Apakah Ngeblog Bisa Bikin Kaya? Ini Penjelasannya

Apakah Ngeblog Bisa Bikin Kaya

Ngeblog adalah satu kegiatan menulis dan berbagi informasi ke internet publik secara luas. Seorang blogger biasanya menghabiskan banyak waktu di depan komputer atau laptop hanya untuk menulis sebuah artikel. Banyak orang bertanya-tanya Apakah Ngeblog Bisa Bikin Kaya?

Pertanyaan seperti itu sangat lumrah dan seringkali saya jumpai diberbagai forum diskusi dan selalu saja menjadi perdebatan karena banyak blogger pro kontra.



Menurut saya pribadi, orang yang membuat artikel asal-asalan, akan beranggapan bahwa ngeblog adalah satu kegiatan yang membuang waktu, pikiran dan tenaga. Tapi, orang yang serius menulis artikel untuk blog-nya beranggapan bahwa ngeblog adalah cara berbagi pengetahuan dan kaya atau tidak bukanlah masalah baginya.

Jika disimpulkan, serius atau tidaknya seorang blogger keduanya memiliki arti yang sama yaitu TIDAK MENJAMIN KAYA.

Tidak bukan berarti tidak mungkin, tapi jika dikaji lagi, orang yang ngeblog dengan serius dan selalu berbagi informasi bermanfaat tanpa memikirkan jadi kaya atau tidak, sama dengan orang yang sukarela menolong tanpa meminta imbalan.

Biasanya, orang-orang seperti ini tidak begitu menghiraukan pendapatan dari internet meski sebesar apapun yang ia dapat. Berbeda dengan orang yang ngeblog asal-asalan, biasanya orang ini akan selalu menyampaikan apa yang ia dapat ke publik (pamer). Ini salah satu bukti sebenarnya bahwa orang yang ngeblog dengan serius sebenarnya bisa jadi kaya, tapi karena mereka tidak memamerkan apa yang didapat, jadi sulit untuk menilai berapa penghasilan mereka sebenarnya.

Keseriusan dalam menulis artikel bagi orang yang serius ngeblog adalah hobinya, meski tidak tahu pasti berapa timbal balik dari kebaikannya yang didapat.

Blogger yang benar-benar serius membuat blog dan sering menulis artikel menarik tentu sangat diburu oleh pengiklan di internet. Kebanyakan justru menghubungi langsung pemilik blog tanpa harus melalui situs periklanan seperti AdSense. Berbeda dengan orang yang ngeblog asal-asalan, orang yang ngeblog asal-asalan bahkan mendaftar AdSense pun akan terasa sangat sulit baginya.

Selain mendapatkan income dari periklanan, blogger yang serius bisa mendapatkan keuntungan dari blognya yang memiliki kualitas dari segi tampilan maupun konten / artikel yang disajikan. Berikut adalah beberapa cara paling umum blogger serius untuk mendapatkan income :


PEMASARAN PRODUK
Karena seorang yang hobi ngeblog selalu memperhatikan kualitas tulisannya, jadi akan banyak pengiklan produk yang melirik dan ingin nama produknya di ulas (review) dalam bentuk artikel. Dengan begitu, blogger serius akan mendapatkan income yang tidak sedikit jika blog-nya sudah memiliki banyak pengunjung (visitor/traffic).


PERIKLANAN
Kalau blogger yang nulis artikel asal-asalan atau bahkan artikel copas, sulit baginya untuk mendaftar di situs periklanan terkenal. Lain lagi untuk blogger yang serius, biasanya hanya dalam waktu yang singkat akan mudah baginya mendaftar di situs periklanan. Bahkan blog yang dimiliki blogger serius akan menampilkan iklan-iklan yang memiliki nilai klik mahal (matched). Tapi mereka tidak akan memperdulikan itu, sebab niatnya hanya menulis dan terus menulis.



PROGRAM AFFILIASI
Salah satu program yang paling diminati oleh blogger serius adalah affiliasi (referral). Program ini mudah bagi blogger yang serius ngeblog untuk mendapatkan banyak affiliasi. Kebanyakan blogger serius menggunakan program affiliasi dari produk-produk yang sulit dijual (produk mahal), namun mereka bisa menjualnya dengan mudah berkat artikel yang mereka yang tulis dengan SERIUS dan memiliki nilai kepercayaan tinggi. Terlagi jika mereka menerapkan teknik oprimasi SEO yang tepat pada blog-nya.


JASA PENULISAN ARTIKEL
Yang satu ini sepertinya masih jarang diminati oleh blogger yang serius dalam menulis karena harga sebuah artikel tidak begitu mahal dan mereka justru merasa tulisannya tidak dihargai. Kebanyakan memilih menulis untuk blognya sendiri. Tapi ada juga blogger serius yang menyediakan jasa penulisan artikel, yang tentunya dengan harga sebanding dengan kualitas tulisannya. Biasanya setiap artikel yang memiliki kuakitas baik (Grade A) bisa dihargai Rp 100.000 per artikel. Sedangkan untuk artikel dengan permintaan spesifikasi khusus (Grade A+) bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per artikelnya. Jadi jangan heran kalau sebuah artikel bisa menjadi sangat mahal kalau yang menulisnya adalah seorang blogger serius / profesional.


Apakah kamu masih bingung dari penjelasan diatas?

Saya pikir sudah jelas, ngeblog bagi blogger serius adalah hobi serta lahan uang (meski mereka tidak mengakuinya). Ini sama artinya bisa kaya hanya melalui tulisan. Dan untuk blogger yang hanya sekedar ikut-ikutan seperti saya, mungkin masih jauh dari kata "KAYA".

Semua hanya soal pandangan pribadi masing-masing, kaya atau tidaknya menjadi seorang blogger.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar