6 Cara Mengatasi Ponsel Android Agar Tidak Lemot

6 Cara Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot

Ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel yang menggunakan sistem operasi Android mengalami hank atau biasa disebut lemot. Karena ponsel yang lemot membuat aktifitas kita terganggu bahkan saking lemotnya bisa-bisa ponsel berhenti bekerja (stopped). Hal ini banyak dialami pengguna ponsel Android yang memiliki spesifikasi pas-pasan.

Untuk menghindari ponsel Android lemot, saya memiliki beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan. 6 Cara Mengatasi Ponsel Android Agar Tidak Lemot ini sudah saya coba sendiri dan hasilnya cukup memuaskan. Berikut ini adalah tips-nya.

1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Terkadang pengguna ponsel Android menginstall aplikasi dan game yang berlebihan bahkan menginstall game yang sebenarnya tidak cocok untuk spesifikasi ponsel-nya. Hal ini menyebabkan ponsel terlalu sibuk bekerja dan akhirnya lemot. Agar ponsel kamu tidak lemot, sebaiknya periksa aplikasi dan game mana saja yang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sampai overload atau ponsel terlalu sibuk bekerja.

Sekedar info: Aplikasi atau game yang tidak pernah kamu buka lebih dari tiga hari termasuk aplikasi yang tidak diperlukan.


2. Atur Auto Start Aplikasi

Atur Auto Start Aplikasi

Setiap aplikasi dan game untuk Android memerlukan izin yang berbeda-beda, ada yang membutuhkan izin auto start ada juga yang tidak. Aplikasi atau game yang memerlukan internet seperti aplikasi chatting dan game online pastilah membutuhkan izin auto start dimana fitur tersebut mengizinkan ponsel menjalankan service secara otomatis saat ponsel di hidupkan.

Contohnya adalah Facebook Messenger, aplikasi tersebut akan otomatis bekerja saat ponsel di hidupkan. Itulah yang membuat ponsel lemot. Itu baru satu aplikasi, bagaimana jika kamu memiliki WhatsApp, Line, Instagram, Path, dll? Tentu ponsel kamu benar-benar sibuk saat pertama kali di hidupkan sebab aplikasi online tersebut memerlukan fitur auto start untuk menghadirkan notifikasi realtime ke ponsel.

Agar ponsel tidak sibuk dan lemot, kamu perlu mengatur auto start pada pengaturan ponsel kamu. Untuk Xiaomi fitur ini sudah ada pada aplikasi Security dimana kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang boleh menggunakan fitur auto start. Saya sarankan untuk selalu mengaktifkan pada aplikasi yang menurut kamu penting sebab, aplikasi yang di non-aktifkan auto start-nya akan benar-benar tidak bekerja saat ponsel di hidupkan, jadi notifikasi tidak akan masuk jika aplikasinya tidak kamu buka.


3. Berikan Ruang Bebas Pada Memori Internal

Berikan Ruang Bebas Pada Memori Internal

Kadang kita tidak memperhatikan lokasi penyimpanan aplikasi dan game pada ponsel. Apabila aplikasi atau game tersimpan pada memori internal (memori ponsel) bisa dipastikan ponsel kamu akan cepat kehabisan memori dan menyebabkan lemot.

Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan lokasi penyimpanan aplikasi atau game pada ponsel kamu. Jika sudah terlanjur terinstall pada memori internal, kamu bisa memindahkannya dengan cara masuk ke Settings > Apps kemudian pilih aplikasi atau game yang mau dipindahkan ke memori eksternal (memori sd card).

Note : Tidak semua aplikasi atau game bisa di pindahkan ke memori eksternal.

Sebaiknya sisakan memori internal lebih dari 1 GB agar ponsel kamu bekerja dengan semestinya tanpa kehabisan memori.


4. Gunakan Aplikasi Pembersih

Gunakan Aplikasi Pembersih

Playstore memiliki banyak aplikasi yang sebenarnya bisa membantu kita untuk memaksimalkan kinerja ponsel. Beberapa aplikasi mungkin sudah ada pada posel kamu atau bawaan pabrik (default). Apabila tidak tersedia, kamu bisa menggunakan aplikasi terkenal dan terpercaya yang bisa membersihkan sampah di ponsel kamu seperti DU Speed Booster dan Clean Master. Kedua aplikasi tersebut bisa membantu kamu mengosongkan ruang disk pada memori dan mempercepat kinerja ponsel kamu.


5. Reset Ulang Ponsel

Reset Ulang Ponsel

Dengan melakukan reset ponsel ke pengaturan awal bisa dipastikan ponsel kamu akan clean seperti baru beli. Cara ini banyak digunakan jika ponsel kamu benar-benar sudah lemot. Tapi, sebelum melakukan reset sebaiknya kamu melakukan backup data-data penting yang ada di memori internal ke memori eksternal dan setelah semua sudah terbackup copot kartu memori eksternal, barulah kamu bisa mereset ponsel tanpa takut kehilangan data.


6. Masalah Pada Hardware

Masalah Pada Hardware

Banyak penyebab ponsel menjadi lemot, lag, hank, dll yang disebabkan oleh hardware. Salah satu contoh seerhana adalah ponsel dengan spesifikasi yang pas-pasan tapi untuk bermain game yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Tentu ponsel akan lemot dan bisa-bisa hank atau juga force close (keluar paksa).

Jadi untuk memainkan game atau menjalankan aplikasi sebaiknya baca terlebih dahulu requirements dari game atau aplikasi tersebut agar ponsel kamu tidak lemot.

Faktor lainnya adalah umur dari hardware yang ada di ponsel kamu, bisa jadi sudah memang harus diganti karena sudah tua, dan hal itu menyebabkan banyak kejanggalan yang terjadi seperti lemot, suara tidak terdengar, dan lain-lain.


Semoga 6 Cara Mengatasi Ponsel Android Agar Tidak Lemot diatas bisa membantu kamu menemukan solusi untuk memaksimalkan kinerja ponsel meskipun tidak semuanya harus di coba. Tips kelima adalah yang paling umum digunakan oleh banyak orang untuk mengembalikan kinerja ponsel seperti semula. Selain mudah dilakukan, dengan cara itu juga kamu bisa mengatur ulang keseluruhan isi ponsel.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler