Cara Membuat Halaman AMP Pada Web Atau Blog

Cara Membuat Halaman AMP Pada Web Atau Blog

Belum lama ini proyek HTML generasi terbaru muncul dan hal ini membuat para pengguna ponsel untuk browsing merasa terbantu karena halaman yang dimuat akan lebih cepat ketimbag halaman biasa. Ya, proyek ini bernama AMP dan saat ini Google menjadi pelopor utama proyek AMP dimana mesin pencari nomor satu di dunia miliknya sudah mengaktifkan fitur pencarian disertai tanda AMP bersimbol petir.

Accelerated Mobile Pages atau disingkat AMP dikembangkan oleh tim AMP Project dan menjadi salah satu fitur paling dibutuhkan oleh hampir semua pemilik website dan blog di internet jika ingin halamannya lebih cepat di akses dan muncul dengan simbol AMP pada mesin pencari Google.





Beberapa website terkenal seperti situs berita internasional maupun lokal sudah menerapkan AMP pada websitenya dan banyak juga blogger yang telah mengikutinya.



Apa sih manfaat AMP?



Fitur utama AMP adalah untuk mengoptimalkan sebuah halaman web tau blog menjadi sangat ringan untuk diakses karena hanya menggunakan skrip asinkron. Jadi, web atau blog seberat apapun akan cepat diakses jika sudah menerapkan AMP dengan benar pada halamannya.

Selain itu, dengan menggunakan AMP berarti sang pemilik website atau blogger update terhadap perkembangan dan jika melakukannya dengan singkat dan sigap tentu saja halaman akan muncul di posisi teratas saat seseorang mencari informasi di Google menggunakan smartphone.

Halaman yang menggunakan AMP memang selalu muncul di posisi pertama mesin pencari sebab, Google ingin menyodorkan halaman yang paling cepat diakses dan bermanfaat bagi penggunanya (visitor).

AMP termasuk salah satu proyek untuk meningkatkan kualitas SEO web atau blog tanpa harus bersaing ketat pada isi konten, melainkan melalui kecepatan dan kesempurnaan halaman.



Bagaimana cara menerapkan AMP pada web atau blog?



Penerapan AMP Pada WordPress
Beruntung, bagi kamu yang ngeblog menggunakan WordPress self-hosted cukup menginstall dan aktifkan plugin AMP for WP dan otomatis blog kamu akan memiliki fitur AMP dengan sekejap.

Penerapan AMP Pada Blogspot dan Halaman Lainnya
Sayangnya, jika kamu ngeblog menggunakan blogger atau untuk web yang dibangun secara manual, kamu perlu memasang AMP secara manual dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah disajikan pada halaman ini.

Cek Validasi Halaman AMP
Pastikan setelah kamu menerapkan AMP pada blog atau web untuk selalu mengeceknya menggunakan AMP Validator agar bisa mengetahui keberhasilan atau kegagalan AMP tersebut.


Valid AMP
Contoh halaman AMP yang benar (valid).


Selain menggunakan AMP Validator kamu juga bisa mengeceknya melalui Google Webmaster jika web atau blog kamu sudah teraftar disana. Caranya adalah dengan membuka halaman https://www.google.com/webmasters/tools/home kemudian pilih web atau blog yang sudah terintegrasi dengan webmaster lalu lihat pada bagian Halaman Seluler yang Dipercepat.


AMP Google Webmaster
Halaman Seluler yang Dipercepat dengan AMP


Gambar diatas menujukkan bahwa halaman AMP sudah terpasang dengan baik dan benar karena tidak ditemukan kesalahan pada seluruh halaman.

Nah begitulah Cara Membuat Halaman AMP Pada Web Atau Blog. Selain mudah, kamu juga bisa mencobanya terlebih dahulu pada halaman tes atau membuat halaman demonstrasi sebelum menerapkannya pada web atau blog utama.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status