Ini Sebabnya Mengapa Video Tidak Dapat Diputar Pada TV

Ini Sebabnya Mengapa Video Tidak Dapat Diputar Pada TV

Banyak TV keluaran terbaru yang memiliki fitur pemutaran video melalui USB, tentu dengan adanya fitur ini akan membuat TV semakin terbilang canggih dan menambah hiburan. Banyak format video yang didukung oleh TV beberapa diantaranya adalah MP4, AVI dan MKV. Video dengan format file tersebut juga mudah ditemukan di internet karena memang format yang umum digunakan untuk video diberbagai macam gadget.

Tapi ada hal yang perlu diperhatikan sebelum menancapkan USB Flashdisk ke TV. Yaitu, apakah TV tersebut mendukung format video yang kamu miliki? Jika TV tidak mendukung banyak format video, pastikan kamu mengetahui apa saja format video yang didukung oleh TV tersebut. Untuk mengetahuinya, silahkan periksa pada situs resmi merek TV kamu.

Saya ambil contoh TV LED Samsung yang konon sulit untuk memutar video melalui USB. Menurut situs resmi Samsung, LED TV lawas hanya mendukung beberapa format video saja yaitu format MP4, MKV, dan AVI.

Sampai disini jangan terlalu terburu-buru untuk mencari dan men-download video di internet tanpa membaca lebih cermat aturannya.

Untuk memastikan video dapat diputar pada TV kamu harus membaca aturan dan panduannya. Sebagai contoh, TV LED Samsung lawas hanya mendukung video standar yang memiliki rincian standar seperti :

Video Format (MP4 / AVI / MKV)
Codec Video (Algoritma video)
Resolusi
Frame Rate
Bit Rate
Codec Audio

Apabila video kamu sudah dalam keadaan standar seharusnya memenuhi aturan untuk bisa diputar di TV. Tapi jika video yang kamu miliki di download dari internet yang umumnya memiliki jenis AVC kamu perlu melakukan pengecekan sebelum mencoba memutarnya di TV.

Klik kanan pada file video di komputer dan arahkan ke bagian Details maka kamu bisa melihat rincian video tersebut seperti gambar dibawah ini.


Resolusi Video


Resolusi video HD untuk TV umumnya adalah 1920x1080.

Penting : LED TV lawas hanya dapat memutar video yang standar.
Jikalau video tidak bisa saya putar pada TV karena resolusi dan audio-nya yang nagwur, kamu harus mengubah video tersebut dengan mng-convert-nya ke resolusi, codec, frame rate, bit rate dan audio codec yang standar.

Ada banyak software video converter gratis yang bertebaran di Google dan salah satu yang paling dikanal adalah HandBrake.

HandBrake adalah software yang sebenarnya untuk mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas dan resolusi. Tapi software ini juga memiliki fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mengkonversi video.


HandBrake


Dengan memilih Matroska H.264 MKV 1080p30 kemudian di konversi, maka video yang tadinya ngawur akan menjadi standar seluruhnya mulai dari resolusi, frame rate, bit rate dan audio. Kamu juga bisa megubah format video ke berbagai macam jenis melalui software ini.

Ini Sebabnya Mengapa Video Tidak Dapat Diputar Pada TV kuncinya hanya ada pada video yang tidak standar saja. Setelah mengubahnya ke standar kamu bisa memutar video apapun di TV tanpa masalah.

Selain dengan HandBrake, ada juga software yang bernama Format Factory dimana kegunaannya sama dengan HandBrake namun lebih khusus untuk mengkonversi video. Aanggap saja software ini sebagai alternatif ke-2.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler