Cara Dapatkan Domain TLD Gratis Terbaru 2018

Domain TLD Gratis

Banyak penyedia nama domain murah yang saat ini sedang mempromosikan ektensi domain baru yaitu gTLD (Generic Top Level Domain). Domain gTLD baru kebanyakan bisa di daftarkan dengan harga $0,88 atau setara dengan Rp 10.000 saja. Salah satu contoh situs registrar yang mengikuti ajang promosi besar-besaran ini adalah Namecheap.

Disana kamu bisa menyewa ektensi domain gTLD baru dengan harga sangat murah. Beberapa contoh domain gTLD murah adalah .xyz, .club, .tech, .website dan banyak lagi. Semua ektensi domain baru ini sejatinya hanya murah saat penyewaan tahun pertama saja dan akan mahal jika ingin diperpanjang (renewal) domain.



Maka dari itu, sebelum memilih untuk menyewa domain gTLD sebaiknya periksa harga perpanjangnya. Jangan sampai tertipu dengan harga tahun pertama yang murah, tapi mahal saat ingin diperpanjang. Cara berpromosi ini sering dilakukan oleh registrar domain untuk mempopulerkan ektensi domain baru seperti gTLD ini.


Harga Domain ccTLD Di Namecheap
Harga Domain gTLD Di Namecheap


Saya pribadi tidak ingin membeli gTLD domain, meskipun harganya sangat murah karena harga perpanjangnya yang bisa dibilang berlipat-lipat ganda dari harga sewa tahun pertamanya.

Sebagai contoh domain gTLD .tech yang pendaftarannya hanya $0.88 tapi harga perpanjangnya adalah $26 atau setara dengan Rp 350.000 sedangkan domain TLD biasa seperti .com atau .net harga pendaftarannya berkisar antara $10 - $12 dan perpanjangnya juga tidak jauh berbeda dengan harga pendaftarannya yaitu $10  atau setara dengan Rp 140.000.


Jelas kan mana yang lebih mahal?


Kerugian utama saat menyewa domain gTLD murah adalah ketika nama domain tersebut sudah kita terkenalkan dan menapatkan indeks bagus di mesin pencari, tapi masa sewa domain akan segera berakhir dan harus di renewal. Sedih bukan kepalang karena mau diperpanjang tapi domain gTLD mahal harga renewal-nya. Tapi kalau tidak di renewal sayang, sudah capek-capek mempromosikan malah dibiarkan expired. Parahnya, setelah domain expired langsung di sewa oleh orang lain.

Hmm... Tentu saja orang yang menyewa domain setelah kita akan menikmati hasilnya tanpa harus capek-capek mempromosikan lagi.


Gimana menurut pendapat kamu?


Oke kita ga usah bahas soal domain murah lagi, saya kepingin tapi mikir 2X untuk sewa, jadi skip saja atau kumpilin uang lagi buat beli domain TLD biasa hehe.



Ngomongin domain TLD, ada beberapa penyelenggara promosi yang berhadiah domain TLD gratis dan bisa kamu manfaatkan untuk nama blog atau web. Domain yang diberikan benar-benar gratis dan dapat di kontrol sesuai penyesuaian kamu.

Apa saja penyedia domain TLD gratis?

Yuk simak dibawah ini.


Cara Dapatkan Domain TLD Gratis Terbaru 2018


CARA #1

Menggunakan situs web yang menjual hosting dan bonus domain gratis. Cara ini sering dijadikan alat promosi oleh penyedia web hosting untuk menjual layanan hostingnya. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan bonus domain gratisnya.

Ya meskipun tidak gratis 100% karena kamu harus membeli paket hosting. Tapi dengan ini kamu alan mendapatkan dua keuntungan dalam satu pembelian yaitu hosting dan domain.




Banyak penyedia web hosting di Indonesia yang menjual paket hosting lengkap dengan bonus domain gratisnya. Kamu bisa mencari di Google untuk memilih mana penyedia hosting yang paling murah yang memberikan bonus domain TLD. Anggap saja pembelian hosting hanyalah bonus atau bisa juga menggunakan hosting-nya untuk wadah praktik dan belajar.


CARA #2

Mengikuti ajang kompetisi afiliasi atau sejenisnya. Ada banyak registrar yang memberikan bonus berupa domain jika tantangan yang diberikan berhasil kamu capai. Umumnya tantangan tersebut adalah ajakan untuk menjual produk mereka atau sering disebut dengan program afiliasi / referral.

Program seperti ini sangat umum digunakan registrar untuk meningkatkan penjualan dan memperkenalkan merek. Untuk seorang marketing freelance (kita) cara mendapatkan domain seperti ini mungkin terbilang mudah dan bisa dilakukan pada blog atau web personal dan memanfaatkan sosial media untuk mendatangkan pembeli.

Situs-situs yang menyediakan program seperti ini adalah juga mudah kamu temukan di Google dengan melihat menu Program Partner pada setiap situs-situs web hosting atau domain registrar.


CARA #3

Melakukan pertukaran jasa di internet juga bisa sebagai cara alternatif untuk mendapatkan nama domain TLD secara gratis. Tidak banyak yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan domain gratis, tapi cukup efektif dan masuk akal jika dipikirkan.




Jika kamu memiliki keahlian khusus atau jasa yang bisa ditukar dengan domain (nilai setara) kamu bisa ajukan keahlian kamu untuk ditukar dengan domain TLD gratis. Misalnya, kamu ahli dalam membuat logo website atau blog, memodifikasi template blog, membuat script php sederhana, menulis artikel, dll. Untuk mengajak orang lain bertukar jasa dengan kamu, cukup mempromosikan keahlian kamu di grup sosial media yang kebanyakan anggotanya adalah blogger atau webmaster atau yang sudah paham sistem pertukaran jasa secara online.

Di luar negeri cara mendapatkan domain TLD gratis seperti ini mungkin sering kita kenal dengan nama Exchange.

Saya pikir ketiga cara diatas adalah yang paling ampuh untuk mendapatkan domain TLD gratis. Sedangkan cara ke tiga adalah cara yang paling umum dan bisa dilakukan jika kamu memiliki sedikit keahlian di internet.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status