Cara Berhenti Berlangganan Internet Telkom IndiHome Terbaru

Cara Berhenti Berlangganan Internet Telkom IndiHome Terbaru

Beberapa hari lalu saya sempat menyudahi layanan internet dari provider Telkom karena pindah pekerjaan. Sebelumnya, saya sudah lebih dari dua tahun menggunakan layanan internet kabel 3Mbps yang biaya perbulannya hanya 162 ribu saja.

Sempat terpikir untuk memindahkan ke tetangga karena sayang banget masih pakai internet kabel yang dual play (internet dan telpon) dan bulanannya juga sangat murah. Tapi setelah saya pikir-pikir, takut nantinya repot kena kendala ini itu, akhirnya saya sudahi layanan internet tersebut.



Sebelum berhenti berlangganan, saya terlebih dahulu mencari-cari informasi di Google mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi pemohon untuk berhenti berlangganan. Di beberapa situs web ada yang mengatakan ada tagihan tak terduga yang dibebankan ada juga yang bilang harus bawa ini itu dan tanda tangan ini itu. Cukup mengerikan memang, tapi kalau tidak dicabut, saya akan terus dibebankan biaya bulanan meski tidak menggunakan internet tersebut.

Karena bingung di Goolge penjelasan mengenai penghentian langganan internet Telkom simpang siur, akhirnya saya bertanya ke Customer Service Telkom di Facebook mengenai cara berhenti berlangganan internet Telkom yang benar.

Berhenti Langganan Internet Telkom

Dan apa yang di sampaikan oleh CS cukup membuat hati lega karena hanya diperlukan beberapa data yaitu foto KTP dan foto pembayaran terakhir. Ternyata yang ada di Google tidak semua benar, atau memang tergantung domisili.

Kebetulan saya memang belum membayar tagihan bulanan khususnya bulan ini Agustus 2017. Akhirnya saya pergi ke Plasa Telkom terdekat untuk membayar biaya bulanan tertanggal 29 Agustus 2017 lewat 9 hari dari biasanya.

Setelah pembayaran beres dan saya mendapatkan struk pembayaran LUNAS yang di cap langsung dari Plasa Telkom.

Lunas

Sesegera mungkin saya kirim beserta foto KTP ke CS Telkom untuk verifikasi. Kemudian CS bertnya lagi mengenai no telepon dan email yang saya gunakan untuk menaftar pertama kali.

Berhenti Langganan Internet Telkom

Setelah di verifikasi, CS akan meneruskan laporannya ke kantor pusat untuk memberikan tiket pencabutan. Proses ini cukup cepat, hanya beberapa menit saja tiket (kode pencabutan) dikirim oleh CS ke inbox Facebook dan saya disuruh untuk menunggu  proses selanjutnya.

Tidak memakan waktu cukup lama, esoknya saya di telpon oleh CS Telkom untuk memastikan pencabutannya. Beliau bertanya :

"apa sudah dipertimbangkan matang-matang?"

Saya jawab :

"YA"

dan beliau langsung menghentikan layanan internet saya.



Lega dan sedikit sedih karena internet murah (internet kabel) yang sudah tidak bisa didapatkan lagi baru saja saya hentikan langganannya. Hari gini masang internet kabel? Mana biasa ya kan hehe.

Lanjut, malamnya saya hubungi lagi CS Telkom di Facebook :

Berhenti Langganan Internet Telkom

"min tdi siang udh di tlpn dri telkom untuk konfirmasi pencabutan, n sekarang internet udh redirect ke halaman isolir apa sudh selesai?"

CS menjawab :

"Malam Pak Sogellizer, kami cek untuk layanan internetnya pada hari ini sudah tercabut. Apakah ada yang ingin ditanyakan? segera infokan kembali. Tks -Negi"

Beliau tidak menjawab selesai atau belum, akhirnya saya tanya lagi :




"berarti sudah selesai ya min?"

Barulah pesan yang disampaikan cukup menegangkan, yaitu :

"Benar, Pak Sogellizer. Namun nantinya masih ada tagihan bulan September karena layanan baru tercabut per hari ini. Trims -Fida"

Agak shock bacanya, karena internet sudah diputuskan sekarang 31 Agustus 2017, tapi saya masih harus membayar bulan September. Karena bingung, akhirnya saya tanya lagi :

"oh jadi masih ada lagi min? kira-kira berapa biaya terakhirnya? apa full sebulan september?"

CS menjawab :

"Pak Sogellizer, kami infokan untuk billing bulan berjalan keluar pada tanggal 5/09/2017. Tks -Isak"

Itulah pesan terakhir yang dikatakan oleh CS Telkom, dan saya tidak membalas lagi karena saya akan membayarnya pada bulan september nanti dan berharap tuntas!

Memang tagihan internet jatuh pada tanggal 5 samapi 20 dan kemarin saya membayar ditanggal 29 yang artinya memang sudah memasuki catatan baru. Saya tidak kecewa, karena saya tahu bahwa lewat dari tanggal 20 Telkom sudah membuat catatan bulan selanjutnya.

Begitulah Cara Berhenti Berlangganan Internet Telkom IndiHome Terbaru yang benar. Tidak serepot yang saya baca di Google ternyata. Cukup beberapa langkah sederhana saja.

Informasi : Jika kamu ingin menghentikan layanan dari Telkom namun merasa bingung dengan artikel ini, sebaiknya bertanya langsung ke Customer Service Telkom yang aktif 24 jam di Facebook. Bertanyalah dengan sopan agar proses yang dijalankan lebih cepat dan sama-sama dimudahkan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

37 komentar:

  1. Terus apa tetap harus ke plasa telkom untuk mengembalikan perangkat atau ada petugas yang datang ke rumah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi tidak ditagih pengmbalian perangkat, juga tidak ada petugas yang datang menagih.

      Sudah lebih dari 3 bulan kejadian ini. Jadi saya anggap tidak ada tagihan apa2 setelah saya lunasi pembayaran terakhir.

      Hapus
    2. Pak maaf mau tny. Jd aalat milik kita ya. Gak diambil sm org telkom

      Hapus
    3. Kemungkinan ya, kemungkinan tidak. Seperti yang sudah saja jelaskan diatas.

      Hapus
  2. Maaf mau tanya, jadi misal saya ingin berhenti berlangganan tgl 27 lah misal, apakah tagihan bulan berikutntnya itu ditagih full atau prorata sampai tgl 5 saja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak full, tagihan mulai dari tanggal 20 sampai tanggal penghentian / terisolir. Ada kemungkinan berbeda domisili, beda juga sistemnya.

      Hapus
  3. Maaf pak mau tanya , jadi bapak cuma memutuskan berlangganan lewat cs ya pak ? Soalnya saya jua memutuskan berlangganan lewat cs dari bulan januari , tapi bulan ini (maret ) saya tetap ditagih untuk membayar tagihan bulan februari . Saya jadi bgung harus ke graha telkom atau tidak ya untuk pencabutanya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Request pemutusan hanya melalui CS, tapi saya ke gerai untuk dapatkan struk pembayaran terakhir yang sudah saya jelaskan diatas.

      Kalau boleh tau pemutusan di bulan Januari itu ditanggal berapa?

      Sebaiknya ke gerai langsung untuk dapatkan penjelasan lebih rinci.

      Hapus
  4. misi pa..klo saya udh ga bayar brp bulan trus rencananya mau diputus. nah yg tagihan brp bulan itu harus dibayar dlu atau tdk ya? buat syarat pemutusannya?

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya bermanfaat sekali

    BalasHapus
  6. Saya mau tanya pak, jadi saya baru pasang indi tanggal 15 maret, rencana saya mau buat wifi berbayar 3000 sepuasnya, tpi sampek saat ini blom ada yg wifi an haha
    Jadi jika mau bernhenti gmana ya pak?
    Biar jangan ada tagihan2 lain?
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya disudahi pas sebelum tanggal 15 bulan depan, datang langsung ke gerai aja karna belum sebulan.

      Hapus
  7. mau bertanya mas, kalo misalnya kita sudah brhenti berlangganan dan sewaktu-waktu kita ingin berlangganan lagi, apakah bisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri belum pernah gan berlangganan kedua kali.

      Kemungkinan kalau agan berhentinya dengan mengikuti prosedur, itu bisa berlangganan lagi. Tapi kalau tidak bisa, coba pakai data diri lain yang masih keluarga serumah.

      Hapus
  8. Mas bro, saya mau cabut indihome nih 10 MB+TV.. naik terus parah, diam2 ISP ni bisa jadi penghisap darah kita2, baru aja februari naik, skrg naik lg bulan april pas di cek tagihannya.. udh 3 x kenaikan.. mau tak cabut aja... sy rencana masih mau pakai sampai akhir mei. juni udh full stop inetan... sy harus k plasa telkom bilangnya cabut indihome d tgl brp ya.. Makasih mas bro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baiknya sebelum tanggal 15, paling lambat tanggal 19 bulan Mei mbak.

      Hapus
  9. Mohon bantuanny mas, rencana tanggal 26 april ini saya mu berhenti berlangganan,apa yg bulan mei.nya saya harus membayar juga????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah lewat dari tanggal 20, Telkom sudah buat catatan baru bulan berikutnya. Jadi di 26 April, agan udah masuk ke tagihan bulan Mai.

      Hapus
  10. Ini murah amat ya biayanya saya sampe 300k loh itu pun 1mb doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu saya masih pakai internet kabel gan, bukan fiber.

      Hapus
  11. Biar ga kena biaya bulan selanjutnya enaknya saya berhenti di bulan berapa trus tanggal berapa ya mas? dan Saya masih mau makai sampai akhir bulan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sampai akhir bulan ini sudah kena biaya bulan Juni. Kecuali sebelum tanggal 20 Mai sudah diberhentikan, itu ga kena biaya bulan Juni.

      Hapus
  12. mas mau tanya, kalau pemutusan diatas tgl 20 apa pembayaran bulan selanjutnya akan full seperti bulan sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya ngga gan, tapi ada kemungkinan beda harga kalau beda wilayah / ada pengubahan peraturan dari Telkom.

      Biar lebih jelas bisa datang dan tanya-tanya ke gerai resmi Telkom terdekat di wilayah agan.

      Hapus
  13. Gab, sya mau berhenti make. Nah mslahnya, sya gk byr2 dri tgl 20 mei smpe skrng dan gk nghbngi si telkom. Lalu, tdi sya ditelpon hrs byr double, knpa itu gan? Pdhl internet sdh terisolir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau berhenti harus hubungi pihak Telkom. Kalau agan ga menghubungi, itu malah agan yang salah. Kemungkinan data agan disana masih berstatus pengguna dan sudah pasti kena tagihan terus.

      Soal biaya dobel itu, mungkin yang bulan April agan belum bayar ditambah biaya denda dari tanggal 20 Mei sampai sekarang Juni karena memang ada biaya denda gan, dihitungnya perhari kalau agan ga bayar sesudah jatuh tempo.

      Hapus
  14. terimakasih sudah sharing min.. jazakallah khairan

    BalasHapus
  15. ijin bertanya bang, bang klo misalnya udh tidak berlangganan barang barang seperti router + tv kabelnya di balikin lagi oleh kita atau ada petugasnya yg datang kerumah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya kalau sudah berlangganan lebih dari satu tahun ga di ambil gan. Saya sendiri ga diambil dan ga ada petugas yang datang ke rumah.

      PS: Tapi bisa juga beda domisili, beda peraturannya.

      Hapus
  16. Ijin tanya pak. Ini kan saya udah cabut Indihome nya, alat nya udah diambil petugas. tapi status nya masih isolasi, itu masih perlu tanda tangan diatas materai juga kah? Thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau alat2nya sudah di ambil, berarti sudah fix berhenti langganan, udah ga ada tanda tangan lagi gan.

      Hapus
  17. mau tanyagan,saya Baru tanggal 8 juni pemasangan Indihome,niat nua saya mau di jualin ke temen 3000 per hari,eh gak ada yang nge wifi"sampe sekarang,nah niat saya mau berhenti di bulan ini bisa g ak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masangnya baru terhitung hari ya.

      Kalau itu saya belum tahu, tapi agan bisa tanya langsung ke CS Telkom di FB atau situs resmi Telkom.

      Hapus
  18. Kak berarti kalau saya memutuskan untuk berhenti berlangganan lebih baik di bulan selanjutnya ya kak. Jangan lewat tgl 20 intinya

    BalasHapus

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status