Cara Mengetahui Versi NET Framework dan DirectX Windows 10

Cara Mengetahui Versi NET Framework dan DirectX Windows 10

NET Framework dan DirectX adalah software bawaan Windows yang tidak bisa dipisahkan dari sistem operasi buatan Microsoft tersebut. Selain dapat digunakan untuk banyak hal, NET Framework dan DirectX ternyata juga dibutuhkan oleh software dan game yang akan dijalankan pada Windows.

Mulai dari Windows 10, 8 dan 7 memerlukan NET Framework dan DirectX agar komputer bisa dijalankan dengan stabil dan menukung software dan game-game terbaru.

Tapi tidak banyak orang mengetahui fungsi dari NET Framework dan DirectX bahkan tidak tahu bahwa komputernya masih menggunakan versi NET Framework dan DirectX lama. Akibatnya banyak software dan game tidak dapat dijalankan atau error.

Hal ini banyak dialami oleh pengguna komputer yang tidak ingin membaca di Google, NET Framework dan DirectX sebenarnya adalah perangkat lunak pendukung yang mana fungsinya untuk memanggil fitur-fitur yang ada di Windows bisa disebut NET Framework dan DirectX adalah tali penghubung yang mempersatukan / mempertemukan antara program software dan game agar dapat dibaca dan dikelola oleh Windows.

Nah bagi kamu yang ingin tahu versi NET Framework dan DirectX yang ter-install pada kompouter atau laoptop, gunakan cara sederhana ini.


Cara Mengetahui Versi NET Framework Windows 10

Karena Microsoft tidak memberikan launcher atau icon shortcut untuk NET Framework, maka kita akan mengeceknya melalui software sederhana bernama NET Detector. Software ini berukuran sekitar 400 kB yang dibuat oleh Raymond dan terbukti sangat akurat untuk mengetahui versi NET Framework.


Cara Mengetahui Versi NET Framework
Raymond NET Detector


Download NET Detector melalui situs resminya disini.

Dan apabila komputer kamu masih menggunakan versi lama bisa memperbaruinya dengan mendownload dan meng-install NET Framework versi terbaru melalui halaman download situs resmi Microsoft.


Cara Mengetahui Versi DirectX Windows 10

Berbeda denganNET Framework, DirectX dapat di cek langsung melalui fitur pencarian di Windows 10 dengan mengetikkan dxdiag dan enter. Maka komputer akan menampilkan popup informasi dari sistem komputer kamu lengkap dengan versi DirectX.


Cara Mengetahui Versi DirectX
DirectX Diagnostic Tool

Jika kamu ingin memperbaharui versi DirectX bisa mengikuti panduan yang disarankan oleh Microsoft pada halaman ini.

Begitulah Cara Mengetahui Versi NET Framework dan DirectX Windows 10. Terkadang kita memang lupa untuk memperbaharui mereka padahal itu sangatlah penting terlagi untuk menjalankan software atau game terbaru yang membutuhkannya seperti Android Emulator salah satunya.

Cara diatas bisa dilakukan pada Windows 10, 8.1, 8 dan 7.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler