Cara Mudah Install Linux Dengan USB Flashdisk

Cara Mudah Install Linux Dengan USB Flashdisk

Semakin majunya jaman dan teknologi semakin mudah kita melakukan banyak hal termasuk menginstall linux melalui flashdisk.

Apa bisa install linux dari flashdisk?

Tentu, justru dengan cara ini kamu akan lebih mudah lagi ketimbang menggunakan dvd sebab, tidak semua komputer desktop dan laptop memiliki dvd room. Makanya dengan USB Flashdisk akan lebih fleksibel dan mudah dilakukan, hanya bermodalkan Flashdisk.

Apa saja syarat-syarat meng-install linux dari flashdisk?

Ada syarat yang wajib kamu ikuti untuk menginstall linux dari USB Flashdisk yaitu kapasitas Flashdisk harus 4 GB atau lebih dan pastikan Flashdisk tersebut kosong.

Mengapa harus kosong? Karena USB Flashdisk akan diformat untuk membuat linux bootable. Jadi, jika di Flashdisk kamu ada datanya, sebaiknya backup dahulu sebelum mengikuti cara ini.

Oke, saya anggap kamu sudah membackup seluruh data di Flashdisk yang ingin digunakan dan sudah memiliki file ISO dari distro linux yang kamu pilih.

Saya tidak punya file ISO linux-nya, dimana download-nya?

Sudah pasti di situs resmi distro linux yang kamu pilih atau jika situs resmi tidak menyediakan file di situsnya atau download dari server situs resmi terlalu lambat, kamu bisa men-download-nya melalui situs mirror terpercaya seperti kambing.ui.ac.id atau lainnya. Dibawah ini adalah distro linux terkenal dan download lah file ISO yang tersedia disana.

Penting: Untuk mendownload file ISO linux kamu memerlukan kuota internet yang cukup karena rata-rata ukuran file diatas 1 GB.

Linux Distro Download Mirror
Ubuntu [ DISINI ] [ DISINI ]
Mint [ DISINI ] [ DISINI ]
Fedora [ DISINI ] [ DISINI ]
Arch [ DISINI ] [ DISINI ]
CentOS [ DISINI ] [ DISINI ]
OpenSUSE [ DISINI ] [ DISINI ]
Debian [ DISINI ] [ DISINI ]
Slackware [ DISINI ] [ DISINI ]
Mageia [ DISINI ] [ DISINI ]
Elementary OS [ DISINI ] [ DISINI ]
Endless OS [ DISINI ] [ DISINI ]

Setelah file ISO sudah kamu miliki dan USB Flashdrive sudah siap sekarang kamu bisa melanjutkan ke sesi praktik.


Cara Mudah Install Linux Dengan USB Flashdisk

1. Download software gratis bernama Rufus . Software ini adalah software kecil yang memiliki fungsi untuk membuat Flashdisk menjadi bootable. Sama seperti UnetBootin dan software lain sejenisnya.

2. Setelah Rufus berhasil kamu download, buka dan setting bahasa agar kamu lebih gampang menggunakannya.

3. Terakhir adalah meng-install-nya dengan memilih Flashdisk sebagai disk yang dipilih dan file ISO sebagai sistem operasinya.

Perhatikan gambar dibawah ini dengan jelas agar tidak ada kesalahan dalam menggunakan Rufus. Setelah semua sudah siap, klik Start dan tunggu beberapa detik hingga selesai dan tombol start berubah menjadi ready.


Rufus


Pada gambar diatas terlihat bahwa Ubuntu 16.10 adalah nama Flashdisk (G:) sedangkan untuk file ISO bisa di input pada icon bergambar disk yang berada tepat disamping Create a bootable disk using.

4. Selamat!


Kamu sudah berhasil meng-install linux di USB Flashdrive. Sekarang kamu bisa restart komputer arau laptop dan memilih Flashdisk sebagai drive untuk booting.


Booting Linux Live USB


Jika berhasil maka kamu akan masuk ke tampilan awak linux, bukan Windows.

Linux yang ter-install pada Flashdisk kamu bersifat Live USB atau sistem linux-nya berjalan pada Flashdisk dan tidak terkait dengan hardisk internal. Jadi, pastikan mencobanya terlebih dahulu sebelum meng-install permanen ke hardisk internal kamu.

Apabila kamu menyukainya dan ingin meng-install ke Hardisk internal komputer atau laptop, cukup meng-install dari menu yang tersedia pada linux yang kamu pilih (biasanya ada pada bagian desktop setelah kamu berhasil booting pada USB Flashdrive yang sudah ter-install linux).
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler