Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Dari Awal Untuk Pemula

Cara Membuat Blog

Sebelum membuat blog kamu harus tau apa itu blog dan apa manfaat dari memiliki blog.

Blog adalah salah satu platform yang memungkinkan kamu untuk berbagi informasi, pengetahuan, ilmu dan semacamnya. Blog berbeda dengan website, dimana blog dimiliki oleh perorangan dan berisi berbagai macam kategori artikel seperti halnya blog ini yang memiliki banyak kategori.

Sedangkan website adalah situs web yang dibangun khusus untuk satu produk atau perusahaan yang bertujuan memperkenalkan produk atau jasa mereka. Di website tidak ada kategori lain selain produk atau jasa mereka.



Manfaat memiliki blog sepertinya sangat banyak apalagi untuk kamu yang hobi menulis dan berbagi ilmu. Menurut beberapa sumber yang saya baca, seorang blogger akan memiliki kepuasan sendiri jika blog-nya ramai dikunjungi dan dibaca oleh banyak orang. Terlagi jaman sudah berbeda dari beberapa puluh tahun lalu, sekarang seorang blogger bisa memiliki penghasilan jauh lebih banyak daripada seorang pekerja kantor.

Ada banyak faktor juga yang mendorong seseorang ingin membuat blog dan mereka semua sudah pasti memiliki tujuannya masing-masing.

Beberapa faktor yang membuat seseorang ingin membuat blog adalah untuk kepentingan belajar, keperluan bisnis, hobi menulis, untuk berbagi informasi, iseng-iseng, bahkan untuk mencari uang.

Dari sini saya asumsi-kan kamu adalah "pelajar" yang ingin membuat blog untuk sekedar belajar karena pada dasarnya jika kamu membaca artikel ini berarti kamu belum tahu sama sekali mengenai blog, betul? Tenang, saya sama seperti kamu yang masih awam dalam dunia blogging, jadi jangan berkecil hati ok.

Hal pertama yang harus kamu mulai sebelum membuat blog adalah mencari ide dan membuka wawasan atau bisa juga melalui imajinasi kamu yang luas. Bukan koneksi internet atau kemampuan coding yang handal. Sebab, seorang blogger akan dituntut untuk memiliki banyak pengetahuan yang ada di kehidupan nyata maupun maya. Kalau seorang blogger kurang pengetahuan, apa isi artikel dalam blog-nya? Ini masih menjadi pertanyaan yang boleh kamu jawab di dalam hati saja.



Seorang blogger profesional juga dulunya seorang pemula (newbie/beginner) yang tidak tau apa-apa, sama seperti saya dan juga kamu saat ini yang ingin mengetahui lebih dalam tentang blog. Karena keinginan dan tekad dia (blogger profesional) maka jadilah dia seorang blogger yang sukses, terkenal dan berpenghasilan luar biasa.

Lanjut, setelah kamu sudah membaca sedikit kata penyemangat diatas untuk motivasi, sekarang saatnya kamu membuat blog yang sesungguhnya dengan menggunakan platform buatan Google yaitu Blogspot. Mengapa harus Blogspot? Untuk seorang pemula blogspot adalah platform yang mudah digunakan, sederhana dan tentunya gratis. Memang ada beberapa platform blog lainnya yang juga gratis, tapi blogspot adalah yang terbaik untuk pemula.

Oke ga usah basa-basi ya, kita langsung masuk ke topik pembicaraan mengenai Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Dari Awal Untuk Pemula. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat blog di blogspot dari awal sampai akhir :

CATAT : Sebaiknya kamu membaca artikel ini sambil mempraktikkan langsung agar mudah memahami dan mengerti.

1. Siapkan akun Gmail

Apabila kamu belum memilikinya, kamu bisa mendaftar di https://mail.google.com dan pastikan akun gmail kamu sudah ter-verifikasi dengan nomer telpon sebab sekarang Google mengharuskan setiap akun gmail di verifikasi dengan nomor telpon bertujuan untuk keamanan.

Sesudah memiliki gmail, kamu bisa langsung melanjutkan ke sesi pendaftaran blog dengan mengunjungi situs blogspot langsung di https://blogspot.com atau https://blogger.com .

2. Login dan Buat Blog

Setelah kamu mengunjungi situs blogspot, kamu diharuskan login ke akun gmail. Jika kamu sudah login dan masuk ke dalamnya, kamu bisa membuat blog baru disana.

https://lh3.googleusercontent.com/-C7y8FCL2jcU/WSIafBbw0TI/AAAAAAAAABY/WiWtydrflw4S0K0nZ4mjRNvakbhd2QLUACEw/Cara%2BMembuat%2BBlog.jpg

Keterangan :
(1) Pada nomer satu adalah judul blog kamu
(2) Nomer dua adalah alamat blog kamu (Link/URL). Hasilnya nanti akan menjadi http://blogsaya.blogspot.co.id
(3) Buat

INFO : Setelah blog berhasil dibuat, maka kamu tidak bisa membatalkan/mengganti alamatnya kecuali membuat baru lagi.

3. Mengatur Blog

Sampai disini kamu sudah memiliki blog lengkap beserta desain template atau temanya. Selanjutnya kamu perlu melakukan pengaturan agar blog kamu menjadi lebih maksimal dan efektif. Pengaturan utama pada blog baru adalah :

a.) Jumlah post di homepgae (jumlah artikel yang tampil di halaman utama blog)

Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera kamu di pengaturan Setelan > Pos, komentar dan berbagi default post di homepage adalah 10. Kamu bisa membuatnya menjadi 7 atau 5 agar homepage blog kamu tidak berat juga tidak terlalu panjang kebawah saat diakses.


b.) Sesuaikan Komentar (hindari tempat komentar blog kau dari spam)

Blogspot memang terkenal dari komentar spam-nya bukan karena pihak blogspot yang membiarkan adanya spam tapi hal ini terjadi karena pemilik blog lalai dalam mengatur komentar. Untuk mengatur komentar yang benar, kamu harus mengaktifkan "moderasi" dan "verifikasi".


Jadi jika ada komentar yang masuk tidak akan langsung ditampilkan pada blog kamu, komentar tersebut harus kamu setujui atau konfirmasi untuk menampilkannya.

4. Memilih Template Untuk Blog

Karena blogspot adalah platform blog gratis, jadi sangat banyak juga template gratisnya dan template-template itu sangat mudah untuk di cari di internet. Beberapa situs penyedia template blogspot gratis yang terkenal adalah Gooyaabi Templates dan IDN Theme . Kamu bisa memilih template disana yang sesuai dengan selera kamu.



Jika ingin tampilan blog kamu seperti blog orang-orang di internet, download salah satu template yang kamu suka dan gunakan pada blog baru kamu. Untuk penggunaan template, setelah kamu berhasil men-downloadnya, ekstrak file arsip template tersebut (karena kebanyakan template diarsip dalam bentuk file RAR atau ZIP). Setelah arsip di ekstrak, maka kamu akan menemukan satu file dengan ektensi XML dimana file tersebut adalah template-nya.


Untuk menggunakan tenplatenya tergolong mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa kali klik saja.

Pertama buka menu Tema pada dasbor blogspot kamu, kemudian liat pojok kanan atas yang bertuliskan Backup / Pulihkan klik browse file lalu pilih file XML-nya dan klik Upload.


Setelah berhasil di upload lihat hasilnya dengan membuka blog kamu. Bagaimana hasilnya?

Tapi jangan terburu-buru, ada satu pengaturan penting yang tidak boleh kamu lupakan setelah mengganti template yaitu navigasi. Kamu bisa mengubah nama-nama dan alamat tujuan navigasi pada Edit HTML template kamu. Caranya ada dengan membuka Tema lalu klik Edit HTML.

Disana kamu akan melihat seluruh kode HTML template yang kamu gunakan. Klik bersamaan CTRL dan F untuk langsung mencari nama dan alamat navigasi pada template baru kamu. Sebagai contoh gambar dibawah ini, perhatikan yang saya beri garis warna hijau. Itulah nama-nama navigasi pada blog ini dan disana juga kamu bisa mengubah namanya serta alamat tujuannya saat di klik.

Navigasi Blogspot

Saat ini sudah hampir semua template blogspot sudah mendukung fitur responsive dan kamu harus non-aktifkan fitur responsive default bawaan blogspot. Kenapa harus? Karena jika fitur responsive default dari blogspot tidak di non-aktifkan, maka tampilan blog kamu tidak ada perubahan jika di akses melalui smartphone.

Untuk non-aktifkan fitur responsive bawaan blogspot cukup mudah, buka Tema dan klik ikon bergambar gir tepat dibagian bawah tampilan seluler.

Nonaktifkan Responsive Default

Kemudian ubah menjadi Tidak.


Sekarang blog kamu sudah benar-benar sama persis dengan template atau tema yang kamu pilih dan gunakan. Mulai dari tampilan desktop hingga tampilan di smartphone semua sudah persis.

5. Menulis Artikel


Menulis artikel pada blogspot bisa dilakukan dengan dua versi yaitu Compose dan HTML. Untuk compose kamu sangat mudah menemukan alat-alat seperti halnya di Word mulai dari formatting text, insert gambar, membuat table, list dan banyak lagi. Berbeda jauh dengan versi HTML dimana kamu harus melihat kode yang kamu tulis tanpa adanya gambar dan pemilihan formatting text. Semua dilakukan dengan penulisan kode yang tidak ingin menyentuh alat dari compose.

Bagi kamu yang baru saja membuat blog dan baru belajar, gunakanlah compose agar mempermudah kamu dalam penulisan artikel.

PERINGATAN : Saat kamu sedang dalam posisi menulis sebuah artikel dengan mode compose, jangan sesekali mengubahnya ke HTML atau sebaliknya sebab artikel yang kamu buat otomatis akan diubah ke mode HTML dan tidak akan bisa di kembalikan kecuali kamu membuatnya dari awal.
Dalam penulisan kamu juga bisa menggunakan Label yaitu sebutan lain dari kategori. Label pada blogspot diartikan sebagai kategori jadi kamu bisa mengisi Label dengan Kategori sesuai artikel yang kamu tulis. Misalnya kamu sedang menulis artikel tentang ponsel maka pada bagian label bisa kamu isi dengan Gadget atau Mobile Phone sesuai dengan artikelnya.



Sedangkan Link adalah alamat langsung ke artikel yang kamu tulis. Misalnya kamu membuat judul artikel Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Dari Awal Untuk Pemula maka link tersebut akan otomatis menyesuaikan dengan judul artikelnya.

http://www.carauntukmembuat.com/2017/05/panduan-lengkap-cara-membuat-blog-dari-awal-untuk-pemula.html

Jika kamu menyesuaikan link-nya kamu bisa sesuaikan sendiri dengan yang kamu inginkan agar lebih sederhana dan pendek contoh :

http://www.carauntukmembuat.com/2017/05/panduan-membuat-blog-untuk-pemula.html


Sekarang kamu sudah punya blog sendiri, sudah memiliki tampilan yang sesuai selera dan sudah bisa menulis artikel. Itu semua adalah langkah paling dasar untuk membuat blog di blogspot atau blogger.

Apabila kamu sudah mengerti seluruh cara yang saya berikan diatas, selanjutnya kamu bisa maju selangkah dengan mempelajari teknik menulis artikel blog yang menarik dan cara meningkatkan pengunjung ke blog baru.

Selanjutnya, kamu bisa ke langkah yang lebih maju untuk mengoptimalkan blog kamu, jangan sampai kamu sudah capek-capek buat blog dan nulis artikel tapi tidak ada yang baca. Nah untuk cara mengoptimalkan blog serta mendatangkan pengunjung dari mesin pencari ke blog, kamu perlu melakukan beberapa langkah yang disebut Optimasi SEO dan bisa kamu baca, pelajari dan praktikan langsung di blog kesayangan kamu.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

1 komentar:

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status