Cara Analisis Keyword Menggunakan Google Search Console (GSC) Terbaru

Cara Analisis Keyword Menggunakan Google Search Console (GSC) Terbaru

Google Search Console (GSC) beberapa hari yang lalu meluncurkan versi terbarunya dengan gaya yang lebih sederhana dan mudah dipahami pengguna. Google selaku pemilik dan pengelola mesin pencari memberikan antar muka yang lebih fresh tersebut untuk membantu penggunanya menganalisis seluruh akrifitas web atau blog di mesin pencari termasuk untuk menganalisis sebuah kata kunci atau sering dikenal dengan sebutan keyword.

Keyword atau dalam bahasa Indonesia berarti kata kunci, dalam istilah dunia webmaster atau blogger menandakan seberapa akurat konten yang mereka buat hingga membawa pengunjung masuk ke dalam halaman web atau artikel melalui hasil pencarian google. Keyword yang bagus sangat menentukan kemajuan dari web atau blog, dan itu sangat perlu untuk di analisis.



Tujuan penganalisisan sendiri tidak lain dan tidak bukan, adalah menargetkan sebuah kata kunci ke halaman web atau artikel yang biasanya dipadukan dengan Teknik Penulisan Artikel.

Jika penganalisisan sudah dilakukan, maka akan lebih mudah untuk mencari mana konten yang paling sering di cari oleh pengguna di google dan seberapa baik situs kita di tanggapi oleh pengguna (di klik).

Ya, terkadang memang sulit untuk memasukkan halaman web atau artikel ke posisi urutan pertama di hasil pencarian (search result) google karena harus bersaing dengan website-website besar yang sudah lebih dulu menerapkan keyword tersebut.

Tapi jangan putus asa, masih banyak cara untuk merebut posisi sebuah kata kunci jika kamu sudah mempelajari dan menerapkan Teknik Optimasi SEO pada halaman web atau blog.

Oke kita lanjut ke cara pengalanisisan sebuah keyword pada blog atau website kita sendiri.



Cara Analisis Keyword Menggunakan Google Search Console (GSC) Terbaru


Pertama-tama kamu harus sudah terdaftar dan mendaftarkan situs kamu di Google Search Console atau Google Webmaster. Jika belum mendaftarkannya, silahkan baca artikel ini untuk mendaftarkan alamat web atau blog kamu di GSC.


1. Buka halaman Google Search Console di alamat https://search.google.com/search-console kemudian login ke akun Gmail, tapi jika sudah login kamu langsung berada pada halaman awal GSC yang baru.


Halaman Awal GSC
Halaman Awal GSC


2. Selanjutnya pilih nama domain web atau blog kamu di sudut kanan atas, tepatnya pada menu drop-down (yang saya beri tanda panah hijau). Maka kamu akan langsung disajikan halaman statistik seperti gambar dibawah ini.


Google Search Console Beta
Statistik Website Di Google Search Console


3. Jika sudah tampil, kamu bisa melihat kata kunci yang membawa pengunjung ke halaman web atau artikel pada link BUKA LAPORAN (lihat gambar step no 2 tepat diatas statistik).


4. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman dimana seluruh kata kunci paling akurat yang membawa pengunjung masuk ke web atau blog kamu.


Google Search Console Baru
Laporan Statistik Kata Kunci Di Google Search Console

INFORMASI : Kamu bisa menyetel durasi penampilan kata kunci melalui menu filter yang berada persis di atas jejeran kata kunci. Gambar diatas ini saya filter menjadi seminggu terahkir.


5. Terakhir adalah mengklik salah satu kata kunci tersebut dan lihatlah. Ada di posisi ke berapa halaman web atau artikel kamu berada. Caranya mengetahuinya dengan melihat pada bagian Posisis rata-rata.

Analisis Keyword SEO
Analisis Keyword Di Google Search Console

Nah dari sanalah kamu bisa mengetahui mana keyword yang paling sering mengajak pengunjung masuk ke halaman web atau artikel kamu. Pada gambar diatas menunjukkan angka satu yang berarti halaman tersebut ada di posisi pertama saat orang mencari sesuatu di google dengan kata kunci yang sudah saya tetapkan untuk mengincar posisi tersebut.


 KETERANGAN : 

Total klik = Jumlah keseluruhan klik dari hasil pencarian di google.
Total tayangan = Jumlah keseluruhan tayangan web atau artikel yang ditemukan pada hasil pencarian google.
CTR rata-rata = Jumlah keseluruhan tayangan dibagi jumlah klik.
Posisi rata-rata = Tingkat posisi halaman web atau artikel di hasil pencarian google.



Semakin besar nilai CTR semakin baik kualitas web atau blog kamu. Artinya, banyak orang yang mengklik halaman web atau artikel kamu saat mencari sesuatu di google dengan kata kunci yang mereka ketik.

Begitulah Cara Analisis Keyword Menggunakan Google Search Console (GSC) Terbaru yang saya buktikan dengan salah satu blog saya yang berbasis WordPress Self Hosted.

Buat kamu yang ingin bersaing di peringkat google dengan kata kunci, sebaiknya jangan menggunakan keyword umum yang sering dicari orang (contoh : trik android, cara root android, etc) sebab kamu sulit untuk bersaing dengan website besar sekelas situs berita atau situs terpercaya yang sudah terkenal.

Buatlah kata kunci yang pendek tapi menarik, semakin padat dan baku maka akan semakin cepat google menaikkan halaman web atau artikel kamu. Tentunya harus dibantu dengan nilai konten yang ada pada halaman itu sendiri.

Gunakan alat pengukur kata kunci milik google yang bernama Keyword Planner untuk mendeteksi seberapa baik kata kunci tersebut dan berapa banyak orang yang mencari menggunakan katakunci tersebut di penlenusuran google.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status