Grup Hacker Yang Paling Terkenal dan Pernah Unjuk Gigi

Grup Hacker Yang Paling Terkenal dan Pernah Unjuk Gigi

Hacker bukanlah mengakui, tapi diakui. Selogan ini cocok untuk deretan Grup Hacker Yang Paling Terkenal dan Pernah Unjuk Gigi yang akan kita bahas pada artikel ini.

Terkenal karena aksinya yang seperti di film-film, ternyata grup hacker yang hebat juga ada di dunia maya yang pelakunya adalah orang sungguhan dengan kecerdasan diatas orang normal. Melakukan hack terhadap situs besar yang telah dilindungi oleh penjaga keamanan komputer super ketat namun mereka berhasil merobohkannya dan mencuri data.

Nah pada artikel ini saya ingin menringkas, jajaran nama-nama grup hacker yang pernah meretas situs-situs besar. Berikut adalah Grup Hacker Yang Paling Terkenal dan Pernah Unjuk Gigi.


The 414s

The 414s

414 adalah kelompok hacker yang pernah masuk ke dalam puluhan sistem komputer dengan keamanan yang tinggi, termasuk di Laboratorium Nasional Los Alamos, Pusat Kanker Sloan-Kettering, dan Security Pacific Bank, pada tahun 1982 dan 1983.

Nama 414 digambarkan sebagai pertemuan antar hacker komputer yang saat itu menggunakan motto "muda, laki-laki, cerdas, bermotivasi tinggi dan energik". Salah seorang hacker dari grup 414 mengklaim satu-satunya motivasi mereka adalah tantangan untuk masuk ke tempat yang tidak seharusnya, dan tinggal di sana tanpa terdeteksi.



Anonymous

Anonymous

Anonymous merupakan jaringan aktivis dan hacktivis internasional yang terkait satu sama lain dan menjadikannya sebuah nama global yang sering digunakan oleh hacker.

Sebuah situs web mengatakan Anonymous sebagai "Pertemuan Internet" dengan "struktur perintah yang sangat bebas dan terdesentralisasi yang beroperasi berdasarkan gagasan dan bukan arahan".

Kelompok ini dikenal karena serangkaian aksi publisitas yang dipublikasikan dengan baik dan menyebarkan serangan denial-of-service (DDoS) kepada situs web pemerintah, agama, dan perusahaan.

Menurut Wikipedia, Anonymous dibentuk pada tahun 2003 di situs 4chan. Anggota Anonymous (dikenal sebagai "Anon") dan memakai topeng Guy Fawkes dengan gaya yang digambarkan dalam film V for Vendetta.

Anonymous juga bermitra erat dengan beberapa grup hacker lainnya seperti LulzSec dan Operation AntiSec serta mendukung WikiLeaks secara terang-terangan.

Beberapa situs besar di internet pernah menjadi sasaran oleh Anonymous seperti situs perbankan, pemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya.



LulzSec

LulzSec

Lulz Security, disingkat LulzSec, adalah kelompok hacker komputer yang bertanggung jawab atas beberapa serangan kepada situs besar, termasuk Sony Pictures pada tahun 2011. Kelompok LulzSec juga mengklaim bertanggung jawab karena telah melumpuhkan situs CIA.

Salah satu pendiri LulzSec adalah spesialis keamanan komputer Hector Monsegur, yang menggunakan nama samaran Sabu di internet. Sabu kemudian membantu penegak hukum melacak anggota LulzSec lainnya sebagai bagian dari kesepakatan pembelaan.

Setidaknya empat anggota LulzSec lainnya ditangkap pada Maret 2012 sebagai bagian dari penyelidikan. Pihak berwenang Inggris sebelumnya telah mengumumkan penangkapan dua remaja yang mereka duga adalah anggota LulzSec yaitu T-flow dan Topiary.

LulzSec juga melakukan hacking terhadap situs berita internasional milik News Corporation pada tanggal 18 Juli, dengan menulis berita palsu mengenai kematian Rupert Murdoch (CEO News Corporation).

Kemudian LulzSec menciptakan organisasi lainnya yang disebut Operation AntiSec, sebuah usaha bersama yang melibatkan LulzSec, Anonymous, dan grup hacker lainnya.



Milw0rm

milw0rm

Milw0rm adalah kelompok hacktivis yang terkenal pada masanya karena telah berhasil menembus komputer Pusat Penelitian Atom Bhabha di Mumbai dan fasilitas penelitian nuklir utama di India. Kelompok tersebut melakukan hack karena alasan politik, memasukkan pesan damai di halaman situs-situs yang diretas.

Motto kelompok tersebut ialah "Menempatkan kekuatan kembali ke tangan rakyat."

Milw0rm yakin bahwa melakukan kacking terhadap BARC akan menimbulkan perdebatan sengit di dunia maya termasuk juga di negara-negara yang mengembangkan nuklir.

Banyak orang yang mendukung aksi Milw0rm pada masa itu bahkan masyarakat juga terprofokasi dan ikut mendukung kelompok hacker ini karena alasan kemanusiaan.



Lizard Squad

Lizard Squad

Lizard Squad adalah kelompok hacking yang dikenal karena serangan denial-of-service (DDoS) terutama untuk mengganggu layanan game online.

Pada tanggal 3 September 2014, Lizard Squad mengumumkan bahwa mereka telah membubarkan grupnya dan akan kembali di kemudian hari.

Pada tanggal 30 April 2016, CloudFlare menerbitkan sebuah artikel pada blog-nya yang menjelaskan bagaimana penjahat cyber yang menggunakan nama grup ini mengeluarkan ancaman untuk melakukan serangan DDOS.

Meskipun ada ancaman, CloudFlare mengklaim bahwa Lizard Squad gagal melakukan serangan tunggal. Sebagai hasil DDoS yang gagal, Kepolisian Kota London mengeluarkan peringatan-peringatan bisnis agar tidak mematuhi pesan tebusan yang mengancam serangan DDoS.

Tercatat, akhir serangan Lizard Squad mampu menumbangkan server game online seperti PlayStation Network, Xbox Live dan League of Legends.



TeaMp0isoN

TeaMp0isoN

TeaMp0isoN adalah kelompok keamanan komputer yang terdiri dari 3-5 anggota inti. Kelompok ini mendapat ketenaran-nya pada 2011 karena aksi hacking mereka, termasuk serangan terhadap situs Perserikatan Bangsa-Bangsa, NASA, NATO, Facebook dan beberapa perusahaan besar dan badan pemerintah lainnya.

TeaMp0isoN dibubarkan pada tahun 2012 karena tiga anggota inti mereka telah berhasil ditangkap oleh kepolisian yaitu, TriCk, MLT, dan hex00010.

Dengan kejadian ini, TeaMp0isoN menjadi salah satu kelompok hacking profesional yang telah berhasil merobohkan keamanan situs-situs besar.



NullCrew

NullCrew

NullCrew adalah grup hacker yang didirikan pada tahun 2012 dan bertanggung jawab atas beberapa serangan komputer berkeamanan tinggi seperti situs web perusahaan, institusi pendidikan, dan lembaga pemerintah.

Anggota NullCrew yang berhasil diidentifikasi adalah zer0pwn dan 0rb1t.

NullCrew dibubarkan setelah mantan anggota mereka dengan nama samaran Siph0n, telah bekerja sebagai informan rahasia untuk FBI.

Tuduhan ini dibuat oleh zer0pwn, diduga setelah memeriksa dokumen pengadilan resmi yang diberikan kepada pengacaranya.

Pada tanggal 13 Juli 2012, NullCrew membocorkan 591 username dan password dari Organisasi Kesehatan Dunia. Terkait dengan serangan WHO, serangan lainnya juga dilancarkan ke situs PBS, lebih dari 1.000 email dan password dibocorkan ke publik.

16 Juli, NullCrew kembali melakukan hacking ke situs ASUS alias ASUSTeK Computer Inc. Mereka mempublikasikan sedikitnya 23 nama administrator lengkap dengan password hash ke publik.



Syria Electronic Army

Syria Electronic Army

Syria Electronic Army (SEA) adalah sekelompok hacker komputer yang pertama kali muncul secara online di tahun 2011 untuk mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Dengan menggunakan spamming, website defacement, malware, phishing, dan serangan denial-of-service, yang menargetkan kelompok oposisi politik, organisasi berita barat, kelompok hak asasi manusia dan situs web yang tidak terkait dengan konflik Suriah.

SEA juga telah meretas situs web pemerintah di Timur Tengah dan Eropa, serta kontraktor pertahanan AS. Pada tahun 2011, Syria telah menjadi negara Arab pertama yang memiliki tentara Internet publik yang ditempatkan di jaringan nasionalnya untuk secara terbuka meluncurkan serangan cyber terhadap musuh-musuhnya.

Beberapa situs yang pernah menjadi korban dari serangan SEA adalah University of California Los Angeles, Harvard University, NYTimes, Twitter, dan banyak lagi.



The Shadow Brokers

The Shadow Brokers

Shadow Brokers adalah grup hacker yang muncul di internet pada 2016. Mereka mempublikasikan beberapa bocoran yang berisi alat hacking dari National Security Agency (NSA), termasuk beberapa eksploitasi zero-day.

Secara khusus, alat eksploitasi ini ditargetkan ke firewall perusahaan perangkat lunak seperti Antivirus dan Microsoft.

Satu-satunya grup hacker yang berhasil mencuri alat canggih dari NSA.


Itulah Grup Hacker Yang Paling Terkenal dan Pernah Unjuk Gigi di internet. Saya yakin sebenarnya masih banyak lagi grup-grup hacker lainnya diluar sana yang tidak menunjukkan taring-nya ke publik.

Beberapa diantara grup hacker diatas telah membubarkan grupnya, ditangkap pihak berwajib dan ada juga yang banting setir menjadi penjaga keamanan komputer instansi pemerintah dan negara.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler