7 Mesin Pencari Terbaik Sebagai Alternatif Google

7 Mesin Pencari Terbaik Sebagai Alternatif Google

Google adalah satu-satunya mesin pencari yang bisa menemukan sega hal yang kita cari, mulai dari tempat hiburan atau wisata, makanan hingga informasi yang kita butuhkan.

Belum ada perusahaan yang bisa menandingi anak perusahaan Alphabet Inc ini namun masih ada yang terus ingin menyusulnya dengan menggunakan beragam fitur yang hampir sama canggihnya dengan Google. Siapa saja mereka? Simak dibawah ini.

1. Bing

Bing


Bing adalah situs mesin pencari yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan hasil reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap tiga mesin pencari buatannya terdahulu, yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Mesin pencari ini diperkenalkan pertama kali pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni untuk menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.


2. Yandex

Yandex

Yandex merupakan sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pangsa pasar sekitar 60%. Yandex termasuk dalam mesin pencari terbesar di dunia berdasarkan penghitungan dari situs Comscore.com dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya.

Selain di Rusia, Yandex juga memiliki pangsa besar di Ukraina, Belarus dan Kazakhstan.


3. Duckduckgo


Duckduckgo


DuckDuckGo ialah mesin pencari internet yang menggunakan informasi dari berbagai sumber, seperti website crowdsourced seperti Wikipedia dan dari kemitraan dengan mesin pencari lain seperti Yandex, Yahoo, Bing dan WolframAlpha untuk mendapatkan hasil pencariannya.

Kebijakan mesin pencari Duckduckgo mengatakan bahwa mereka melindungi privasi, dan tidak merekam informasi serta riwayat jelajah pengguna.

Nama perusahaan ini berasal dari nama permainan anak-anak bebek, bebek, angsa atau duck, duck, goose.


4. Yahoo! Search


Yahoo Search


Yahoo! Search adalah mesin pencari yang dibuat dan dikelola oleh Yahoo! Inc, sejak Desember 2009, Yahoo! Search merupakan direktori pencarian ke-2 terbesar di internet.

Pada tahun 2001, indeks pencarian Yahoo! Search ini didukung oleh Inktomi dan kemudian didukung oleh Google sampai tahun 2004, hingga akhirnya Yahoo! Search menjadi independen.


5. AOL Search

AOL Search

AOL Inc dulunya dikenal sebagai America Online, disingkat menjadi AOL. Adalah sebuah perusahaan media massa multinasional Amerika yang berbasis di New York yang dengan cepatnya berkembang, tumbuh, dan berinvestasi dalam merek dan situs web. Bisnis perusahaan AOL meliputi distribusi digital konten, produk, dan jasa, yang menawarkan kepada konsumen, penerbit, dan pengiklan.


6. Baidu

Baidu

Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu yang merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.

Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam bahasa Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk di antaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedia yang dibangun secara kolaboratif.

Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat ke-5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.


7. Ask

ASK

Ask.com sebelumnya bernama Ask Jeeves, adalah bisnis elektronik dan mesin pencari web tanya jawab yang didirikan pada tahun 1996 oleh Garrett Gruener dan David Warthen di Berkeley, California, Amerika Serikat.

Perangkat lunak pertamanya dikembangkan oleh Gary Chevsky dari rancangan miliknya. Warthen, Chevsky, Justin Grant, dan rekan-rekannyam membangun situs AskJeeves.com dengan rancangan tersebut. Pada akhir 2010, karena menghadapi persaingan dari mesin pencari lain yang lebih populer, perusahaan ini membuka teknologi pencariannya dan kembali beroperasi sebagai situs tanya jawab.


Itulah 7 Mesin Pencari Terbaik Sebagai Alternatif Google yang juga dimiliki oleh perusahaan besar. Memang, saat ini belum ada mesin pencari yang bisa mendapatkan hasil paling relevan selain Google.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler