7 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses

7 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses

Pernah melihat teman sosmed kamu menjual produk-produk yang tidak dimilikinya? Misalnya minyak wangi, obat herbal atau apapun itu? Jika kamu pernah melihatnya, tapi kamu tidak pernah melihat teman kamu memiliki barang-barang (produk) tersebut, bisa dipastikan teman kamu termasuk dalam marketing dari sebuah produk berafiliasi.

Marketing di dunia maya jauh berbeda dengan di dunia nyata. Jika di dunia nyata seorang marketing perlu menjelaskan semua manfaat produk lengkap dengan praktek-nya, di dunia maya atau internet seorang marketing dituntut untuk memiliki keahlian menulis dan sedikit ilmu psikolog.

Why???

Dengan seorang marketing yang sukses di internet dapat menulis kata-kata yang mengandung unsur "paksaan" atau "doktrin" secara halus dimana hal itu bisa dilakukan dengan ilmu psikolog. Ajakan yang mengharuskan siapapun yang membeli bisa berupa diskon atau penawaran spesial berwaktu terbatas. Dengan gaya bahasa dan gambaran yang membuat otak siapapun yang membaca ingin segera membeli produk yang dijual.

Cara itu banyak digunakan oleh marketing-marketing terkenal yang biasanya mempekerjakan psikolog khusus untuk mendongkrak produk dagangannya.

Ya, di internet semua orang bisa saja tidak tertarik atau mungkin sangat tertarik dengan produk yang kamu jual. Disini saya hanya ingin berbagi pengetahuan mengenai 7 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum memulai untuk mempromosikan produk ke publik, berikut ini adalah :


1. Membuat Akun Sosmed Terpercaya

Seorang marketing online diwajibkan memiliki akun sosmed yang sifatnya terpercaya. Terpercaya dalam arti selalu mengulas poin-poin penting, manfaat dan sebagainya dari produk yang dijualnya. Tidak perlu membagikan testimoni atau upload gambar yang berlebihan karena itu akan dilakukan pada website nantinya.

Hanya membuat akun yang bisa dipercaya oleh orang pada umumnya, tidak perlu membuat status atau upload foto alay yang kamu perlukan hanya membuat akun yang bisa dipercaya. Contoh sederhananya adalah :

- Menggunakan foto profil se-menarik mungkin (posisi wajah jelas lebih baik)
- Menggunakan gambar pas foto dan banner promosi (untuk kepercayaan)
- Menunjukkan nomor telpon, email dan alamat website official produk kamu
- Menunjukkan tahun pembuatan akun Facebook kamu (untuk kepercayaan)
- Tidak memperlihatkan sifat kamu didunia nyata seperti pandangan politik, agama, dll.
- Tidak perlu mengunggah foto yang tidak berkaitan dengan produk yang kamu jual.
- Tidak berkomentar atau menyukai status atau foto orang lain yang tidak berkaitan.
- Tidak berbagi link yang bukan website kamu, terlagi yang sama sekali tidak berkaitan dengan produk kamu.

Hal-hal tersebut membuat akun kamu dipercayai oleh orang yang melihatnya dan terlihat professional.


2. Membuat Website Official Terpercaya

Website official atau website resmi adalah salah satu kunci sukses marketing online. Terang saja, di website seorang marketing professional bisa membagikan banyak hal yang bisa membuat kita ingin terus membaca ulasan atau kata-kata sambutannya. Sebenarnya itu adalah kata-kata yang sudah dibuat sedemikian rupa oleh psikolog yang siapapun yang membaca akan terbawa hingga ke pikiran dan ujung-ujungnya mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut meskipun kenyataannya tidak butuh produk tersebut.

Selain kata-kata halus bercampur doktrin dan ajakan untuk membeli, di website juga tertera beragam gambar, video dan testimoni original yang membuat semua orang akan melihat dan mempercayai produk tersebut.

Info: Marketing itu sendiri harus punya banyak rekan untuk membantu merampungkan website-nya seperti video editing atau foto editing. Semua dibuat sedemikian rupa agar orang yang melihatnya merasa si penjual benar-benar professional. Terlihat dari video dan gambar yang menunjukkan wajah penjual sudah membuktikan bahwa penjual memanglah asli orang yang bersangkutan dengan produk tersebut. Meski nyatanya hanyalah afiliasi biasa.

Daftar konten di website marketing (landing page) yang membuat orang mempercayainya ialah :

- Video review (ulasan mengenai keunggulan dan manfaat produk)
- Foto mockup (clean & elegan yang disesuaikan dengan template website-nya)
- Testimoni (menggunakan situs pihak ke-3 agar lebih dipercayai)
- Tampilan website sederhana & responsive agar terlihat professional
- Tombol berbagi ke sosial media (wajib)
- Artikel yang berkaitan dengan produk yang dijual (berisi tips dan informasi)
- SSL atau HTTPS untuk mempercayai pembeli jika produk bisa langsung dibeli pada website
- Metode pembayaran yang banyak dan rekening hanya satu nama penjual agar lebih dipercaya (khusus produk yang bisa dikirim ke luar negeri bisa menggunakan Paypal atau sejenisnya yang bisa menerima pembayaran dari berbagai internasional virtual banking seperti Visa atau Mastercard)
- Keamanan website terjaga dan menunjukkan oleh icon keamanan yang digunakan seperti Comodo Website Security atau McAfee for Website.

Beberapa poin diatas sudah pasti ada di setiap website official marketing online karena memang mutlak diperlukan sebagai bagian dari kepercayaan calon pembeli. Tidak lupa juga untuk menambahkan link langsung ke lapak pasar online lokal untuk mode pembelian yang lebih aman seperti Tokopedia atau Bukalapak agar calon pembeli bisa membelinya dari pasar online lokal terpercaya.


3. Membuat Review Dalam Bentuk Video Original

Seperti yang saya sebutkan diatas, video review adalah salah satu faktor penting untuk mempercayai calon pembeli. Utamakan video asli buatan kamu dan bisa dilihat pada YouTube atau situs video streaming lainnya.

Dalam video, usahakan tempat yang sedikit mewah seperti dalam ruang keluarga atau ruang pribadi yang rapih dan besar. Hal ini bisa menciptakan kepercayaan lebih kepada pembeli. Sebab, dengan begitu orang akan fokus ke produk yang kamu tawarkan bukan pada background atau tempat. Lebih lagi jika kamu memiliki rekan yang bisa membantu editing video agar lebih professional dalam mengulas produk yang kamu tawarkan.


4. Membuat Sistem Easy Buying

Easy Buying atau kemudahan dalam pembelian wajib diutamakan. Beberapa professional tidak mengharuskan calon pembeli untuk menghubunginya melalui telpon atau email. Mereka justru mengedepankan kemudahan dalam pembelian dengan sistem terpercaya di pasar online lokal atau website official.


5. Membuat Testimoni Terpercaya

Testimoni atau kesaksian adalah hal kecil yang sering ditanyakan oleh calon pembeli. Untuk membuat testimoni yang bisa dipercaya ada banyak cara dan cara paling sederhana adalah menggunakan situs pihak ke-3. Situs-situs yang bisa membuat testimoni dipercaya oleh calon klien adalah Kaskus, ShopperApproved dan HelpScout sebab dengan menggunakan situs-situs tersebut untuk menyimpan ulasan dari pembeli cukup dipercaya oleh banyak orang. Beberapa situs e-commerce besar menggunakannya juga sebagai bagian untuk kepercayaan.


6. Membuat Liputan Diberbagai Situs Berita

Hal yang satu ini cukup sulit dikerjakan tanpa modal, kamu perlu merogoh kantong untuk menyuap penulis berita agar mengulas produk dagangan kamu pada situs beritanya. Harga untuk menyogok penulis biasanya bervariasi dan bagusnya hampir semua situs berita lokal maupun internasional bisa disogok untuk mengulas sebuah produk meski dengan biaya yang sedikit mahal. Namun hasil dari berpromosi di situs berita cukup efektif untuk mendongkrak kepercayaan dan calon pembeli yang berdatangan ke website kamu.


7. Promosi Berbayar (Advertisment)

Menjadi pengiklan adalah cara paling umum yang dilakukan oleh setiap marketing di internet. Setelah website official rampung dibuat, seorang marketing professional akan mempromosikan website-nya melalui periklanan karena mereka tidak ingin membuang waktu untuk menunggu calon pembeli yang datang secara organik. Ada banyak situs yang bisa mempromosikan website beserta produk kamu ke publik dan yang paling diminati adalah aplikasi chatting seperti BBM, Line dan Facebook. Kamu bisa mempromosikan dengan menjadi pengiklan (adv) disana. Sebenarnya Goolge juga memiliki tempat untuk para pengiklan yang diberi nama Adsense namun kamu perlu merogoh kocek cukup lumayan agar website kamu tampil di urutan ke 1 pada hasil pencarian Google dalam kata kunci tertentu yang sesuai dengan produk kamu. Mempromosikan di sosial media dan Google adalah kunci untuk website dan nama produk kamu cepat dikenal oleh publik serta mengalahkan kompetitor yang menjual produk sama dalam waktu yang singkat.


7 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses diatas bukanlah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh marketing dengan cepat, butuh waktu berhari-hari bahkan minggu untuk merampungkan semuanya, terlagi jika melakukannya seorang diri.

Kamu perlu waktu dan biaya sebelum mempromosikan sebuah produk yang benar-benar kamu yakini bisa membuahkan hasil fantastis meskipun hanya 2-3 produk yang laku terjual setiap minggunya.

Tips diatas memang tidak cocok untuk marketing yang hanya iseng-iseng karena tips diatas perlu mengeluarkan biaya sebelum meledakkan nama produk yang kamu jual.

Bagusnya, tips diatas bisa dilakukan untuk mempromosikan berbagai jenis produk mulai dari yang murah sampai yang benar-benar mahal seperti emas, mobil ataupun peralatan kedokteran canggih. Asalkan kamu tekun dan bersabar, kesuksesan bisa kamu dapatkan. Hanya butuh waktu dan keuletan untuk menunggu kesuksesan itu tiba.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler