Cara Install XAMPP Di Windows 10

XAMPP v3.2.2

Sebagai salah satu software untuk web development yang paling populer XAMPP sebenarnya sangat mudah untuk di install dan digunakan meskipun tanpa di konfigurasi.

XAMPP ialah software yang dapat menjalankan web pada komputer tanpa memerlukan web hosting. Fitur XAMPP juga sangat lengkap, mulai dari pembuatan halaman sederhana seperti HTML, CSS dan JS hingga PHP dan Database bisa dibuat dan dikelola menggunakan XAMPP biarpun komputer tidak terhubung dengan internet.

Hebatnya lagi XAMPP dapat kamu download dan gunakan secara gratis tanpa memerlukan lisensi.


Cara Install XAMPP Di Windows 10

1. Pastikan kamu memiliki kuota internet berkisar 150Mb atau lebih untuk men-download XAMPP di situs resminya.


XAMPP for Windows 10


2. Setelah XAMPP berhasil di download, klik 2x pada software-nya dan install. Memerlukan waktu beberapa detik - menit untuk meng-install XAMPP hingga sukses yang ditandai dengan munculnya folder XAMPP pada app list Windows 10.


XAMPP Windows 10


3. Sekarang XAMPP sudah ter-install di komputer kamu dan bisa langsung kamu jalankan dengan mengklik XAMPP Control Panel kemudian start Apache dan MySQL.

<div class="alert alert-info">Info : Untuk memastikan bahwa XAMPP sudah ter-install dengan benar, silahkan ketik 127.0.0.1 (tanpa http://). Jika menampilkan halaman Welcome XAMPP berarti sukses di install dengan benar.</div>
Nah bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan XAMPP mungkin sedikit bingung mengenai cara menggunakannya dan itu wajar.

Untuk menggunakan XAMPP pertama kali kamu wajib meng-install software teks editor yang kamu sukai, salah satu software teks editor yang paling populer adalah Notepad++ (NPP).

Dengan menggunakan NPP kamu bisa dengan mudah membuat dan mengedit file script atau hal lainnya. Download NPP disini dan install pada komputer atau laptop kamu.


Notepad Plus Plus Windows 10


Jika NPP sudah ter-install pada komputer atau laptop, kamu bisa mulai menggunakan XAMPP, dengan cara mengakses folder C:/xampp/htdocs (di folder inilah seluruh file script kamu akan dikelola).


XAMPP htdocs folder


Buka folder htdocs tersebut dan hapus seluruh isinya jika ada, kemudian buat file baru bernama index.html (perlu di catat bahwa extensi file harus .html tidak boleh .txt) jika kamu tidak bisa membuat file .html buat saja dahulu file index.txt dengan Notepad biasa dan buat arsip ZIP/RAR. Selanjutnya, buka arsip tersebut dan rename file index.txt menjadi index.html. Perhatikan gambar dibawah ini.




Apabila file index.html sudah kamu buat, edit dengan NPP dengan cara klik kanan pada mouse dan edit.


Edit With NPP


Kemudian isi index.html tersebut dengan kode berikut ini :


<html>
<p>Ini adalah halaman pertama saya</p>
<html>


Simpan dan sekarang kamu buka browser web boleh Chrome atau Firefox karena kedua browser ini yang paling cocok untuk praktek XAMPP. Ketikkan localhost pada address bar dan enter.


Selamat, kamu sudah berhasil men-install XAMPP dan menjalankannya. Selanjutnya kamu bisa memahami dan belajar bahasa program web HTML, CSS, JS, PHP, SQL dan banyak lagi di W3Schools secara online dan 100% gratis.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler