Kumpulan CMS Laravel Gratis dan Open Source

Kumpulan CMS Laravel Gratis dan Open Source

Laravel merupakan aplikasi web atau biasa disebut framework dengan basis PHP dan menggunakan konsep model view controller (MVC). Laravel bersifat open source yang artinya bebas untuk dimodifikasi dan didistribusikan ulang karena Laravel berada dibawah MIT License.

Pada desember 2013, Laravel menempati PHP Framework terpopuler yang menyalip PHP Framework lainnya seperti Phalcon, Symfony2, CodeIgniter dan lainnya.

Banyak website besar dan menengah yang saat ini menggunakan Laravel, salah satunya adalah situs resmi OnePlus.

Selain gratis dan stabil, Laravel juga di dukung oleh komunitas yang terus mengembangkan dan sharing informasi serta panduan-panduan untuk pemula yang cukup banyak di internet yang membuat Laravel terus berkembang dan populer.

Ada juga orang-orang terampil yang sengaja membuat CMS (Content Management System) dengan basis Laravel dan baiknya lagi, CMS yang dibuat dan dipublikasikan ini 100% gratis. Apa saja CMS Laravel itu? Simak dibawah ini.


Kumpulan CMS Laravel Gratis dan Open Source


1. AsgardCMS

AsgardCMS

Asgard adalah CMS yang dibangun menggunakan PHP Fraework Laravel 5 yang mendukung multi bahasa. Asgard kompatibel dengan PHP 7 dan juga mendukung modul yang terpisah dari core inti. Salah satu CMS Laravel yang cocok untuk membangun website instan dengan cepat dan mudah.


[Official website : https://asgardcms.com]


2. Pyro CMS

Pyro CMS

Pyro dibangun dengan Laravel yang juga mendukung modul dan ektensi serta KickAss API yang membuatnya tergolong salah satu CMS terbaik yang dibangun dengan Laravel.

[Official website : https://pyrocms.com]


3. Lavalite

Lavalite

Lavalite ialah CMS yang dibuat dengan Laravel 5.2 dan memiliki tampilan yang fresh dan elegan. Lavalite memiliki backend yang powerfull dan fitur-fitur basic yang sudah terintegrasi dengan aplikasi webnya.

[Official website : http://lavalite.org]


4. October

October CMS

October merupakan content management system yang cukup besar dan didukung oleh komunitas serta web hosting ternama seperti Atlantic. October bisa disebut CMS dengan Framework Laravel terbaik yang bisa diandalkan untuk membut website berskala besar. Proyek October dirancang dan dikembangkan oleh Alexey Bobkov dan Samuel Georges yaitu duo ahli program dan UX dari Kanada dan Australia.

[Official website : https://octobercms.com]


5. Quarx

Quarx CMS

Quarx dikembangkan oleh Yab Inc, dan menjadi CMS berbasis Laravel yang memiliki fitur sederhana dan siap untuk dikembangkan.

[Official website : https://quarxcms.com]


6. Doptor CMS

Doptor

Doptor adalah CMS, ERP serta EMS yang dikemas menjadi satu dan dibangun dengan Laravel.

[Official website : http://www.doptor.org]


7. Decoy

Decoy CMS

Bukwild mengmbangkan Decoy sejak 2012 dan sampai saat ini masih dipertahankan untuk menjadi CMS Laravel yang terpelihara dan stabil. Banyak fitur yang bisa dinikmati dengan menggunakan Decoy.

[Official website : https://www.bukwild.com/project/decoy]


8. Photon CMS

Photon CMS

Photon merupakan CMS sederhana dengan gaya klasik yang di modern-kan dengan fitur responsif dan REST API yang membuatnya sangat nyaman diakses menggunakan smartphone. Photon juga mengandalakan Vue.js 2.0 sebagai kontrol panelnya.

[Official website : https://photoncms.com]


9. MaguttiCMS

MaguttiCMS

MaguttiCms adalah CMS open source, modular, multibahasa dan multi-auth yang menggunakan kerangka Laravel 5.5 Dev. maguttiCMS sepenuhnya responsif, SEO friendly dan mudah dipasang.

[Official website : https://magutti.com]


10. Bumble

Bumble CMS

Bumble baru-baru ini dikembangkan dan masih dalam versi Beta. Namun CMS ini sudah masuk ke posisi terdepan pada pencarian Google yang berarti banyak orang mengakses websitenya dan menggunakan CMSnya. Bumble memang terlihat clean dan layak untuk dipertimbangkan sebagai awal untuk membangun website.

[Official website : https://bumblecms.com]


11. AdaptCMS

AdaptCMS

AdaptCMS masih dalam versi Alpha yang artinya baru saja di naikkan ke versi yang lebih baru namun belum stabil. Meskipun begitu, merka juga menyediakan versi stabil yang siap untuk digunakan.

[Official website : https://www.adaptcms.com]


12. Devise

Devise CMS

Devise hadir dengan manajer media yang kuat yang menyediakan antarmuka sederhana bagi pengguna untuk mengatur foto dan video.

[Official website : http://www.devisephp.com]


13. Microweber

Microweber

Microweber adalah CMS yang mudah digunakan, hanya perlu menyeret dan menempatkan konten pada posisi yang disukai. Microweber juga memiliki multi fungsi yang apat digunakan untuk membuat web, blog maupun toko online (e-commerce).

[Official website : https://microweber.com]


14. FlyMyShop

FlyMyShop

FlyMyShop adalah CMS E-Commerce yang berbasis Laravel dan bebas untuk digunakan. Mempermudah dalam pembuatan situs toko online yang cepat dan kuat.

[Official website : https://flymyshop.com]


15. Mage2

Mage2 CMS

Mage2 mirip dengan FlyMyShop, yaitu CMS E-commece yang juga dibuat dengan Laravel. Mage2 sangat cocok untuk yang ingin membuat toko online sederhana.

[Official website : http://mage2.website]


16. Ribbbon

Ribbbon CMS

Ribbbon memiliki tampilan yang mewah dan menawan. CMS yang dibangun dengan basis Laravel & Vue.js ini memiliki banyak fitur yang menarik dan sangat pas untuk membuat situs web.

[Official website : http://ribbbon.com]


17. Coaster

Coaster CMS

Coaster adalah CMS yang siap digunakan untuk membuat blog atau situs web yang lengkap. Memiliki tampinan unik dan mudah di operasikan jugan untuk dikembangkan.

[Official website : https://www.coastercms.org]


18. Canvas

Canvas CMS

Canvas adalah platform CMS blog yang dibuat dengan PHP Framework Laravel dan sangat cocok untuk membuat blog pribadi.

[Official website : https://cnvs.io]


19. Orchestra Platform

Orchestra Platform

Orchestra adalah CMS basic yang khusus untuk pengguna menengah karena perlu pengetahuan khusus mengenai Laravel. Orchestra mulai dikembangkan sejak Laravel versi 3.2.


[Official website : https://orchestraplatform.com]


20. Voten

Voten

Voten bukanlah CMS untuk membangun blog maupun website lainnya, Voten dikembangkan khusus untuk membuat situs social bookmarking yang bisa menyimpan konten dari situs lain dan diarsip.

[Official website : https://github.com/voten-co/voten]


21. Vuedo

Vuedo

Vuedo adalah CMS yang dibungun untuk membuat website video straming yang berbasis Laravel. Vuedo dilengkapi dengan fitur Amazon S3 Integration.

[Official website : https://github.com/vuedo/vuedo]


22. TypiCMS

TypiCMS

TypiCMS mendukung multi bahasa dan sudah menggunakan Laravel versi 5.2.

[Official website : https://github.com/typicms/base]


Itulah Kumpulan CMS Laravel Gratis dan Open Source yang bisa kamu gunakan untuk membangun blog atau website. Keseluruhan CMS diatas berbasis Laravel jadi kamu hanya perlu memahami struktur dan bahawa web program PHP untuk memodifikasi atau mengkonfigurasi.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis Kumpulan CMS Codeigniter yang mungkin juga kamu perlukan untuk pembelajaran atau sebagai perbandingan.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler