki segudang ekstensi bahasa lain seperti C ++, C #, Python, PHP, Go dan runtimes seperti .NET dan Unity. VS Code adalah tools yang dibuat oleh Microsoft yang membuatnya sangat kompatibel dengan Windows.

5 Tools Web Programmer Paling Diandalkan diatas adalah tools andalah web programmer professional dan advanced yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah proyek berbasis web dengan dukungan berbagai macam bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript, PHP, Database, dan banyak lagi secara gratis.

Artikel ini sebenarnya memberikan kamu pembelajaran dari awal hingga akhir, dengan berbagai situs online untuk belajar bahasa pemrograman web hingga tools yang diperlukan untuk membuat proyek berbasis web.

Apabila ada teman atau keluarga kamu yang ingin belajar menjadi seorang web programmer jangan lupa untuk memberitahu mereka tentang artikel ini. Mari sama-sama kira berbagi ilmu dan mengingat pepatah berbagi itu indah.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler