Dipantau Pemerintah Di Internet? Jangan Takut, Itu Hoax!

Dipantau Pemerintah Di Internet? Jangan Takut, Itu Hoax!

Beberapa orang awam takut kalau identitas dan data pribadi diketahui oleh pemerintah dan tim cyber kenegaraan. Semua isu itu bukanlah hal yang benar terjadi, tapi hanya kabar burung yang diserbarkan oleh pihak tidak bertanggung jawab yang ingin memperkeruh situasi di internet.

Pesan hoax (bohong) yang mengatakan bahwa aktifitas seluruh warna negara di internet dipantau bahkan di rekam oleh pemerintah bukan baru-baru ini terjadi. Kejadian ini sudah sering terjadi sejak beberapa tahun belakangan ini dan bermula dari Isu Big Data yaitu program pemerintah untuk mengetahui aktifitas seseorang di internet mulai dari chat, browsing, data login dan lain sebagainya.

Sekarang, berita-berita hoax itu mulai bermunculan lagi dan disebarkan melalui pesan berantai di aplikasi chat seperti WhatsApp, BBM dan Line. Jika benar pemerintah memata-matai masyarakat di internet dan program tersebut benar dijalankan, mengapa pemerintah tidak membuat berita pada website resminya? Hal seperti ini harusnya sudah diberitakan sebelum dijalankan karena kita sebagai warna negara juga punya hak untuk melindungi privasi.

Jadi intinya program-program yang mengatas namakan pemerintah untuk memata-matai (spionase) masyarakat di internet hanyalah bualan besar yang tidak terbukti sampai sekarang. Buktinya, masih banyak kejahatan di dunia nyata yang pelakunya berkomunikasi di internet seperti t3rorisme atau perdagangan noark0tika internasional hingga penipu ulung di grup facebook atau situs jual beli.





Program spionase pemerintah bukan tidak mungkin dijalankan, namun butuh biaya super besar untuk menampung hasil record aktifitas seluruh masyarakat di internet. Tim keamanan cyber di jagad maya bukan berarti selalu mengintip seluruh warga negara untuk diketahui aktifitasnya satu-per-satu namun dengan cara yang tentunya lebih canggih dan bertarget.

Ingat, kita di Indonesia hidup dengan berjuta-juta orang yang menggunakan internet setiap harinya. Jadi, sangat kecil kemungkinan bisa dipantau oleh pemerintah. Kecil kemungkinan yang saya maksud bukan berarti tidak mungkin spionase dilakukan pemerintah.

Intinya, jika benar program seperti ini di jalankan, tentu negara kita akan menjadi sorotan dunia karena pemerintahnya sendiri yang memata-matai masyarakat.

Mulai sekarang, berhati-hatilah terhadap isu-isu miring di internet sebab beberapa oknum hanya ingin mencari kekhawatiran agar bisa memanfaatkan momen tersebut untuk hal-hal yang ia inginkan.

Keep save your data and enjoy internet.

INFORMASI : Apabila kamu tetap khawatir di mata-matai oleh sistem spionase pemerintah atau orang jahat seperti hacker, kamu bisa menggunakan Layanan VPN saat ingin berinternet. Sebab, dengan menggunakan VPN koneksi internet kamu akan terenkripsi dan sulit untuk siapapun mengorek informasi dari koneksi yang menggunakan VPN.
Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler


DMCA.com Protection Status