12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google

12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google

Sebagai blogger tentu kita harus mematuhi semua aturan yang berlaku termasuk juga optimasi blog agar dapat ikut bersaing ketat di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Yandex.

Optimasi atau mengoptimalkan kualitas blog bukanlah hal yang sulit tapi juga bukan hal yang mudah. Semua butuh praktik serta waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Banyak pakar optimasi SEO menganjurkan untuk menyewa jasa ahli untuk melakukannya, tapi hal itu sebenarnya tidak diperlukan jika kamu ingin sedikit belajar dan mendalami seputar dunia SEO (Search Engine Optimization). Tapi jika kamu tidak ada waktu untuk belajar, dan berniat untuk menywa spesialis, sebaiknya baca terlebih dahulu tips sebelum menggunakan jasa SEO profesional.

Jutaan website, blog, forum, toko online dan jenis situs lainnya bersaing setiap hari di hasil penelusuran pada mesin pencari nomor satu di dunia yaitu Google. Banyak situs besar menduduki peringkat teratas dan itu bukan hal yang aneh, tapi pernahkah kamu melihat bahwa ada blog yang menyalip posisi peringkat website besar di hasil penelusuran Google?





Kalau kamu pernah melihatnya, berarti itulah salah satu contoh blog yang menggunakan optimasi SEO dengan benar dan efektif. Bahkan blog yang baru dibuat dalam beberapa bulan saja bisa bersaing dengan website besar yang sudah berusia tahunan jika menerapkan optimasi dengan baik dan benar.


Apa sih manfaatnya optimasi SEO untuk blog?


Jika kamu bertanya seperti itu, saya yakin kamu adalah orang yang baru menaruh jari-jari tagan di keyboard untuk memulai membuat blog.

Oke jika demikian, kamu masuk pada artikel yang tepat karena di sini saya juga akan bahas mengenai manfaat optimasi seo blog khususnya Blogspot.

Optimasi SEO dapat berdampak baik pada kualitas sebuah blog di hasil pencarian Google dan kawan-kawannya, blog yang sudah di optimasi akan naik ke halaman teratas hari demi hari entah itu pada urutan keberapa yang pasti akan naik.

Keuntungan mutlak dari mengoptimalkan kualitas blog adalah promosi yang meningkat tajam!

Manfaat Optimasi SEO Untuk Blogger
Untuk seorang penulis blog, iklan adalah salah satu tambang emas yang dipelihara pada blognya. Dengan iklan, pemik blog dapat meraup untung sesuai dengan nilai tukan klik. Kebanyakan pemilik blog menggunakan periklanan Google AdSense untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Dengan memperbanyak pengunjung (menggunakan optimasi seo) tentu hasil klik iklan akan naik terus menerus dan memperbesar pendapatan. Itulah mengapa blog perlu di optimasi jika sang pemilik mengandalkan iklan sebagai tambang emas online.

Manfaat Optimasi SEO Untuk Marketing
Berbeda lagi jika seseorang membuat blog untuk kebutuhan promosi. Dengan memanfaatkan blogspot untuk promosi sebenarnya bukan pilhan yang pas. Tapi bukan masalah jika ingin mempromosikan produk secara gratis melalui platform blogspot.

Dengan blog yang di optimasi dan peringkat yang terus memuncak akan membuat calon klien atau pembeli datang berkali-kali lipat dari mesin pencarian milik Google.

Bayangkan jika sebuah situs mempromosikan sebuah produk sebelum di optimasi memiliki pengunjung 100 orang perhari dan setelah di optimasi menjadi 1.000 orang perhari hanya bermodalkan blogspot dan optimasi yang sempurna. Tentu itu sama dengan tidur tapi dapat uang. Blog promosi yang sudah duduk dipuncak mesin pencari tidak mungkin mendapatkan ratusan pengunjung perhari, biasanyanya lebih dari itu.

 BACA JUGA :  7 Tips Rahasia Untuk Menjadi Marketing Online Yang Sukses

Tapi, tergantung dari apa yang dipromosikan dan bagaimana cara penyampaian kata-kata dalam blog tersebut sebab, kebanyakan orang saat ini sudah tidak lagi percaya membeli produk pada blog yang masih menggunakan subdomain gratis milik google yaitu blogspot.co.id. Jadi untuk menghindari itu, sebaiknya gunakan Domain TLD untuk custom domain blog kamu.

Karena pada artikel ini saya sedang tidak membahas soal promosi atau marketing, jadi kita langsung kita ke topik pembicaraan mengenai 12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google dibawah ini.


12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google


1. TEMPLATE

Template Blogspot SEO Friendly

Pemilihan template atau tema untuk membangun sebuah blog yang akan di optimasi adalah hal wajib. Template yang memiliki kriteria :

Simple
Elegan
Responsive

Adalah kriteria yang harus ada pada setiap template yang ingin digunakan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan warna yang santai untuk membuat mata pengunjung tidak bosan melihat blog kamu. Usahakan tema memiliki 2 atau 3 warna saja karena dengan begitu blog kamu akan terlihat profesional.


2. KUALITAS KONTEN

Konten Blog SEO

Bukan hal aneh jika konten adalah tulang rusuk sebuah blog. Konten yang yang menarik, enak dibaca dan memiliki penjelasan lengkap adalah contoh konten yang berkualitas. Terlagi jika konten tersebut dilengkapi dengan gambar yang menggambarkan isi artikel pada blog.

Konten terbaik untuk di optimasi memiliki kriteria :

Bermanfaat bagi pembaca / pengunjung
Mudah dipahami oleh berbagai usia
Panjang kata lebih dari 700 kata
Kata kunci ada pada isi artikel dan judul
Menggunakan huruf tebal, miring dan standar
Memiliki paragraf dan susunan kata yang rapih
Menggunakan gambar atau ilustrasi atau original

Bila sudah memenuhi kriteria tersebut, menurut panduan webmaster tentu saja artikel pada blog akan disukai oleh Google dan dalam waktu yang singkat artikel juga akan naik ke peringkat teratas pencarian dengan kata kunci yang disesuaikan saat membuat artikel.


3. META TAG

HTML Meta Tag SEO

Meta tag adalah sebuah struktur kode yang digunakan Google dan mesin pencari lainnya untuk menemukan sebuah halaman situs web termasuk blog. Meta tag pada blogspot bisa kamu temukan pada pengaturan blog.

Saat ini blogspot sudah menukung penggunaan meta tag deskripsi langsung saat menulis artikel dan deskripsi inilah yang akan muncul pada mesin pencari.

Meta Deskripsi SEO Blogspot


Berikut ini adalah contoh hasil meta tag deskripsi yang muncul di penelusuran Google :


Meta Tag Deskripsi Blogspot


Sebaiknya gunakan kata-kata yang kuat dan menggambarkan bahwa artikel kamu bermanfaat agar pengunjung dari Google meng-klik judul artikel blog kamu.

Lihat struktur meta tag yang didukung dan dapat dibaca oleh Google disini.


4. STRUKTUR PENGKODEAN

Structure Code SEO

Struktur kode dalam template blogspot haruslah rapih dan tidak membuat loading halaman blog menjadi berat. Banyak template bagus yang bisa kita temukan di Google secara gratis, tapi pastikan untuk selalu mengecek kecepatan loading template tersebut menggunakan PageSpeed Insight jika kamu ingin menggunakannya. Sebab jika loading lebih dari 3 detik tapi artikel kamu belum terlihat, itu berarti loading lambat dan bisa dipastikan bukan template yang cocok untuk di optimasi.

Awal 2018 ini Google Webmaster Blog mengumumkan bahwa kecepatan loading halaman web atau blog akan mempengaruhi kualitas di mesin pencari.

CATAT : Pada sesi pengoptimalan ini kamu perlu sedikit mengerti bahasa web programming language khususnya HTML dan JavaScript.


5. UKURAN FILE GAMBAR

Compress Image With TinyJPG

Gambar pada artikel membuat loading yang lambat jika file gambar memiliki resolusi yang besar dan tajam. Karena setiap pengunjung akan men-download gambar tersebut sebelum seluruh tampilan blog dan artikel dimuat dengan baik.

Kamu harus mengoptimalkan dengan cara mengompres (memperkecil) ukuran file gambar menggunakan tools seperti TinyJPG atau Optimizilla karena dua tool tersebut mampu mengompres ukuran gambar hingga 70% tanpa mengurangi kualitas ketajaman gambar.

Dengan begitu, beban load halaman blog kamu akan semakin kecil dan semakin cepat.


6. NAVIGASI

Navigation Blog SEO

Navigasi sama juga dengan menu blog, semaki rapih navigasi semakin mudah pengunjung mencari informasi di blog kamu. Gunakan penempatan navigasi yang pas di header halaman blog dan tempatkan artikel sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Jangan biarkan isi blog kamu berantakan karena jika terjadi, besar kemungkinan pengunjung akan kebingungan dan akhirnya meninggalkan blog kamu. Begitu juga dengan Googlebot yang bingung saat menjelajahi seluruh isi blog kamu.


7. JENIS HURUF

Google Fonts

Perhatikan jenis huruf (font) pada blog kamu, semakin enak bentuk huruf untuk dibaca semakin suka pengunjung membaca blog kamu.

Luangkan sedikit waktu untuk mengecek website besar dan periksa huruf apa yang mereka gunakan hingga pengunjung tidak merasa terganggu dengan bentuk huruf-nya.

Kamu juga bisa menggunakan huruf dari Google Fonts untuk diterapkan pada blog kamu.

CATAT : Pada sesi penggantian huruf ini kamu perlu sedikit mengedit template blog.


8. RESPONSIVE

Responsive

Responsive adalah sebuah keharusan yang ada pada template blog atau web saat ini. Desain responsive adalah desain yang mendukung berbagai jenis ukuran layar dan situs kamu dapat mencocokan ukurannya secara otomatis.

Blogspot sudah memiliki tampilan responsive default tapi itu tidak mungkin digunakan jika kamu memakai template dari luar.

Bagusnya, hampir semua template blogspot saat ini sudah mendukung fitur responseive. Untuk memastikannya, kamu bisa mengeceknya menggunakan Mobile Friendly Test.


9. SOCIAL SHARING

Social Button

Tombol berbgai atau sering disebut social sharing button adalah fitur tambahan yang bisa kamu tambahkan secara manual jika template blog kamu belum mendukung.

Kamu bisa menggunakan layanan ShareThis atau sejenisnya untuk membuat social sharing button pada blog kamu.

Semakin banyak orang yang berbagi artikel blog kamu ke sosial media, semakin banyak juga pengunjung kamu akan bertambah dan jika artikel benar-benar menarik bisa saja menjadi viral.

 BACA JUGA :  Cara Mujarab Datangkan Banyak Pengunjung Ke Blog


10. MAKSIMALKAN SIDEBAR & FOOTER

Layout Blog

Kebanyakan tata letak blog memiliki sidebar di sebelah kanan atau kiri artikel serta footer yang biasanya terdapat dua sampai empat kolom.

Manfaatkanlah setiap kolom tersebut untuk diisi dengan apa yang dibutuhkan pengunjung. Jangan letakkan apapun yang tidak diperlukan oleh pengunjung.

Beberapa tata letak yang diperlukan oleh pengunjung adalah :

Artiekl terbaru (sidebar)
Artikel terpopuler (sidebar)
Artikel yang memiliki banyak komentar (sidebar/footer)
Kolom berlangganan artikel / newsletter (footer)
Link penting seperti Kontak / Tentang / etc (footer)


11. VERIFIKASI KEPEMILIKAN BLOG

Verifikasi Blog

Beberapa mesin pencarian membutuhkan verifikasi kepemilikan blog atau domain guna untuk mempercepat pengindeksan artikel terbaru.

Ada tiga situs pencarian yang memberikan kamu akses untuk mem-verifikasi kepemilikan blog yaitu :

(i) Google Webmaster
(ii) Bing Webaster
(iii) Yandex Webmaster

Ketiga situs mesin pencari tersebut bisa kamu gunakan untuk mem-verifikasi blog kamu.


12. KIRIM ARTIKEL GOOGLE

Kirim Artikel

Jika blog kamu sudah menerapkan seluruh optimasi SEO diatas, pastikan kamu tidak lupa untuk mengirimkan artikel baru kamu ke Google.

Cukup dengan melakukan Fetch as Google di dalam menu Webmaster dan kirim alamat link artikel.


Fetch as Google


Maka Google akan segera memprosesnya dan biasanya hanya 1 detik artikel yang sudah di optimasi akan muncul di mesin pencari dan siap bersaing.





Itulah 12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google dan mesin pencari lainnya. Sebaiknya kamu memperhatikan tata cara pengoptimalan diatas dengan teliti dan jangan sampai salah dalam pemahamannya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler


DMCA.com Protection Status