Tips Memilih Laptop Murah Untuk Berbagai Kegiatan dan Kerja

Tips Memilih Laptop Murah Untuk Berbagai Kegiatan dan Kerja

Mungkin kamu akan sulit memilih merek dan tipe laptop saat berada tepat didepan toko atau sedang berbincang dengan penjaga toko. Dalam keadaan seperti itu, jangan sesekali kamu menyebut atau memilih salah satu laptop, sebab sang penjaga toko akan segera membagus-baguskan merek dari laptop yang kamu sebutkan tanpa memberi tahu kekurangannya agar kamu semakin tertarik dan sesegera mungkin membelinya. Tak lupa juga sang penjaga mengucapkan promo jika kamu membeli laptop tersebut.

Perlu kamu pahami sebelum membeli laptop ada Tips Memilih Laptop Murah Untuk Berbagai Kegiatan dan Kerja yang umumnya memiliki harga berkisar 5 sampai 7 juta rupiah. Katanya murah? Harga tersebut sudah sangat murah jika dibandingkan dengan laptop gaming atau laptop desainer grafis yang harga rata-ratanya berkisar 10 sampai 20 jutaan bahkan lebih.

Pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk kamu yang akan membeli laptop dalam waktu dekat atau untuk sekedar merekomendasikan kepada saudara dan teman dekat. Berikut tipsnya :


1. Pikirkan Kegunaannya

Sebelum kamu berencana membeli laptop sebaiknya pikirkan matang-matang untuk apa laptop itu nantinya. Apakah untuk bekerja, belajar, bermain game atau hanya sekedar online sosial media. Kegiatan apa yang paling sering kamu lakukan jika memiliki laptop adalah mutlak harus dipikirkan sebelum membelinya, sebab dengan begitu kamu bisa menyesuaikan jenis prosesor dan vga pada tips berikutnya.


2. Pilih Prosesor Yang Tepat

Prosesor adalah otak dari komputer yang menerima dan menjalankan semua perintah yang kamu ketikkan pada keyboard laptop. Maka dari itu, pastikan untuk memilih prosesor yang cocok untuk digunakan.

Intel : Prosesor Intel adalah prosesor yang paling umum digunakan masyarakat dan juga banyak diterapkan pada laptop zaman sekarang. Hampir rata-rata laptop berkelas menggunakan prosesor Intel karena lebih kuat dan stabil untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, belajar dan bermain game.

AMD : Advanced Micro Devices adalah prosesor yang harganya lebih murah dibandingkan Intel. Prosesor AMD memang dibuat khusus untuk laptop atau komputer yang sering bermain game online. Karena harganya yang dibawah Intel, kebanyakan gamer memilih AMD untuk merakit komputer khusus game juga menghemat biaya perakitan.

Laptop yang memiliki prosesor AMD akan lebih murah dibandingkan dengan laptop yang menggunakan prosesor Intel.


3. Pilih VGA Yang Tepat

Video Graphics Array (VGA) ini biasa disebut dengan Video Card, Video Adapter, Display Card, Graphics Card, Graphics Board, dll. VGA bekerja untuk menerjemahkan kode yang dihasilkan prosesor dan menampilkannya ke layar monitor sebagai bentuk gambar dan video.

Khusus untuk kegiatan desain grafis atau bermain game berat diperlukan VGA yang berkelas.

Pembuat VGA yang terkenal adalah ATI dan nVidia. ATI sering disandingkan dengan prosesor AMD sedangkan nVidia sering dipasangkan dengan Intel. Semakin bagus VGA sebuah laptop, semakin cepat juga kinerjanya dan tidak akan membuat kamu jengkel karena loading.


4. Pastikan Memiliki Memori RAM 4GB+

Era modern seperti sekarang sudah sangat tidak mungkin menggunakan memori RAM yang dibawah 4GB. Terbukti, semakin kedepan perkembangan software dan perangkat lunak meningkatkan "system requirements" mereka dan terus begitu.

Bayangkan, sekarang ponsel pintar sudah ada yang memiliki memori ram 6GB bagaimana dengan komputer? Inilah salah satu alasan mengapa kamu harus membeli komputer yang memiliki ram minimal 4GB.

Apabila kamu memilih untuk menggunakan laptop yang memiliki ram 2GB, tentu itu sama sekali tidak bisa digunakan untuk berbagai kegiatan karena akan sangat lambat dan bisa membuat emosi meningkat seketika hehe.


5. Perhatikan Resolusi Layar

Banyak orang tergiur dengan iming-iming fitur Full HD yang ditulis dengan huruf tebal dan mencolok. Sebenarnya, Full HD adalah resolusi janggal yang berukuran 1366x768 yaitu resolusi yang banyak diterapkan pada TV.

Layar monitor laptop maupun komputer memiliki kualitas HD, tidak ada embel-embel Full disitu. Perhatikan gambar dibawah ini :

Resolusi Monitor

Ada banyak jenis resolusi monitor laptop atau komputer dan itu berbeda dengan TV, meskipun beberapa TV mahal menggunakan resolusi sama dengan monitor komputer.

Pilihlah laptop yang memiliki resolusi 1080p untuk tampilan yang pas atau jika kamu sangat suka dengan kejernihan layar yang super tajam bisa memilih resolusi 4K tentu dengan tambahan budget yang tidak sedikit.


6. Baca Ulasan Berbagai Situs

Selain membaca disini, kamu juga perlu untuk mencari informasi lainnya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari laptop yang sedang kamu incar. Lebih banyak dan teliti dalam membaca ulasan (review), semakin banyak juga informasi yang akan kamu dapatkan untuk memastikan kualitas laptop tersebut.


Jika kamu sudah memperhatikan Tips Memilih Laptop Murah Untuk Berbagai Kegiatan dan Kerja diatas, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan laptop pilihan yang sesuai dengan harapan. Jangan memperhatikan laptop hanya dari tampilan fisik karena kita menggunakan fiturnya, bukan fisiknya.

Info : Terkadang orang awam akan mudah terbuai dengan bujuk rayu dari memori ram yang besar dan resolusi layar full hd. Itu adalah pilihan yang sangat sangat salah menurut saya pribadi. Kamu justru harus memperhatikan prosesor dan vga yang digunakan pada laptop yang hendak kamu beli.

Selamat memilih dan membeli laptop.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler