Software Video Editing Gratis Untuk Pemula dan YouTuber

Software Video Eiting Gratis

Seiring kemajuan zaman yang semakin cepat diterjak oleh perkembangan teknologi, banyak orang berlomba-lomba menjadi YouTuber dan berharap sukses hanya dengan mengupload video kreatifnya di situs milik Google tersebut. Sebagai salah satu situs terkenal, YouTube memang membolehkan siapapun mengupload video di situsnya asalkan mematuhi syarat yang mereka tentukan. Puluhan bahkan ratusan orang telah berhasil menjadi YouTuber yang sukses berkat video kreatifnya yang diupload di YouTube.

Tapi, pada artikel ini saya sedang tidak membahas soal cara menjadi YouTuber melainkan ingin berbagi Software Video Editing Gratis yang biasa digunakan oleh YouTuber pemula maupun profesional untuk mengolah dan memperindah videonya menjadi semenarik mungkin. Beberapa software ini mungkin saja sudah familiar di telinga kamu?

Daftar Software Video Editing Gratis :


1. Shotcut
Shotcut

Shotcut adalah video editor profesional yang memerlukan sedikit kesabaran jika kamu ingin mencapai hasil yang memuaskan. Interface yang sedikit tidak biasa dapat menunjukkan bahwa software ini sebenarnya adalah untuk Linux, dan sedikit perubahan pada versi Windows.

Untuk mulai menggunakan Shotcut, interface mungkin tampak sedikit aneh. Kamu tidak hanya mengedit video, namun juga bisa memilih mode edit yang ingin di gunakan dan alat mana saja yang diperlukan.

Shotcut memiliki kurva belajar yang curam. Ada kemungkinan untuk mencapai hasil yang memuaskan dengan menerapkan satu dari sekian banyak filter ke video kamu, namun kepuasan sebenarnya hanya akan kamu dapatkan jika bersedia menginvestasikan waktu dan energi untuk sepenuhnya memahami apa yang ditawarkan oleh Shotcut.


2. VSDC Free Video Editor
VSDC Free Video Editor

VSDC Free Video Editor menyediakan beragam efek dan filter untuk meningkatkan keunikan video kamu. Dilengkapi dengan dua fitur yaitu otomatis dan manual yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

VSDC sangat mumpuni dan bisa menghasilkan hasil yang luar biasa. Sebagai editor non-linear, ia bekerja dengan cara yang agak berbeda dengan banyak alat serupa lainnya.

Dengan kemampuan untuk bekerja dengan banyak adegan dan transisi, namun juga untuk menambahkan sprite dan teks ke dalam video. Kamu dapat membuat film berkualitas profesional jika kamu menggunakan VSDC secara maksimal.

Versi terbaru VSDC menambahkan efek artistik ekstra, termasuk asap. Ada juga profil ekspor Instagram khusus dan stabilisasi gambar otomatis. Pilihan yang sangat baik untuk proyek pembuatan video kreatif.


3. Avidemux
Avidemux

Avidemux adalah alat untuk pengeditan video yang mencakup semua dasar-dasar fitur video editing seperti mengubah format, memangkas rekaman, menambahkan satu klip ke klip lainnya, dan menerapkan filter atau efek.

Sementara Avidemux tidak menawarkan fitur editor video yang paling banyak. Kamu mungkin harus mencari beberapa pilihan software lain yang lebih maju jika ingin mendapatkan banyak fitur video editing seperti yang digunakan profesional, tapi luangkanlah sedikit waktu untuk memperhatikan dengan teliti menu software ini dan kamu akan terkesan.

Ada juga panduan cepat yang mudah untuk dipelajari membuat video jika kamu benar-benar baru memulai mengedit video. Jika kamu tidak dapat melihat alat yang kamu butuhkan, Avidemux juga dapat diperluas melalui plugin yang dapat ditambahkan seperti fitur subtitel dan watermark.


4. Lightworks
Lightworks

Lightworks jauh lebih dari sekedar software editing video sederhana. Versi pro Lightworks telah digunakan untuk membuat film besar dengan nama The King's Speech and Road to Perdition.

Seperti yang kamu harapkan untuk editor video terbaik yang begitu hebat, Lightworks tidak akan bisa kamu kuasai hanya dalam semalam. Tapi hal itu pastinya bukan sesuatu yang dapat membuat kamu gentar mempelajarinya.

Lightworks digambarkan sebagai editor video profesional untuk semua orang, dan menurut saya itu adalah ringkasan yang bagus. Meskipun memiliki fitur yang luar biasa, software ini akan berjalan dengan baik pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah.

Jika kamu telah mencoba editor video gratis lainnya, kamu mungkin akan mendapatkan interface yang sedikit berbeda dengan yang biasa kamu gunakan, namun kamu dapat mengatur berbagai kontrol dan window untuk menciptakan sesuatu yang sesuai dengan cara kamu bekerja.


5. OpenShot
OpenShot

OpenShot adalah perangkat lunak pengedit video gratis untuk Windows, Linux dan Mac. OpenShot dirancang untuk menjadi mudah digunakan, cepat dipelajari dan editor video yang sangat baik.

Banyak hal mudah dilakukan dengan software ini seperti memotong video, menggabungkan video, dan mengedit video atau film. Pilihan yang terbaik bagi kamu yang menyukai software editing video gratis yang mudah digunakan.


6. VideoBlend for Mac
Video Blend

VideoBlend adalah software yang paling familiar di kalangan pengguna Mac OSX. Tidak lain dan tidak bukan alasannya adalah karena software ini dapat digunakan tanpa memerlukan lisensi atau bisa disebut gratis.

Ya, sedikit sekali software gratis yang luar biasa bisa dinikmati pada Mac OSX, tapi VideoBlend bisa kamu rasakan manfaatnya untuk mengedit video seperti split, transcode, effect, music, dan banyak lagi. Sebagai salah satu Software Video Editing paling laris untuk Mac OSX VideoBlend memang cukup luar biasa dan bisa di andalkan untuk pengeditan video maupun mempercantik video.


Itulah beberapa Software Video Editing Gratis yang bisa kamu download dan nikmati tanpa harus membelinya. Beberapa software mungkin menawarkan fitur tambahan khusus untuk profesional yang dibandrol dengan harga tertentu. Tapi, untuk sekedar penggunaan fitur dasar saya rasa tidak membutuhkan fitur yang aneh-aneh. Termasuk juga YouTuber, hanya beberapa fitur sederhana yang diperlukan oleh seorang YouTuber untuk mengeit video seperti efek, suara dan watermark.

Biarpun hanya dengan fitur dasar, namun jika kamu memanfaatkannya dengan maksimal, tentu akan membuat hasil editan video kamu menjadi jauh lebih menawan dibandingkan dengan software video editing berbayar sekalipun.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler