Apa Itu Facebook Instant Article Dan Keuntungannya?

Facebook Instant Article

Facebook Instant Article adalah layanan yang baru-baru ini dirilis oleh Facebook di Indonesia. Layanan ini sebenarnya sudah cukup lama dirilis dibeberapa negara, dan sampailah sekarang dinegara kita.

Sesuai dengan namanya, Instant Article berfungsi untuk mempermudah orang yang ingin membaca artikel di Facebook tanpa harus keluar dari aplikasi Facebook. Salah satu gagasan yang bagus dari Facebook untuk penggunanya termasuk web developer dan blogger.

Kemudahan dan kecepanan pemuatan adalah tujuan utama Facebook menyediakan layanan Instant Article. Menurut keterangan di situs Facebook, artikel yang dimuat menggunakan Instant Article akan 7X - 10X lebih cepat dibanding artikel aslinya di web.



Beberapa situs web terkenal sudah menggunakan layanan ini seperti National Geographic, NBC, CNN, dll. Di Indonesia masih sedit situs yang sudah terintegrasi dengan FB Instant Article, entah karena web developer-nya yang malas ngoprek atau memang tidak ingin menggunakannya.

Diberbagai forum diskusi web developer dan blogger, sudah sering dibahas mengenai Instant Article buatan Facebook ini tapi karena memang baru di Indonesia jadi hanya segelintir orang yang mau meluangkan waktu mengikuti perkembangan ini.


Keuntungan Menggunakan Facebook Instant Article

Selain pembaca dengan mudahnya mengakses informasi di artikel blog atau web yang sudah menggunakan Instant Article, developer dan blogger juga bisa menghasilkan income (pendapatan) dari layanan ini.

Bagai mana caranya gan?

Menutut yang saya baca di internet, khususnya di forum terkenal seperti kaskus dan adsid, kita bisa membuat puluhan bahkan ratusan artikel dalam bentuk Instant Article dan menerapkan iklan di dalam artikelnya. Iklan tersebutlah yang akan menghasilkan income untuk developer dan blogger.

Iklan khusus yang disediakan oleh Facebook ialah Audience Network yang mana akan menampilkan jenis-jenis iklan pada artikel yang dikemas dalam Instant Article dan iklan tersebut akan tampil sesuai dengan isi artikel (matched). Periklanan ini sebenarnya mirip dengan periklanan milik Google, yaitu Google AdSense.

Selain iklan Audience Network, di dalam artikel yang menggunakan Instant Article juga bisa di sisipkan iklan dari pihak luar seperti Google AdSense. Jadi, developer dan blogger  bisa memilih iklan mana yang ingin diterapkan pada artikel tersebut, apakah Audience Network atau Google AdSense.



Selain periklanan, kamu juga bisa bersahabat dengan para pembaca setia blog atau web kamu karena mempermudah mereka dalam membaca artikel.Tahu sendiri, saat ini mungkin hampir seluruh pengguna internet memiliki akun Facebook dan hal inilah yang bisa mendongkrak popularitas nama (brand), blog, website, merek atau usaha kamu di Facebook.


Bagaimana Cara Mendaftar Dan Menggunakan FB Instant Article?

Untuk daftar FB Instant Article, kamu hanya diperlukan syarat utama yaitu "memiliki halaman" atau dalam bahasa inggris disebut fanspage. Halaman inilah yang nantinya akan dijadikan sarana untuk berbagi artikel yang sudah di integrasikan dengan Instant Article.

Halaman harus memiliki beberapa like dan akun Facebook yang ingin mendaftar harus berperan sebagai admin. Jika kamu sudah memiliki halaman dengan beberapa like (banyak lebih bagus) bisa langsung mendaftar ke FB Instant Article di alamat https://www.facebook.com/instant_articles/signup.

Maka kamu akan dibawa ke halaman pemilihan fanspage dan dilanjut dengan tahapan-tahapan berikutnya hingga sampai menu untuk memposting artikel, tentunya artikel yang sudah diintegrasikan dengan Instant Article.


Pemilihan Halaman Instant Article
Pemilihan Halaman Untuk Dijadikan Instant Article


Akses Ke Instant Article
Popop Lanjutan Ke Instant Article

Apabila kamu mengklik Lanjutkan, maka akan langsung beralih ke halaman konfigurasi Instant Article.


Konfigurasi Instant Article
Konfigurasi Instant Article


Tepat dibawah konfigurasi, ada beberapa panduan penting ya harus kamu baca dengan cermat dan teliti.


Penyiapan Awal Instant Article
Penyiapan Awal Instant Article


Tidak lupa juga adanya menu peralatan untuk developer dan blogger. Jika kamu salah satu dari itu, mungkin tidak heran jika melihat alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat artikel Instan Article.


Alat Instant Article
Alat Instant Article


Seluruh proses ini membutuhkan waktu, dan pada tahap pertama artikel yang ingin kamu terbitkan dalam bentuk Instan Article harus di verifikasi secara manual oleh tim Facebook, jadi harus menunggu sedikitnya 3-5 hari kerja.

Jika lima artikel pertama kamu sudah diijinkan untuk diterbitkan, maka artikel keenam dan selanjutnya tidak perlu menunggu verifikasi dalam arti kamu sudah lolos di tahap verifikasi dan sudah menjadi penulis sah Instant Article.

INFORMASI : Yang ingin mengetahui cara setting Instant Article untuk Blogger bisa mengikuti panduan yang diberikan pada halaman ini. Sedangkan pengguna WordPress, Drupal, dan situs yang dibangun dengan PHP bisa menggunakan plugin Instant Article Partner disini. Jangan lupa untuk memeriksa aturan penggunaan di halaman resmi Facebook Instant Article.

Tertarik untuk membuat blog atau web kamu menjadi Instant Article?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar