Mengatasi Sinyal Yang Hilang Tiba-Tiba Pada Ponsel Android

Mengatasi Sinyal Yang Hilang Tiba-Tiba Pada Ponsel Android

Sinyal ialah suatu gelombang isyarat untuk melanjutkan atau meneruskan suatu kegiatan. Biasanya gelombang isyarat ini berbentuk tanda, lampu, suara, dll.

Sebagai contoh didalam kereta api misalnya, isyarat berarti suatu tanda untuk melanjutkan atau meneruskan perjalanan ke tempat atau stasiun berikutnya, dan biasanya isyarat ini dikirimkan oleh stasiun yang terkait. Begitu juga dengan ponsel, sinyal yang dikirim dari ponsel ke server untuk diteruskan ke satu tujuan seperti ponsel, komputer atau perangkat elektronik lainnya adalah sinyal dalam bentuk gelombang frekuensi.

Sinya di ponsel sangatlah penting untuk kita bisa berinteraksi dengan orang lain melalui gelombang sinyal entah itu SMS, Telpon, VoIP maupun Internet.

Lalu bagai mana jika sinyal diponsel tiba-tiba hilang?

Ada banyak penyebab hilangnya sinyal ponsel dan itu akan saya bahas dibawah ini.


Mengatasi Sinyal Yang Hilang Tiba-Tiba Pada Ponsel Android


1. Masalah Pada Hardware

Hal ini paling sering terjadi jika ponsel kamu sering terkena benturan keras seperti jatuh atau terduduki. Biasanya komponen dalam ponsel akan bergeser atau ada komponen yang terlepas dari tempatnya.

Solusi : Tanyakan langsung ke gerai resmi merek ponsel yang kamu pakai.


2. Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan hardware salah satu faktor hilangnya sinyal di ponsel. Kerusakan bisa terjadi jika ponsel sering jatuh atau tercebur/terendam di air dalam jangka waktu yang agak lama dan menyebabkan air masuk ke dalam komponen ponsel hingga mengembun di dalam ponsel dan menyebabkan karat atau rusaknya hardware.

Solusi : Tanyakan langsung ke gerai resmi merek ponsel yang kamu pakai.


3. Gangguan Pada Provider

Nah gangguan pada provider adalah dugaan yang paling umum dibicarakan oleh orang-orang jika sinyal hilang tiba-tiba. Provider bisa saja mengalami gangguan sinya jika sedang melakukan perawatan sinyal atau gangguan pada alat pemancar sinyalnya.

Solusi: Cobalah untuk menanyakan ke customer service di sosial media provider yang kamu gunakan, apakah sedang ada gangguan atau tidak.


4. Lokasi Tidak Terjangkau Sinyal

Kemungkinan, lokasi kamu berada saat sinyal hilang adalah lokasi yang memang tidak terjangkau oleh pemancar sinyal provider yang kamu gunakan.

Solusi : Pindahlah ke lokasi atau area lain yang sangat mungkin terjangkau sinyal.


5. Akibat Aplikasi

Aplikasi yang khusus untuk pengguna ponsel android advanced (opreker) sangat tidak disarankan untuk pemula karena bisa saja merubah konfigurasi ponsel termasuk sinyal dan lain sebagainya. Biasanya aplikasi yang mempengaruhi sinyal adalah aplikasi yang mengkonfigurasi otomatis seperti VPN, Proxy dan SSH.

Solusi : Jika diponsel kamu ada aplikasi seperti yang disebutkan, silahkan hapus. Apabila sinyal belum muncul juga, gunakan fitur andalan yaitu kembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.


6. Kesalahan Pengaturan

Hubungan dari hilangnya sinyal adalah konfigurasi jaringan yang ada di pengaturan ponsel tidak sesuai dengan yang dianjurkan hingga menybabkan sinyal hilang. Cobalah untuk mengeceknya terlebih dahulu pada bagian jaringan atau network ponsel kamu.

Solusi : Cek secara teliti pengaturan jaringan dan network di ponsel kamu termasuk masa aktif dari kartu yang kamu gunakan.

Tidak semua ponsel android memiliki pengaturan yang sama, ada beberapa sistem operasi android yang dimoifikasi oleh merek ponselnya seperti Xiaomi yang memiliki sistem operasi bernama MIUI dan itu adalah android yang dimodifikasi secara resmi.

Itulah cara Mengatasi Sinyal Yang Hilang Tiba-Tiba Pada Ponsel Android jika kamu mengalami kehilangan sinyal, jangan tergesa-gesa atau panik. Cukup bersabar beberapa jam jika memang tidak muncul silahkan restart ponsel kamu dan jika dalam kurun waktu 3-5 hari tidak muncul juga, barulah kamu bisa menanyakannya ke gerai resmi merek ponsel yang kamu gunakan atau ke konter terpercaya.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler