Panduan Lengkap Upgrade Versi MIUI Pada Redmi 2 Prime

Redmi 2 Prime

Redmi 2 Prime bukanlah ponsel yang masuk ke indonesia secara resmi melainkan masuk melalui distributor yang tidak resmi alias Black Market atau Ilegal. Maka dari itu, distributor bebas melakukan eksperimen pada sistem operasi ponsel Xiaomi yang masuk secara ilegal ke indonesia dengan menyisipkan berbagai jenis bloatware, adware hingga spyware.

Hanya sedikit ponsel buatan Xiaomi yang masuk secara sah ke indonesia, berikut daftar ponsel Xiaomi yang legal dan mendapat dukungan penuh dari pihak Xiaomi.

Ponsel Xiaomi Yang Resmi Masuk Ke Indonesia

- Xiaomi Redmi 4A
- Xiaomi Redmi 4X
- Xiaomi Redmi Note 4
- Xiaomi Redmi Note 3
- Xiaomi Redmi 3S
- Xiaomi Redmi 3 Prime
- Xiaomi Redmi Mi4i
- Xiaomi Redmi 2
- Xiaomi Redmi 2 Prime
- Xiaomi Redmi 1S
- Xiaomi Mi Pad

Selain dari tipe yang tertulis diatas adalah ilegal. Tapi beberapa ponsel seperti Redmi 2 Prime memiliki tipe / seri pembuatan yang berbeda-beda untuk menandakan lokasi penjualan. Misalnya saja, tipe pembuatan 2014811 dan 2014813 yang ramai di perbincangkan. Tipe ini bukanlah tipe yang harusnya dijual di indonesia melainkan untuk di cina. Sedangkan tipe untuk dipasarkan di indonesia memiliki tipe pembuatan 2014817.

Pihak Xiaomi sendiri tidak bisa berbuat apa-apa, para distributor memang membeli langsung ponselnya di cina secara sah, tapi sebelum di edarkan, pihak distributor membongkar sistemnya dan kemudian di sebar luaskan ke toko offline atau online lokal indonesia.


Apa tujuan distributor membongkar dan mengedit sistem MIUI?


Beberapa blog dan forum di internet menanggapnya untuk keuntungan pribadi distributor itu sendiri. Misalnya memasang adware (iklan) atau alat pemantau aktifitas (spyware).

Oke kita back to topik, jadi ponsel pintar Redmi 2 Prime dengan kode pembuatan selain 2014817 bukanlah ponsel yang memiliki ROM resmi dari Xiaomi melainkan ROM bajakan yang sudah di modifikasi sedemikian rupa oleh distributor untuk keuntungan mereka.


Bagaimana cara mengetahui kode pembuatan Xiaomi Redmi 2 Prime?


Ada tiga cara untuk mengetahuinya yaitu :

a. Melihat pada bagian belakang dus box.
b. Melihat sticker yang menempel di belakang baterai.
c. Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z atau sejenisnya.

Jika beruntung, kamu akan memiliki seri yang sama pada dus box, stiker dan sistem ponsel. Ada juga yang malah berantakan seperti saya pribadi misalnya, di dus box tertulus 2014811 namun di stiker belakang baterai tertulis 2014816 kemudian sistemnya adalah 2014813. Ada yang bilang suntikan pada sistem, tapi sepertinya tidak karena saya berhasil mengganti file modem untuk seri 2014813 yang berarti sistem ponsel saya benar-benar 2014813.

Karena banyak kekisruhan tentang itu, disini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap untuk mengganti atau menaikkan versi MIUI ponsel kamu dengan yang original buatan Xiaomi dan tanpa harus menggunakan komputer atau laptop.

Hal-hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan upgrade versi MIUI adalah dampak dari melakukan itu.

Dampak terburuk dari melakukan pergantian OS di Xiaomi adalah bootlop (mati total), masalah lain yang bisa terjadi juga adalah bug. Biasanya bug saat upgrade  Redmi 2 Prime adalah :

- Lost Signal (hilang sinyal)
- Lock Screen Error (auto lock)
- Settings Force Close (tidak dapat membuka pengaturan)

Ketiga hal itu dapat terjadi jika melakukan upgrade ROM Redmi 2 Prime. Jadi, baca secara jelas artikel ini agar tahu betul bagai mana solusinya untuk mengatasi masalah diatas jika terjadi.

Kalau kamu sudah bertekad untuk tetap melakukan upgrade meskipun besar resikonya, mari kita lakukan sekarang dengan santai.

PENTING : Backup dahulu seluruh data penting yang ada di ponsel kamu ke SD Card kemudian lepas SD Card dari ponsel untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan. Lalu, hilangkan kode kunci layar (lock screen) jika kamu menggunakannya, hal ini untuk menghindari jika error pada fitur tersebut.

Sebenarnya dengan cara yang akan saya berikan ini tidak akan menghapus data yang ada di ponsel kamu, namun demi keamanan dan kenyamanan, alangkah baiknya jika backup terlebih dahulu.


Cara Upgrade Versi MIUI Redmi 2 Prime


1. Siapkan kuota internet sebesar 1gb atau lebih.


2. Download ROM untuk Redmi 2 Prime terbaru yaitu  ROM V8.5.2.0 Global Stable dari situs remi Xiaomi disini.

CATAT : ROM yang kamu download harus sesuai dengan tipe ponsel yang kamu gunakan, misalnya untuk Redmi 2 Prime harus menggunakan ROM untuk Redmi 2 Prime jangan ROM yang lain.


3. Setelah ROM sudah ter-download, buat folder baru pada penyimpanan internal dengan nama downloaded_rom kemudian pindahkan ROM yang tadi di download ke folder downloader_rom tersebut.


Folder Downloaded ROM


4. Buka aplikasi Updater pada ponsel kamu dan klik tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas layar.


Updater MIUI


Lalu klik Choose update package dalam bahasa indonesia tertulis Pilih paket pembaruan.


Choose Update Package


Kemudian pilih ROM yang ada pada folder downloaded_rom.


5. Secara otomatis (tanpa notifikasi atau tanya) ponsel akan melakukan restat, tidak usah panik dan tunggu hingga proses upgrading selesai sekitar 5 sampai 10 menit.


6. Jika sukses, ponsel akan hidup lagi dan pastinya dengan versi MIUI terbaru yaitu V8.5.2.0 atau sesuai ROM yang kamu download pada step kedua.


7. Apabila kamu mengalami salah saru dari efek samping upgrade seperti kehilangan sinyal, tidak bisa membuka pengaturan dan tidak bisa membuka lock screen, itu wajar karena dialami oleh setiap pengguna Redmi 2 Prime.

Untuk mengatasi masalah itu, kamu perlu melakukan pergantian file modem atau sering disebut NON-HLOS yang terbundle dalam format file binary (.bin). Singkatnya, kamu harus melakukan pergantian/replace file modem dengan yang lain.

Download file modem untuk Xiaomi Redmi 2 Prime :

- Xiaomi Redmi 2 Prime 2014811 ==>> Download
- Xiaomi Redmi 2 Prime 2014813 ==>> Download
- Xiaomi Redmi 2 Prime 2014817 ==>> Download

Untuk tipe lainnya seperti 2014812, 20148116, 2014818, 2014819 dan 2014821 download disini.

Setelah file modem berhasil ter-download, ubah atau rename nama filenya menjadi update.zip dan letakkan pada penyimpanan internal ponsel.

* Jangan letakkan di dalam folder, tapi di penyimpanan internal.


File Modem Redmi 2 Prime


8. Buka aplikasi Updater atau Pembaruan  dan kali ini pilih Mulai ulang ke mode pemulihah atau biasa disebut Recovery oleh kebanyakan pengguna Xiaomi.


Mulai ulang ke mode Pemulihan


Jika recovery di klik, ponsel akan langsung restart dan masuk ke menu Recovery. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih dan tombol power untuk ok.

Apabila kamu sudah masuk ke Recovery, pilih ENGLISH untuk menggunakan bahasa inggris kemudian klik Install update.zip to System lalu Confirm tunggu hingga proses upgrade selesai.


9. Setelah ponsel hidup kembali, cek jaringan dan pengaturan ponsel. Bila lancar tanpa masalah, berarti kamu telah sukses melakukan upgrade ROM Xiaomi.


Begitulah cara melakukan upgrade versi MIUI pada ponsel Redmi 2 Prime. Tanpa harus menggunakan yang namanya ADB, TWRP dan MiFlash Tool. Hanya bermodalkan keberanian, koneksi internet dan pengetahuan.

Bila kamu masih kesulitan dan kurang mengerti tentang tutorial ini, jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler