8 Linux Paling Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah

8 Linux Paling Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah

Sebagai salah satu sistem operasi yang bernaung dibawah lisensi General Public License (GPL), Linux memang menjadi salah satu solusi terbaik sebagai pengganti sistem operasi nomor satu di dunia yaitu Windows.

Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Saat ini ribuan aplikasi linux sudah tersedia untuk digunakan secara gratis.

Linux berasal dari nama penciptanya yaitu Linus Torvalds yang memulai pengembangan linux pada 1991. Sistem umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang dibuat pertama kali pada tahun 1983 oleh Richard Stallman.

Linux telah lama dikenal dunia sebagai sistem operasi untuk mengontrol server, dan sekarang linux telah didukung oleh perusahaan-perusahaan teknologi ternama seperti Dell, Intel, IBM, Oracle, Hewlett-Packard, Novell, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux juga digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras termasuk komputer desktop, super komputer, video game (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), router dan ponsel.

Para pengamat teknologi beranggapan kesuksesan linux dikarenakan linux tidak bergantung kepada vendor selain itu biaya operasional yang rendah dan kompatibilitas yang tinggi serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Windows.

Jika kamu membeli laptop kosong atau hanya berisi DOS, linux adalah pilihan tepat untuk mengatasi masalah itu agar laptop segera bisa digunakan tanpa harus membeli dan meng-install Windows.

Memang terkadang kebanyakan orang lebih memilih menginstal Windows bajakan pada laptop baru meskipun tidak tahu apa resiko yang akan dihadapi. Tapi dengan linux pengguna tidak memerlukan resiko dan uang untuk mengistalnya, hanya saja sedikit pengetahuan untuk menginstal dan mengkonfigurasi linux.

Linux juga sangat cocok untuk komputer klasik dengan spesifikasi yang rendah. Oleh karena itu linux dipandang sebagai sistem operasi yang terbaik oleh penggunanya sebab komputer dengan spesifikasi rendah saja bisa untuk menjalankan linux tanpa masalah. Jauh berbeda dengan Windows yang mengharuskan komputer berspesifikasi tertentu untuk menjalankannya.

Informasi: Linux juga dapat digunakan untuk menghapus virus dan malware dari Windows dengan menimpa sistem operasi Windows tersebut dengan linux.

Berbicara soal linux yang bisa dijalankan pada komputer spesifikasi rendah, saya memiliki beberapa rekomendasi bagi kamu yang ingin menggunakan linux di komputer klasik. Berikut ini adalah 8 Linux Paling Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah.


Damn Small Linux

Damn Small Linux

DSL awalnya dikembangkan sebagai percobaan untuk melihat berapa banyak aplikasi desktop yang dapat di muat dalam CD live 50MB.

Pada mulanya Damn Small Linux hanya alat pribadi. Namun seiring berjalannya waktu, DSL berkembang menjadi sebuah proyek komunitas dengan sistem penginstalan aplikasi jarak jauh dan sistem backup & restore yang sangat serbaguna yang dapat digunakan berdampingan dengan media yang dapat ditulis termasuk USB Flashdisk, Floppy Disk dan Hardisk.

Damn Small Linux hanya membutuhkan 16 Mb RAM dan 128 Mb RAM jika ingin menggunakannya secara maksimal.

http://www.damnsmalllinux.org


Puppy Linux

Puppy Linux

Dengan Puppy Linux memungkinkan kamu melakukan banyak hal dengan komputer spesifikasi rendah. Puppy Linux sangat kecil, namun cukup lengkap. Puppy melakukan boot ke ramdisk, ini berarti semua aplikasi mulai dalam sekejap dan langsung merespon perintah.

Selain itu Puppy Linux juga memiliki kemampuan untuk boot dari media lainnya seperti USB Flashdisk, CDROM, Floppy Disk dan Hardisk. Bahkan bisa menggunakan multi-session pada CD-RW / DVD-RW untuk menyimpan semua datanya ke CD / DVD tanpa menggunakan Hardisk sama sekali.

Puppy Linux hanya membutuhkan 256 Mb RAM untuk menjalankan sistemnya.

http://puppylinux.org


Lubuntu

Lubuntu

Lubuntu adalah varian Ubuntu yang cepat, ringan dan hemat resource yang menggunakan interface desktop LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment). Hal ini dimaksudkan untuk dapat menjalankan sistemnya pada komputer sprsifikasi rendah dan klasik.

Untuk menjalankan Lubuntu pada komputer hanya membutuhkan 640 Mb RAM.

http://lubuntu.net


Xubuntu

Xubuntu

Xubuntu adalah sistem operasi yang elegan dan mudah digunakan. Xubuntu hadir dengan unterface Xfce, yang merupakan interface desktop paling stabil, ringan dan dapat dikonfigurasi dengan mudah.

Sangat cocok untuk kamu yang menginginkan desktop, laptop atau netbook klasik menjadi tampilan modern dan fitur yang cukup untuk penggunaan sehari-hari. Xubuntu juga bekerja dengan baik pada hardware yang tua dan rendah.

Xubuntu hanya membutuhkan 512 Mb RAM untuk menjalankan sistem inti dan 1 GB RAM untuk menggunakan fitur-fitur lainnya agar lebih stabil.

https://xubuntu.org


CentOS

CentOS

Pada Juni 2006, para pengembang utama distro Tao Linux mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proyek tersebut dan menggantinya menjadi CentOS Development. Para pengguna Tao linux kemudian bermigrasi menggunakan CentOS yang kini dikenal sebagai sistem operasi linux paling umum digunakan untuk mengelola server.

CentOS sendiri dapat dijalankan pada komputer yang memiliki 256 Mb RAM untuk arsitektur 32-bit dan 4 Gb RAM untuk arsitektur 64-bit. Namun tidak menutup kemungkinan 64-bit juga bisa dijalankan pada RAM 2 GB.

 https://www.centos.org


Fedora

Fedora

Pada tahun 2008, Linus Torvalds, pemilik kernel Linux, mengatakan bahwa dia menggunakan Fedora karena Fedora memiliki dukungan yang cukup bagus untuk arsitektur prosesor PowerPC, yang dia rasakan setiap waktu.

Menurut DistroWatch, Fedora adalah sistem operasi ketiga yang paling populer di bulan Juni 2011, di belakang Ubuntu dan Mint, dan menjadi distribusi linux RPM yang paling populer. Bagi Red Hat, Fedora merupakan ajang percobaan utuk menghasilkan distro Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang stabil, rilis-rilis RHEL dikembangkan dari versi Fedora.

Fedora bisa di install pada komputer minimum yang memiliki 1 GHz prosesor dan 1 Gb RAM.

https://getfedora.org


Mint

Mint

Linux Mint adalah sistem operasi linux yang merupakan suatu distribusi linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan teknologi yang disebut Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian.

Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada Linux Mint. Walaupun inti dari Linux Mint adalah Ubuntu, Linux Mint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Distribusi ini dibuat oleh Clement Lefebvre, dan dikembangkan secara aktif oleh tim dari Linux Mint dan komunitasnya.

Linux Mint hanya membutuhkan 512 Mb RAM untuk di install, namun membutuhkan 1 Gb RAM untuk dapat menjalankan seluruh fiturnya agar maksimal dan lebih cepat.

https://www.linuxmint.com


Ubuntu

Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu sebenarnya berasal dari filosofi Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun Ubuntu versi server juga tersedia dan telah dipakai secara luas.

Linux Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan, Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu adalah distro linux paling terkenal hingga saat ini. Untuk meng-install  Ubuntu pada komputer minimum hanya perlu 512 Mb RAM dan 700 GHz prosesor.

https://www.ubuntu.com


Dari sekian banyak jenis linux yang dapat kamu gunakan pada komputer spesifikasi rendah, tapi tidak mengharuskan kamu menggunakan yang menyulitkan. Cukup dengan menilih Lubuntu atau Xubuntu bagi yang baru menggunakan linux. Untuk yang lain dapat kamu coba setelah kamu memahami dasar-dasar linux karena setiap nama berbeda penggunaannya termasuk sistemnya.

Sekarang kamu bisa membangkitkan komputer, laptop atau netbook klasik kamu dengan 8 Linux Paling Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah diatas. Pastikan selalu membaca cara menginstal linux pada komouter dengan USB Flashdisk agar lebih mudah.

Selamat, komputer klasik kamu bisa digunakan lagi dan memiliki kecepatan yang wuz-wuz hehe.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler