Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog

Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog

Blog adalah salah satu platform untuk berbagi hal-hal yang kita anggap patut dibaca oleh publik. Mulai dari kesehatan, makanan, wisata, otomotif, dan banyak lagi bisa dijadikan salah satu ulasan menarik di blog. Ya, meskipun kadang-kadang pengunjung tidak banyak yang datang untuk membaca, tapi ngeblog adalah salah satu cara menuangkan pengetahuan ke dalam bentuk tulisan. Bagi sebagian orang, ngeblog adalah kegiatan yang menyenangkan meskipun tidak mendapatkan apa-apa.

Blog sepi pengunjung bukan hanya karena konten dan tulisan yang kurang menarik, tapi dalam dunia blogging juga banyak "aturan" tertentu untuk meningkatkan popularitas sebuah blog melalui berbagai cara yang orang umum tidak mengetahuinya.

Dan pada artikel ini saya akan berbagi seikit ilmu mengenai Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog yang tentunya bisa kamu praktikan pada blog kamu sendiri. Berikut langkah demi langkahnya.


1. Buat Blog Sesuai Kategori Pilihan

Dalam hal ini saya anggap kamu membuat blog baru, bukan mengubah blog yang sudah ada ya. Karena dengan membuat blog baru kamu akan lebih mudah mengikuti cara ini. Selain itu juga, blog lama kamu tetap dalam keadaan aman.

Bagi yang sama sekali belum pernah membuat blog, bisa membacanya pada artikel sebelumnya mengebai Cara Lengkap Membuat Blog Untuk Pemula. Khusus untuk pembuatan blog gratis di Blogger.

Lanjut, buat sebuah nama domain yang sesuai dengan kategori yang kamu pilih misalnya kamu ingin membuat blog yang mengulas otomotif, maka domain tersebut haruslah berkaitan dengan kata oto atau otomotif, misalnya otomotif123.blogspot.co.id.


2. Memilih Template Yang Nyaman Untuk Pengunjung

Hal ini tentu sangat berpengaruh jika kamu salah dalam memilih template. Pengunjung sangat menyukai tampilan yang sederhana, ringan, dan jelas. Dengan tema yang seperti itu, mesin pencari google, bing dan yandex juga menyukainya dan bisa jadi memposisikan blog kamu dalam posisi teratas jika mampu bersaing dengan situs besar yang serupa.

Pilihlah template bernuansa minimalis atau simple.


3. Merapihkan Menu Navigasi

Pada sebuah blog, navigasi termasuk bagian yang perlu di perhatikan sebab navigasi adalah jalan menuju artikel yang berkaitan dengan menu pada navigasi tersebut tersebut.

Navigasi juga sangat diperlulan pengunjung untuk mempermudah menemukan artikel yang mereka cari.


4. Penulisan Artikel

Penulisan artikel adalah inti dari majunya sebuah blog. Pemilik blog diharuskan memberikan manfaat bagi pengunjung dan memberikan kepercayaan serta kepastian dari artikel yang ditulisnya. Seperti artikel yang sedang saya tulis ini contohnya. (Apakah kamu mendapatkan manfaat? atau mungkin pengetahuan baru?)

Kamu harus membuat artikel yang mudah dipahami tapi juga mudah dipraktikan oleh pengunjung. Lebih baik lagi jika artikel yang kamu tulis dilengkapi dengan gambar atau video yang sesuai dengan isinya. Bisa juga menggunakan ilistrasi apabila tidak ada gambar yang sesuai dengan isi artikel kamu.

Perhatikan juga paragraf dan gaya bahasa yang kamu tulis serta bentuk font / huruf pada artikel, mana yang harus diberi tanda besar, kecil, miring, bergaris bawah dan lain sebagainya.


5. Memperhatikan Kategori Artikel

Kategori pada blog akan dimasukkan ke dalam menu navigasi, berdampingan dengan menu lainnya seperti Beranda, Tentang, Kontak, dll.

Jangan terlalu banyak memilih kategori pada sebuah artikel, cukup 1 atau 2 kategori untuk mewakilkan isi artikel tersebut.


6. Tata Letak Konten

Hal ini menyangkut pada panduan nomor 2 mengenai template, sebab template pada sebuah blog sangat penting untuk dirapihkan agar pengunjung mudah melihat konten yang ingin mereka baca. Jangan memuat konten yang kurang penting pada bagian tengah halaman awal karena pengunjung tidak membutuhkan itu.

Sebaiknya, halaman utama / depan hanyalah berisi artikel terbaru dan terpopuler saja, bila ada sertakan artikel yang paling banyak di komentari. Itu akan membuat pengunjung menjadi tertarik dan ingin membacanya.


7. Berikan Tombol Berbagi Ke Sosial Media

Tombol berbagi adalah cara jitu untuk meningkatkan pengunjung yang datang dari sosial media.

Dengan memberikan tombol berbagi ke sosial media, pengunjung bisa dengan mudah berbagi artikel kamu ke dinding atau beranda sosial media mereka.

Oleh karena itu, pertahankanlah kuakitas artikel agar pengunjung tidak ragu untuk berbagi artikel kamu ke sosial media.


8. Aktif Menerapkan Backlink Berkualitas

Seperti yang sering dibahas oleh blogger profesional, backlink adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas blog pada bot mesin pncari (google bot, bing bot, dll). Blog yang memiliki banyak backlink dari situs web atau blog lain yang sudah terkenal secara perlahan-lahan juga akan menaikkan pamor blog kamu dan berangsur-angsur blog kamu juga akan ikut terkenal. Tentunya dengan cara pemasangan backlink yang benar.

Saya anjurkan agar tidak memasang backlink secara berlebihan karena jika berlebihan, bot akan menganggap blog kamu adalah spam.

Baiknya, cukup beberapa kali dalam seminggu namun kamu wajib menerapkannya pada situs besar yang sesuai dengan kategori blog kamu misalnya, blog kamu mengulas seputar otomotif, maka kamu harus menanam backlink di situs yang juga membahas otomotif.

Itulah cara yang benar untuk menanam backlink. Tak perlu banyak, asalkan situs yang kamu tanamkan backlink adalah situs besar yang sudah cukup terkenal.


9. Terus Melakukan Inovasi Baru

Karena dunia teknologi terus maju, kamu juga harus mengikutinya agar tidak tertinggal. Saat ini google memiliki beberapa panduan bagi siapapun yang memiliki blog agar mengikuti aturan mereka.

Seperti panduan google webmaster dan panduan opstimasi ini.


10. Berusaha

Google selalu merubah algoritma mesin pncari mereka, sedikitnya 2 kali dalam setahun. Jadi kamu harus tetap bersabar agar blog kamu pindah posisi dan naik ke posisi teratas google. Jangan terburu-buru untuk berada di peringkat atas, karena secara natutal jika artikel kamu bermanfaat akan naik dengan sendirinya ke posisi teratas halaman google.

Apabila sudah di posisi teratas dengan artikel yang menarik dan bermanfaat, orang lain susah untuk menyalip posisi blog kamu sebab blog kamu naik secara natural bukan di paksa naik dengan cara cepat seperti dari iklan (adwords) maupun cara lain yang bersifiat boost.


Itulah Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog yang bisa saya berikan kepada kamu. Semoga dengan cara ini blog kamu bisa naik di posisi atas pencarian google ya.

Happy Blogging.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler