Cara Membuat Website Dengan WordPress Self-hosted

Cara Membuat Website Dengan Wordpress

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer dan digunakan sebagai mesin blog maupun website oleh kebanyakan individu, organisasi, bahkan instansi pemerintahan yang tidak ingin repot-repot membut website dari awal karena dengan WordPress semua bisa dilakukan secara instan.

WordPress sendiri dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database default (juga bisa dikembangkan ke atabase lain). Selain blog dan website, WordPress juga mulai digunakan sebagai CMS untuk membangun berbagai macam jenis website seperti portal berita, toko online, dan banyak lagi.



Karena kemudahannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, WordPress menjadi pilihan terbaik bagi sebagian orang yang baru belajar membangun blog atau web menggunakan PHP dan Database.

Sebelum memegang nama Wordpres, B2 atau cafelog adalah nama lain dari sebelum terbentuknya nama WordPress. B2 dan cafelog sendiri dikembangkan oleh Michel Valdrighi dan nama WordPress diusulkan oleh teman Matt Mullenweg, yaitu Christine Selleck.

Saat ini WordPress menjadi platform CMS bagi beberapa situs web terkenal (meskipun sebagian besar hanya digunakan pada sub-domain atau sub-kategori) seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, PlayStation, Facebook dan banyak lagi lainnya.

Dengan menggunakan WordPress kamu dapat dengan mudah membangun sebuah web atau blog dalam waktu yang sangat singkat. Cukup beberapa klik kamu bisa meng-install WordPress langsung dari kontrol panel hosting.

Catat : WordPress self-hosted berbeda dengan WordPress hosted, jika WordPress self-hosted dapat kamu download CMS-nya melalui situs resmi wordpress.org sedangkan Wordpress hosted tidak perlu kamu download, hanya mendaftar di wordpress.com dan langsung bisa digunakan seperti halnya Blogger.


Apa sih perbedaan WordPress self-hosted dan WordPress hosted?


Pertanyaan seperti ini sebenarnya sangat umum bagi seorang yang baru mengenal dunia CMS atau blogging sebab belum tahu apa arti dari kata self-hosted dan hosted.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, sudah saya siapkan perbedaan atau perbandingannya dibawah ini.


Kelebihan WordPress Self-hosted

Dapat dimodifikasi sesuai keinginan
Dapat menggunakan berbagai macam jenis tema
Dapat menggunakan berbagai macam jenis plugin
Dapat merubah WordPress yang awalnya blog menjadi website
Dapat digunakan untuk membuat online shop
Dapat digunakan untuk membuat situs berita
...banyak lagi.


Kekurangan WordPress Self-hosted

Memerlukan hosting dan domain
Perlu pemahaman mengenai bahasa pemrograman PHP dan MySQL
Perlu pemahaman mengenai fitur WordPress self-hosted itu sendiri
Perlu memperhatikan keamanan


Kelebihan WordPress Hosted

Hanya mendaftar dan blog bisa langsung digunakan
Tidak memerlukan hosting atau domain
Tidak memerlukan keamanan


Kekurangan WordPress Hosted

Tidak dapat dimodifiksi sesuai keinginan
Tidak dapat menggunakan tema dari luar
Tidak dapat menggunakan plugin dari luar
Tidak dapat merubah WordPress menjadi website atau toko online


Itulah sedikit perbedaan antara WordPress self-hosted dan WordPress hosted. Kamu tentu bisa memahami perbedaan tersebut dengan melihat kekurangan dan kelebihan diatas.

Apabila kamu sudah memahaminya? Jika iya, mari kita melanjutkan ke inti pembicaraan yaitu Cara Membuat Website Dengan WordPress Self-hosted.

Agar kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini, sebaiknya kamu sudah memiliki hosting dan domain yang terhubung. Jika belum memilikinya, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai Hosting Terbaik Indonesia. Disana kamu bisa menyewa hosting beserta domain-nya sekaligus. Tidak perlu repot untuk menyeting DNS jika kamu menyewa hosting dan domain di satu seller yang sama.



Oke saya anggap kamu sudah memiliki hosting dan domain yang siap untuk digunakan. Berikut adalah caranyauntuk menggunakan WordPress self-hosted.


Cara Membuat Website Dengan WordPress Self-hosted


1.  Login ke kontrol panel hosting kamu (data login biasanya dikirimkan melalui email setelah kamu selesai menyewa hosting dan domain).


Kontrol Panel Login


2.  Setelah login berhasil, maka kamu akan melihat tampilan kontrol panel seperti gambar dibawah ini (tergantung kontrol panel yang digunakan).


Kontrol Panel


3.  Arahkan kursor ke menu Softaculous Apps Installer dan klik ikon logo WordPress.


Softaculous Apps Installer


Maka kamu akan dibawa kehalaman installer.


Install Wordpress Dengan Softaculous


Penting : Pada bagian In Directory harus dikosongkan jika kamu ingin meng-install WordPress pada root folder domain utama, contoh www.situsbarusaya.com tapi jika kamu ingin meng-install WordPress di sub-folder blog seperti www.situsbarusaya.com/blog/ maka kamu harus mengisi In Directory dengan blog.

4.  Isi data-data sesuai dengan yang kamu inginkan, cukup ini username dan password admin saja yang lainnya biarkan standar jika kamu tidak memahaminya.


Install Wordpress Dengan Softaculous


5.  Klik install dan tunggu beberapa saat hingga halaman menampilkan pesan sukses ter-install.

Horeee... Sekarang kamu dapat mengakses domain kamu dan lihatlah, WordPress sudah ter-install.

Untuk halaman login admin WordPress baru, kamu bisa mengaksesnya di alamat www.situsbarusaya.com/wp-amin/.

Saatnya kamu mulai untuk menyesuaikan pengaturan dari WordPress itu sendiri sesuai dengan selera kamu. Umumnya orang akan langsung mencari Tema WordPress Terbaik atau dari direktori tema WordPress dan menggunakannya tanpa perlu sentuhan koding.

Saya rasa kamu bisa melakukan cara diatas kurang dari 30 menit jika kamu benar-benar baru menggunakan WordPress self-hosted dan 5 menit jika kamu sudah pernah melakukan sebelumnya.

Begitulah Cara Membuat Website Dengan WordPress Self-hosted. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kritik, jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar.

Butuh bantuan install atau kustomisasi WordPress? Hubungi saya melalui menu Contact di blog ini.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status