6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Web Hosting

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Web Hosting

Sebelum menyewa web hosting terbaik untuk menempatkan data website atau blog ke internet secara online kamu tentu tidak ingin salah dalam memilih penyedia web hosting. Jangan sampai kerja dua kali untuk berpindah ke penyedia web hosting lain jika salah dalam memilih.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum memilih salah satu seller web hostinng yang kamu percayai. Jangan pernah melihat dari harga sewanya, lihatlah dari ulasan orang-orang yang sudah lebih dulu menggunalan layanan web hosting di tempat yang kamu tunjuk.



Kebanyakan orang awam akan lebih memilih web hosting murah karena sangat pas di kantong, eitsss... Itu bukanlah pilihan yang tepat lho. Jika kamu mencari hosting yang murah, tentunya banyak keluhan yang akan kamu alami nantinya. Entah fitur yang tidak di dukung atau beragam masalah lainnya (harga tidak akan membohongi kualitas).

Nah pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips memilih web hosting yang cocok untuk disewa. Berikut ciri-cirinya :


6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Web Hosting


1. Kapasitas Penyimpanan Data (Disk Space)

Kapasitas Penyimpanan Web Hosting

Kapasitas penyimpanan data atau sering disebut disk space adalah batas kamu menyimpan data di web hosting. Kebanyakan web hosting memberikan ruang penyimpanan bervariasi tergantung dari paketnya.

Sebelum memilih, kamu pikirkan terlebih dahulu seberapa banyak kamu butuh ruang penyimpanan. Jangan sampai memilih yang murah tapi ruang penyimpanannya sangat pas-pasan dan jangan juga memilih yang terlalu mahal karena akan terbuang sia-sia jika tidak dipakai. Pilihlah yang cocok untuk kamu gunakan.

Rekomendasi saya, pilihlah yang memiliki ruang penyimpanan antara 1GB - 2GB saja jika kamu hanya ingin membuat website atau blog berbasis CMS seperti Wordpress atau Joomla.

Selain itu, pastikan web hosting yang ingin kamu sewa sudah menggunakan harddisk SSD pada hostingnya. Sebab, harddisk SSD jauh lebih cepat untuk berbagai kegiatan (edit, copy, paste, etc) ketimbang harddisk lawas HDD.


2. Kapasitas Pengunjung Per Bulan (Bandwidth)

Kapasitas Pengunjung Per Bulan

Setiap seller web hosting memberikan batasan kepada setiap paket yang dijual. Ada yang sedikit, ada juga yang banyak, tergantung dari paket yang dipilih.

Bandwidth ialah batasan koneksi pengunjung ke web hosting kamu nantinya. Jika seorang pengunjung menghabiskan 1MB, jadi untuk 1000 pengunjung bisa memakan bandwidth hingga 1GB. Jika web kamu diakses oleh 1000 orang perhari maka perlu 30GB untuk satu bulan. Ini adalah perhitungan biasa. Kenyataannya untuk setiap pengunjung akan menghabiskan bandwidth berbeda-beda yang pasti akan lebih dari 1MB untuk setiap pengunjung.

Pilihlah web hosting yang menyediakan bandwidth lebih dari 10GB perbulannya jika kamu baru membuat website atau blog. Hal ini dikarenakan web atau blog baru tidak mungkin mendapatkan pengunjung hingga 1000 perharinya, kecuali kamu menggunakan peromosi berbayar. Namun kamu bisa mengupgrade kapasitas bandwidth jika suatu saat nanti web atau blog kamu terkenal dan butuh lebih banyak bandwidth.

* Tergantung penyedia web hostingnya, menyediakan addons bandwidth atau tidak.

Baca : Langkah Mujarab Datangkan Banyak Pengujung Ke Blog Dengan Cepat


3. Dukungan Terhadap Program

Dukungan Terhadap Program

Hal mutlak yang perlu kamu ketahui jika awam dalam dunia web hosting adalah fiturnya. Apa saja yang digunakan serber web hosting tersebut dan apa juga yang tidak digunakan. Umumnya hampir semua seller web hosting rerkenal di internet sudah memiliki fitur umum yang dibutuhkan untuk membuat website dan blog.

Alangkah baiknya, jika kamu mengetahui secara rinci dan jelas apa saja fitur yang terintegrasi di web hosting tersebut sebelum kamu menyewanya.


4. Lokasi Server

Lokasi Server

Lokasi penempatan server termasuk salah satu kunci kecepatan website atau blog kamu cepat diakses nantinya. Jadi, jika kamu memilih antara web hosting lokal (IIX) dengan web hosting global (US) tentu website atau blog akan lebih cepat diakses jika menggunakan web hosting lokal sebab, lokasi data center lebih dekat dari lokasi kamu.

Pilihan lainnya adalah web hosting singapura (SG), jika kamu tidak menemukan atau tidak mau menggunakan web hosting lokal, kamu bisa memilih web hosting singapura sebagai alternatif karena terbukti sebagai serber web hosting yang tercepat di asia.


5. Dukungan (Support)

Dukungan Web Hosting

Dalam memilih web hosting, dukungan seller ke pembeli haruslah prioritas. Jangan sampai keluhan kamu ditanggapi lebih dari 24 jam karena itu sudah termasuk low respon.

Banyak penyedia web hosting menukiskan 1x24x7 tapi pada kenyataannya setelah kamu menyewa disana dan membutuhkan bantuan teknis, mereka justru membalas lebih dari 24 jam. Itu tentu sudah diluar dari perjanjian atau sudah tidak konsisten lagi.

Maka dari itu, saya anjurkan untuk tidak memilih web hosting yang terlalu murah. Bukan karena fitur-fiturnya yang kurang banyak mendukung tapi dukungan teknis kadang direspon lama oleh penyedia.


6. Keamanan

Keamanan Web Hosting

Selain kelima hal diatas masih ada lagi yang terakhir dan perlu juga kamu ketahui. Ya, keamanan.

Keamanan adalah bagaimana tim penyedia web hosting menangkis serangan-serangan hacker atau virus yang menargetkan server web hosting. Jika beberapa seller hanya memberikan fitur Anti DDoS, apakah mereka benar-benar memberikannya?



Hal ini sangat perlu kamu ketahui jika kamu ingin membangun website corporate atau online shop. Sebab, jika gangguan dari luar terjadi dan website kamu mengalami down, tentu itu sangat merugikan bagi bisnis yang bergerak di internet khususnya e-commerce dan marketing.


Itulah 6 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Web Hosting. Jangan mau di iming-imingi harga murah tapi kualitas murahan. Pilihlah yang sudah banyak mendapatkan ulasan baik di internet khususnya diberbagai forum diskusi mengenai web hosting.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler


DMCA.com Protection Status