Begini Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Begini Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

YouTube adalah salah satu anak perusahaan Google yang saat ini menjadi ladang uang bagi siapapun yang ingin memanfaatkannya dengan maksimal. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan uang dari YouTube.

YouTube pertama kali hadir di internet pada 14 Februari 2005 yang dibuat oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim yaitu tiga orang mantan karyawan Paypal dan saat itu YouTube terkenal dengan cepat karena pada saat itu tidak memiliki pesaing. Kemudian pada November 2006 YouTube LLC, dibeli oleh Goolge seharga $1,65 miliar dolar dan resmi menjadi anak perusahaan Google Inc.

Sekarang semakin banyak situs yang menyerupai YouTube tapi hanya YouTube yang tetap berada di puncak popularitas. Yang paling membuatnya terus menerus dibahas adalah kontennya yang tidak terhingga bahkan apapun yang kamu cari selalu ada disana. Dalam kata lain, YouTube juga bisa menjadi tempat belajar dan hiburan. Terlagi belum lama ini YouTube membuat kategori baru yaitu YouTube Kids khusus untuk anak-anak, YouTube for Gaming untuk penggila game dan YouTube Music untuk penghobi musik.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube ?

Seperti yang kita ketahui, YouTube adalah situs video streaming nomer satu di dunia. Video apapun ada di YouTube dan bisa di tonton dengan bebas tanpa batasan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan YouTube untuk menyimpan dan membagikan video milik sendiri agar bisa di tonton oleh banyak orang, yang pasti bukan video pribadi yang sensitif ya hehe. Dari sinilah awal mula YouTube dan pengguna berbagi hasil atau saling menguntungkan.

Apabila kamu memiliki video yang kreatif, unik dan original kamu bisa menguploadnya ke YouTube dengan syarat video tersebut tidak melanggar aturan mereka (baca: Terms YouTube). Jika video kamu berhasil menarik banyak orang untuk menonton, YouTube mengijinkan kamu untuk meminta permohonan untuk memasang iklan (Adsense) pada video kamu.

Bagaimana Cara Memasang Iklan Di Video YouTube ?

Untuk memasang iklan atau menampilkan iklan pada video, YouTube perlu mengaktifkan fitur monetisasi yang pada dasarnya fitur ini non-aktif pada setiap akun YouTube. Untuk cara mengaktifkannya cukup mudah, kamu hanya perlu login ke akun YouTube kamu melalui browser komputer agar lebih baik, kemudian buka link ini https://www.youtube.com/features dan aktifkanlah fitur monetisasi tersebut. Tapi sebelum mengaktifkan sebaiknya kamu membaca dengan teliti Program Partner YouTube agar tidak ada kekeliruan saat mengaktifkan moetisasi.

Monetisasi YouTube

Selanjutnya, YouTube akan meverifikasi akun dan semua video-video kamu. Pada sesi ini cukup membuat hati tidak tenang karena sangat kecil kemungkinan akun baru akan di terima. Tapi jangan berkecil hati, setiap orang yang profesional juga berawal dari pemula. Intinya kamu harus membaca dengan cermat setiap pedoman dan panduan dari YouTube.

Step verifikasi ini memakan waktu berkisar antara dua sampai tujuh hari untuk mendapatkan balasan apakan akun kamu diterima atau tidak. Hasil dari verifikasi tersebut berupa email yang bisa kamu lihat pada akun Gmail. Maka dari itu, sebelum mengaktifkan monetisasi sebaiknya perbanyak dahulu penonton video kamu dan pastikan juga tidak melanggar aturan YouTube.

Nah jadi, pada dasarnya iklan tersebutlah yang akan menghasilkan uang dari video kamu di YouTube. Perhitungan pendapatan uang akan di hitung berdasarkan banyaknya penonton (views) dan lamanya durasi penonton. Uang tersebut bisa di cairkan apabila sudah mencapai minimum penarikan yaitu $100 (seratus dolar) yang bisa di klaim melalui bermacam-macam metode seperti via check atau western union.

Cara Mendapatkan Uang Dari YouTube

Sebelumnya, ada beberapa aturan yang perlu kamu lakukan sebelum menerima pembayaran pertama dan diantaranya adalah memverifikasi alamat rumah dan pajak. YouTube sangat ketat dalam penyeleksian ini jadi luangkan waktu kamu untuk membaca F.A.Q Pembayaran.

Begitulah cara mendapatkan uang dari YouTube yang masih belum banyak diketahui orang saat ini. Untuk mempermudah kamu dalam permulaan menjadi YouTuber, silahkan mencari-cari referensi di Google atau bergabung dengan komunitas YouTuber di sosial media agar bisa mendapatkan informasi dan perkembangan YouTube.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler