Cara Mengatasi System Boot Timeout Pada NOX 5

NOX 5

Belum lama ini NOX merilis versi terbaru mereka yaitu 5.0.0.0 yang sudah resmi diluncurkan pada website mereka dan bisa di download secara bebas oleh siapapun.

Pembaharuan NOX ini cukup banyak, mulai dari penambahan fitur tema, perbaikan performa, perbaikan bug dan fitur-fitur lainnya.

NOX 5 menjadi primadona dikalangan pengguna komputer berspesifikasi medium karena NOX tidak begitu berat hanya membutuhkan RAM 2GB untuk minimal dan 4GB untuk standarnya, tergolong android emulator yang mudah untuk digunakan serta memiliki UI yang bagus.

Bagi saya pribadi, NOX 5 sangat cocok untuk komputer yang menggunakan prosesor AMD karena banyak pengguna AMD mengeluh jika menggunakan Bluestacks dan NOX adalah solusinya. Saya menggunakan NOX bertahun-tahun lamanya dan cukup puas dengan software asal Hong Kong ini.

Sayang, di komputer beberapa orang NOX 5 justru membawa masalah besar karena mengalami error 1016-V5.0.0.0 saat dijalankan.


System boot timeout NOX 5


System boot timeout, temporarily exit any security software and try again!

Ada banyak penyebab error tersebut dan salah satu faktornya adalah GPU yang tidak mendukung. Tim NOX mendapatkan banyak laporan dari orang-orang yang mengalami error ini di halaman resmi Fanspage Facebook NOX.

Pada akhirnya Tim NOX menemukan dua solusi untuk mengatasi masalah ini dengan beberapa langkah.


Solusi 1

GPU komputer harus mendukung OpenGL v2.0 (wajib). Untuk mengecek OpenGL pada komputer kamu bisa menggunakan software buatan Tim NOX disini atau bisa juga dengan OpenGL Extensions Viewer.


Solusi 2

Nonaktifkan Firewall dan Antivirus pada komputer kamu dan install ulang (reinstall) NOX. Kemudian buka kembali NOX yang baru diinstall, jika berjalan lancar berarti kamu harus menambahkan NOX kedalam Whitelist Antivirus dan Firewall kamu.

Terkadang beberapa merek Antivirus terkenal justru akan memblokir aktifitas dari software yang dianggap mencurigakan.


Nonaktifkan Firewall Windows 10
Control Panel : Nonaktifkan Firewall pada Windows 10


Solusi 3 ( Khusus AMD Komputer Desktop )

Cara ini saya temukan karena tidak berhasil menggunakan kedua cara diatas. Masalahnya terletak pada driver grafis versi terbaru yang saya download menggunakan Driver Booster. Memang itu tidak berpengaruh pada apapun di komputer tapi entah kenapa dengan driver grafis terbaru justru NOX menjadi error. Alhasil saya turunkan lagi versi driver ke semula dan NOX berjalan dengan normal sampai artikel ini saya tulis.


Driver Display Adapters
Versi driver yang cocok untuk NOX 5 di AMD Radeon HD 8470D


Jika kamu menggunakan AMD pada komputer desktop dan bernasip sama seperti saya, segera downgrade driver grafis dan reinstall NOX.


[UPDATE 14 SEPTEMBER 2017]


Solusi Alternatif Untuk PC Desktop AMD

Beberapa hari lalu saya menemukan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah booting gagal pada Nox 5. Selidik punya selidik ternyata kendala tersebut terjadi karena driver yang tidak cocok. Untuk mengatasi masalah ini kamu hanya perlu men-download Driver Grafis AMD versi terbaru dan meng-install. Download langsung dari situs resminya disini (sesuaikan dengan jenis hardware  AMD yang kamu pakai).

Apabila kamu bingung memilih driver-nya, gunakan saja AMD Radeon Software Crimson Edition 16.2.1 dan install Driver Grafisnya saja, kalau mau semua juga tidak masalah. Sebelumnya cek dahulu AMD Series yang kamu gunakan karena software ini tidak mendukung semua series AMD.


Itulah Cara Mengatasi System Boot Timeout Pada NOX 5 yang saya dapatkan dari blog resmi NOX dan hasil otak-atik sendiri.

Apabila kamu menemukan solusi lainnya jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler