Pengertian Nama Domain Dan Manfaatnya

Pengertian Nama Domain Dan Manfaatnya

Nama domain adalah nama yang diberikan untuk mengakses IP yang berisi halaman web. Nama domain bisa dibuat semudah mungkin agar orang-orang bisa mengingatnya dengan mudah tanpa harus mengingat nomor dari sebuah alamat IP.

Nama domain sendiri memiliki banyak ektensi seperti com, net, info, org, co.id dan banyak lagi yang bisa dibeli dengan harga yang bervariasi. Tidak semua ektensi dari nama domain bisa dibeli oleh masyarakat umum. Beberapa nama domain hanya bisa dibeli jika memiliki identitas sah (KTP) atau surat menyurat dari lembaga pemerintahan contohnya NPWP, SIUP, dll.

Ektensi nama domain kurang lebihnya adalah inisial (singkatan) dari sebuah nama negara seperti Indonesia ektensinya adalah web.id, my.id, co.id, go.id dan mil.id saat ini telah diluncurkan ektensi domain baru untuk Indonesia yaitu .id dimana ektensi ini lebih singkat karena hanya dua huruf saja. Negara lainnya juga memiliki ektensi domain sama seperti negara kita sebut saja Amerika Serikat .us, Kanada .ca, Jerman .de, Rusia .ru, Singapura .sg, dan seterusnya. Seluruh negara memiliki ektensi domain yang bisa dibeli oleh warga negaranya kecuali domain yang bersifat khusus lembaga pemerintah, kenegaraan atau militer.

Biarpun hampir semua domain bisa dibeli dengan mudah, tapi ada syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh pembeli yaitu kartu identitas atau biasa disebut KTP.


Kenapa Beli Domain Harus Menggunakan KTP?

Jelas, pertanyaan ini sering ditanyakan oleh calon pembeli yang pertama kali ingin membeli domain. Masalah pembelian domain yang harus menggunakan KTP adalah mutlak yang artinya harus dipenuhi untuk keperluan verifikasi identitas kepemilikan nama domain itu sendiri.


Ada Ga Domain Yang Bisa Dibeli Tanpa KTP?

Jawabannya adalah ada! Domain yang bisa dibeli tanpa menggunakan KTP adalah jenis TLD (Top Level Domain) yang meliputi com, net, org, info, biz, dll. Domain TLD bisa dibeli dimanapun tanpa menggubakan KTP. Tapi tidak semua reseller domain membolehkan, ada beberapa yang tetap harus menggunakan KTP. Untuk itu kamu bisa mencari reseller yang membolehkan membeli domain tanpa KTP.

Arti Singkatan Domain TLD Menurut Ektensinya :

COM = Commercial / Komersial
CO = Brand / Merek / Perusahaan
NET = Network / Jaringan
ORG = Organization / Organisasi / Komunitas
INFO = Information / Informasi
BIZ = Business / Bisnis
ME = Personal / Pelajar / Perorangan
NAME = Personal / Pribadi / Artis

Pemilik dari sebuah domain bisa diketahui oleh publik melalui sistem yang diberikan oleh pengelola domain yaitu Domain Whois. ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) dimana induk perusahaan ini bekerja sebagai pengelola nama domain di seluruh dunia. Semua data seperti nama, alamat, email dan nomor telpon pemilik domain bisa diketahui dengan mudahnya jika pemilik domain tidak menggunakan fitur Private Whois. Untuk mengecek kepemilikan nama domain silahkan mengunjungi halaman ini dan ketikkan nama domain yang ingin kamu lihat siapa pemiliknya.

Catat: Tidak semua domain bisa dilihat siapa pemiliknya, banyak juga yang merahasiakan identitas dengan menggunakan fitur Private Whois. Apabila kamu menemukan informasi whois menyatakan WhoisGuard Protected itu adalah identitas yang irahasiakan atau diproteksi oleh pemiliknya.



Siapa Saja Penjual Nama Domain Terpercaya?

Ada banyak registrar dan reseller nama domain yang terpercaya dan bisa kamu jadikan acuan. Beberapa penyedia pendaftaran nama domain dibawah ini sudah cukup terkenal.

1. Google Domains
2. Namecheap
3. Godaddy
4. Crazydomains
5. Yahoo Domains

Dan masih banyak lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan semuanya karena terlalu banyak. Di Indonesia juga ada banyak reseller domain, jika kamu mencarinya di google dengan harga yang sedikit lebih mahal dari registrar luar negri.


Apa Saja Yang Didapat Saat Membeli Domain?

Ada banyak fitur yang akan kamu dapat jika membeli sebuah nama domain seperti pengaturan nameserver, dns, email forwaeding, dll. Tapi tidak semua registrar memberikan kontrol penuh ke pemilik domain khususnya domain dari negara tertentu. Mengapa bisa begitu? Registrar ektensi nama domain negara bertujuan untuk menghindari kejahatan dunia maya. Contohnya pergantian nameserver dan dns yang membutuhkan konfirmasi dari pihak registratr. Bahkan ada juga yang tidak memberikan fitur pengaturan dns meskipun kita sudah membeli domain tersebut. Why? Seperti biasa, permainan bisnis. Untuk bisa menggunakan dns kita harus mengupgrade atau menambahkan addons untuk mendapatkan pengaturan dns yang seharusnya sudah termasuk dalam pembelian domain.

Info: Baiknya sebelum membeli domain kamu sudah memahami terlebih dahulu mengenai apa saja yang akan didapat, cara penggunaan dan sistem dari nama domain tersebut.


Berapa Harga Domain Pada Umumnya?

Bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga milyaran rupiah. Domai TLD adalah domain yang umum dan bisa dibeli oleh siapapun dengan harga 100 - 200 ribu. Domain dengan harga jutaan hingga milyaran adalah nama domain unik seperti nama perusahaan terkenal atau nama domain pendek seperti t.co (milik Twitter), j.co (milik JCO), mi.co (milik Xiaomi) dan sebagainya.


Apakah Domain Sekali Bayar Untuk Selamanya?

Tidak, setiap domain yang dibeli memiliki sistem kontrak antara registrar dengan pemiliknya yang berarti pemilik harus memperpanjang kontrak jika ingin nama domainnya tetap hidup di internet. Waktu terpendek kontrak nama domain adalah satu tahun dan paling panjang adalah sepuluh tahun. Beberapa domain hanya memiliki ijin kontrak maksimal tifa tahun dan lima tahun.


Saya Ingin Tau Semua Ektensi Nama Domain, Bagaimana Cara Mengetahuinya?

WikiPedia telah mengarsip dan membuat tabel lengkap mengenai ektensi nama-nama domain dari seluruh dunia yang bisa kamu lihat pada halaman ini. Disana tertera ratusan ektensi nama domain yang bisa kamu ketahui dari mana asalnya dan siapa registrar resminya.


Apa Sih Registrar Itu?

Registrar adalah penyedia pendaftaran nama domain, mereka bertugas memverifikasi kepemilikan, mengaktifkan dan menonaktifkan. Berbeda dengan reseller dimana hanya bisa menjual saja, mereka tidak bertugas untuk memverifikasi data kepemilikan, mengaktifkan atau menonaktifkan domain.


Apa Manfaatnya Jika Saya Memiliki Domain?


Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan saat memiliki nama domain untuk bisnis. Sebagai contoh, jika kamu memiliki website toko online denagan nama domain www.toko-saya.com selueuh partner bisnis atau calon klien kamu bisa mengunjungi langsung nama domain tersebut dan mengakses webiste atau membeli produk yang kamu jual langsung dari web. Selain itu pengunjung akan lebih percaya jika kamu menggunakan domain TLD untuk toko online atau bisnis.

Juga, kamu bisa mendapatkan webmail khusus jika memiliki sebuah nama domain seperti info@toko-saya.com yang pastinya terlihat lebih professional.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler