Plugin Yang Wajib Di Install Pada WordPress Self Hosted

Plugin Yang Wajib Di Install Pada WordPress Self Hosted

Ada banyak plugin yang tersedia di direktori wordpress dan hampir seluruhnya gratis. Bukan hanya gratis, tapi juga ada dukungan serta bantuan jika menemukan bug pada plugin tersebut. Bisa dibilang wordpress memiliki ratusan ribu komunitas aktif yang saling membantu satu sama lain.

Meskipun ada banyak sekali plugin yang bisa kamu coba dan gunakan, tapi ketahuilah ada plugin yang justru dapat merusak situs kamu bahkan membuat web hosting terblokir (suspend) mengerikan.

Plugin yang dapat menyebabkan web hosting terblokir adalah plugin yang menguras resource berlebihan atau mengandung skrip yang tidak seharusnya digunakan dan mengandung virus bahkan webshell.

Dilain sisi kamu perlu menggunakan plugin untuk meningkatkan kualitas website atau blog yang sedang kamu buat menggunakan wordpress self hosted. Beberapa plugin memang harus digunakan untuk keperluan optimasi SEO (Search Engine Optimization) serta plugin-plugin pendukung lainnya.

Apa saja plugin yang wajib di install pada wordpress self hosted? Berikut daftarnya :


1. Yoast SEO

Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang paling diandalkan oleh hampir seluruh pengguna wordpress self hosted untuk mengatur dan mengkonfigurasi website sedemikian rupa agar mudah ditemukan pada mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan lain sebagainya.

Plugin yang dibangun khusus untuk optimasi SEO website, blog, bahkan toko online ini dapat kamu install dan gunakan secara gratis.

Fitur Yoast SEO :

- Optimasi SEO judul, kata kunci, deskripsi
- Analysis konten post, halanan dan kualitas
- Breadcrumbs
- XML Sitemap
- Optimasi RSS Feed
- Terintegrasi dengan Google Analytics
- Terintegrasi dengan Sosial Media
- Terintegrasi dengan Webmaster API (Google, Bing dan Alexa)
- etc...

 Baca juga :  Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog


2. Contact Form 7


Contact Form 7


Contact Form 7 adalah plugin sederhana untuk membuat halaman contact us atau kirim pesan ke pemilik website atau blog. Dengan menggunakan Contact Form 7 kamu tidak perlu mengotak-atik skrip untuk membuat halaman contact us.

Selain sederhana dan gratis, plugin ini juga didukung banyak developer yang membuatnya cocok dengan berbagai jenis tema wordpress.


3. W3 Total Cache

W3 Total Cache

W3 Total Cache (W3TC) adalah plugin yang dibuat oleh tim resmi wordpress untuk mempercepat loading halaman web. Didukung dengan pengaturan-pengaturan yang canggih membuat W3TC menjadi plugin andalan bagi setiap orang yang ingin mengoptimasi website dan blognya.

W3TC juga mendukung banyak fitur seperti :

- Content Delivery Network (CDN)
- Accelerated Mobile Pages (AMP)
- Secure Socket Layer (SSL)
- Caching CSS, JacaScript, HTML, Object
- etc..

CATAT : W3TC memiliki banyak pengaturan yang penting, jika kamu salah dalam menerapkan pengaturan justru akan berakibat fatal pada kinerja website atau blog. Jadi sebelum menggunakan plugin ini sebaiknya periska dahulu dokumentasi dan cara penggunaannya.


4. Wordfence Security

Wordfence Security

Wordfence Security ialah plugin khusus untuk keamanan website dari serangan hacker atau orang jahat yang ingin mencoba menerobos masuk ke sistem website kamu. Dengan menggunakan Wordfence Security hacker akan sulit menjebol keamanan wordpress self hosted yang kamu miliki.

Fitur anyar dari Wordfence Security adalah :

- Web Application Firewall
- Real-time Blocking Attackers
- Real-time Monitoring Traffic
- Login Security
- Scan System Website
- etc...

CATAT : Wordfence Security memiliki banyak pengaturan yang harus kamu sesuaikan dengan yang kamu butuhkan. Jangan sampai kamu sebagai administrator website justru malah terkunci dengan plugin ini. Baca dokumentasi serta cara setup Wordfence Security terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

 Baca juga :  50+ Antivirus Terbaik Untuk Komputer dan Laptop


5. WP-Optimize


WP-Optimize


Mengelola database adalah fitur utama dari plugin WP-Optimize ini. Kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan optimasi database website atau blog kamu. Cukup beberapa kali klik atau membuat jadwal agar WP-Optimize melakukan optimasi sesuai jadwalnya.

Fitur utama WP-Optimize :

- Removes all unnecessary data
- Compact/de-fragment MySQL tables
- Automatically trigger
- Show database statistics
- Detailed control optimizations
- etc...

Untuk website yang memiliki banyak konten plugin ini sangat penting untuk optimasi dan memperkecil ukuran database.


6. Fast Secure reCAPTCHA


Fast Secure reCAPTCHA


Agar terhindar dari spam pada kolom komentar yang membabi buta di internet, Fast Secure reCAPTCHA adalah pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu meng-install, mengaktifkan dan mengatur API Key reCAPTCHA plugin ini segera bisa digunakan.

Saat plugin sudah diatur API Key-nya maka otomatis akan membuat captcha keamanan pada berbagai maca form di website atau blog kamu seperti form komentar, form login atau register, dll.  Fast Secure reCAPTCHA juga cocok disandingkan dengan plugin terkenal seperti Akismet, BuddyPress, bbPress, wpForo Forum, dan WooCommerce.


7. AddThis


AddThis


Share Buttons by AddThis bukan saja terkenal sebagai plugin tapi sudah terkenal sejak dahulu dari kode snippetnya untuk membuat tombol berbagi ke sosial media. AddThis dapat kamu gunakan untuk membuat icon/tombol share pada setiap artikel atau halaman yang kamu buat dengan wordpress self hosted. Tidak perlu menyentuk skrip, dengan AddThis semua dapat disesuaikan secara otomatis.


Diatas adalah plugin-plugin inti yang bisa kamu install pada wordpress elf hosted. Dengan menggunakannya kamu bisa menciptakan website atau blog yang profesional dan siap bersaing di mesin pencari.

Info : Tidak harus semua plugin kamu install pada wordpress self hosted, install-lah yang menurut kamu diperlukan. Selain itu, cek spesifikasi hosting yang kamu gunakan mulai dari memori ram, swap, bandwidth serta disk space karena tidak semua hosting mampu menjalankan wordpress self hosted dengan normal jika memiliki banyak plugin aktif.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler