Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja hanyalah cara atau metode pelamar untuk menunjukkan keseriusannya melamar pekerjaan pada satu perusahaan yang dilamarnya.

Dalam membuat surat lamaran kerja, jangan asal menulis seenaknya saja seperti contoh surat lamaran kerja yang diberikan teman atau tetangga rumah kamu. Jika surat lamaran kerja kamu terlihat tidak menarik dan cenderung biasa-biasa saja tanpa gaya bahasa dan susunan surat yang tepat, itu bisa membuat surat lamaran kamu dikesampingkan oleh perusahaan.

Ada beberapa tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar agar surat lamaran kerja kamu dibaca dengan baik dan dipertimbangkan oleh perusahaan.

Berikut ini adalah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar :


1. Data Pribadi Harus Jelas dan Lengkap

Data pribadi sangat diwajibkan pada sebuah surat lamaran kerja, bukan hanya nama dan alamat tapi nomor kontak lainnya seperti nomor ponsel atau email juga wajib disertakan. Berikut adalah isi data pribadi pada surat lamaran :

- Nama Lengkap
- Tempat dan Tanggal Lahir
- Alamat Lengkap
- Telepon dan/atau HP
- E-mail (tidak wajib)
- Status Perkawinan

2. Pendidikan

Tulislah rekam jejak pendidikan yang pernah kamu jalani. Baik itu pendidikan secara formal atau pendidikan non formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dijalani mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga perguruan tinggi. Sedangkan untuk pendidikan non formal seperti kursus, pelatihan atau hal apapun yang menunjang kemampuan kamu.

3. Pengalaman Bekerja

Apabila kamu pernah bekerja di perusahaan lain maka tulislah pengalaman bekerja kamu. Berapa lama kamu bekerja, posisi apa saja yang pernah dijabat dan jenis pekerjaan apa saja yang pernah kamu lakukan. Tetapi bila kamu belum pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa melewatkan bagian ini.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lengkapi surat lamaran kerja kamu dengan bukti-bukti yang mendukung pernyataan di dalam surat tersebut. Fungsi lampiran ini adalah untuk mempertegas surat lamaran untuk dijadikan bahan pertimbangan bagi pihak perusahaan atau instansi yang menawarkan pekerjaan. Lampiran tersebut meliputi :

- Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae)
- Foto copy Ijazah terakhir
- Foto copy sertifikat kursus atau pelatihan (jika ada)
- Pas Foto terbaru
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib, bila ada lebih baik)
- Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib, bila ada lebih baik)


Itulah beberapa hal pokok yang harus ada di dalam surat lamaran kerja yang kamu buat.


Selain panduan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar diatas, kamu juga bisa melihat langsung contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu contek dibawah ini :


Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Contoh
Jl. Contoh - No. 01
Kota Depok

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Contoh yang termuat di halaman Jobstreet tanggal 12 Juni 2017. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Contoh.

Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama :……………………………………………
Tempat, tgl. lahir :…………………………
Pendidikan Akhir :………………………….
Alamat :………………………………………….
Telepon (HP) :…………………………………
E-mail :……………………………………………
Status Perkawinan :......................

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, Power Point, Outlook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup
2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4. Pas foto terbaru

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.



Hormat saya,


( ___________ )


Itulah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar, tentunya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Untuk memperbesar peluang kamu diterima lampirkan CV (Curriculum Vitae) yang menarik.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler