Begini Cara Mencari Foto Yang Sama Di Internet

Cara Mencari Foto Yang Sama Di Internet

Di internet yang luas ini bertebaran milyaran foto yang tidak tau darimana asal mula foto tersebut dan siapa yang pertama kali meunggahnya. Banyak orang terkenal seperti artis, musisi, dan orang penting ingin mencari foto mereka yang tersebar di internet menggunakan Google namun sulit jika tidak mengetahui cara mencarinya.

Banyak foto "curian" dari sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll yang diambil dan digunakan oleh orang tanpa izin yang punya foto. Memang, kesalahan bukan pada si pencuri, tapi si pemilik foto yang tidak menerapkan watermark (tanda pada foto) tersebut, terlagi memajangnya secara publik yang siapapun bisa mencari dan mengambilnya dengan mudah.

Foto-foto yang paling sering digunakan oleh orang di internet adalah foto moment penting dan foto wanita cantik yang seksi (umumnya artis atau publik figur). Oleh karena itu, jika kamu memiliki foto original yang tidak ingin dicuri oleh orang di internet, jangan memajangnya di sosial media. Tapi jika itu perlu untuk kebutuhan promosi atau semacamnya, berikan watermark pada foto tersebut.

Apabila foto kamu sudah terlanjur tersebar luas di internet dan ingin mengetahui siapa yang menggunakan foto tersebut bisa mengikuti cara mencarinya dibawah ini.


1. Siapkan foto asli yang ingin kamu ketahui dimana dan siapa yang menggunakanya tanpa izin.


2. Buka Google Images yang menyediakan fitur "Same Image Finder".




3. Upload foto yang ingin kamu cari duplikatnya di internet. Tunggu beberapa saat hingga ditemukan halaman web yang menggunakan foto tersebut.

Jika memang foto kamu tersebar di internet, maka Google akan menampilkan daftar halaman web yang menggunakan foto tersebut. Namun jika tidak ada hasil, berarti foto kamu tidak tersebar di internet.


4. Selesai!


Dengan cara ini kamu bisa menemukan foto yang menurut kamu penting. Memang Cara Mencari Foto Yang Sama Di Internet ini cukup sederhana, tapi masih banyak yang belum mengetahuinya.

Bila kamu ingin menghapus foto tersebut dari internet, silahkan hubungi pemilik situs web tersebut melalui kontak yang tersedia di situs mereka.

Jika respon penghapusan tidak direspon dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa mengklaim foto tersebut ke Google Support untuk meng-klaim hak cipta. Tentunya, dengan klaim hak cipta tersebut kamu harus mengikuti step demi step yang wajib diikuti. Memang sedikit repot, tapi jika foto-foto tersebut benar-benar penting bagi kamu, tidak ada salahnya mengikuti aturan kalim hak cipta.

Begitulah cara untuk menemukan foto yang sama di internet dengan mudah dan cepat.

Semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler