Cara Membuat Instant Article Dengan Blogger / Blogspot

Facebook Instant Article

Banyak blogger yang ingin membuat artikelnya mendukung markup Facebook Instant Article (FIA) untuk membantu orang-orang dalam mempermudah membaca artikel. Cara membuat FIA di blogger sendiri sebenarnya sangat mudah dan sederhana jika kamu memperhatikan aturan-aturannya. Dan salah satu aturan tersebut akan saya bahas pada postingan ini.

Facebook Instant Article memiliki markup tersendiri duluar markup standar HTML atau AMP. Maka dari itu, kamu yang ingin membuat artikel blog menukung Facebook Instant Article, wajib memahami dan mengerti markup tunggal FIA. Baca lebih lengkap mengenai markup FIA disini.



Sebagai contoh Markup Facebook Instant Article untuk halaman HTML standar adalah :

Markup HTML Facebook Instant Article
Markup HTML Facebook Instant Article (copy code)

Seperti yang bisa kamu lihat di atas, markup FIA adalah struktur HTML biasa dengan atribut khusus. Misalnya, gambar yang memiliki atribut yang bisa disetel ke layar penuh dan akan membuat gambar menjadi full screen.

Pada gambar lainnya, FIA juga memiliki atribut yang memungkinkan pembaca artikel memberi suka dan berkomentar langsung pada gambar.

Beberapa tag meta HTML khusus lainnya juga ditambahkan dalam tag heading seperti tag fb: article_style yang mendefinisikan gaya konten.


Kita kembali lagi ke pokok pembicaraan mengenai Cara Membuat Instant Article Dengan Blogger / Blogspot. Sebagai pengguna platform blogger kamu tidak perlu merombak atapun mengganti template blog, cukup dengan menyalin kode yang saya berikan diatas, lalu edit sesuai dengan isi artikel kamu dan kirim.


Lho memang bisa semudah itu? Ya bisa!


Beberapa waktu lalu saat saya menjelajah di internet, ada seorang blogger yang menceritakan pada sebuah artikel di blognya bahwa membuat Instant Article dari platform blogger sebenarnya lebih mudah dibanding menggunakan platform WordPress Self Hosted.

Karena penasaran akhirnya saya coba untuk mengikuti cara tersebut dan ulala.... Ternya itu banar, akhirnya artikel saya bisa diterbitkan hanya menggunakan HTML markup standar FIA .


Bagaimana cara lengkapnya gan?


Banyak yang tanya begitu di grup facebook maupun forum diskusi blogger, padahal kebanyakan blogger sudah tahu struktur kode markup HTML FIA. Kalau belum tahu ya tinggal Googling aja kan.



Oke saya anggap kamu sudah mennyalin kode markup HTML FIA yang saya berikan diatas ya.


Cara Membuat Instant Article Dengan Blogger / Blogspot



1. Buka Facebook dan login dengan akun andalan kamu.


2. Setelah berada di dalam Facebook, akses halaman pendaftaran FIA di https://instantarticles.fb.com/ kemudian klik Sign Up. Jika sudah memiliki akun FIA, langsung ke langkah 4 saja.


3. Maka kamu disuruh untuk memilih halaman (fanspage) yang mau dijadikan alat publikasi.


Pilih Halaman Untuk FIA
Pilih Halaman Untuk Di Daftarkan Ke FIA


Jika belum punya halaman sebaiknya klik Buat sekarang seperti yang terlihat pada gambar diatas dan pastikan halaman yang mau kamu buat memiliki nama atau topik yang berkaitan dengan nama blog kamu.


4. Saat halaman berhasil dibuat, pilih nama halaman yang mau dijadikan alat publikasi. Setelah dipilih klik Akses Alat Artikel Instan, maka kamu akan disajikan beberapa panduan singkat. Klik ok ok saja sampai diarahkan ke Alat Penerbitan.


Alat Penerbitan FIA
Alat Penerbitan FIA


5. Setelah sampai di halaman alat penerbitan, perhatikan panduan-panduan yang ada disana (kalau bisa bookmark biar ga lupa). Lalu klik Konfigurasi dan pilih Hubungkan Situs Anda.


Hubungkan Situs Ke Facebook Instant Article
Hubungkan Situs Ke Facebook Instant Article


Salin dan tempel kode tag HTML meta property yang diberikan facebook seperti gambar diatas, tepat pada bagian header template blog kamu. Jika sudah klik Klaim URL, apabila berhasil terklaim maka blog kamu akan terverifikasi di FIA.


6. Buka Notepad atau aplikasi teks editor andalan kamu dan siapkan kode markup HTML FIA (kode ada diatas tinggal salin aja). Setelah itu, pilih salah satu artikel di blog kamu yang paling menarik dan layak untuk dibaca oleh publik. Sesuaikan dengan markup Instant Article seperti tanggal penerbita, judul artikel, gambar referensi dan konten-konten lainnya.



7. Jika sudah, buka lagi pengaturan FIA dan klik Artikel Produksi lalu klik Buat.


Buat Artikel Instan
Buat Artikel Instan


8. Tahap terakhir adalah menempelkan kode markup HTML FIA yang tadi sudah kamu sesuaikan dengan salah satu artikel pada step ke 6, kemudian klik Save.


Simpan Markup HTML FIA
Simpan Markup HTML FIA


Jika tidak ada kesalahan, artikel yang kamu simpan akan memiliki status Penerbitan dibatalkan.


Status Penerbitan Dibatalkan
Status Penerbitan Dibatalkan


Biarkan saja, itu artinya artikel kamu sedang menunggu giliran untuk di review.

Sekarang ulangi lagi step ke 6 sampai ke 8 berulang-ulang hingga minimal 10 artikel. Setelah itu tunggu sampai sampai ada pemberitahuan dari facebook apakah artikel kamu layak atau tidak untuk dijadikan Instant Article. Biasanya pemberitahuan akan disampaikan dalam waktu 3-7 hari kedepan.


Nah begitulah Cara Membuat Instant Article Dengan Blogger / Blogspot. Hanya memanfaatkan kode markup HTML FIA saja kamu suah bisa membuat artikel menjadi valid. Tidak perlu teknik yang ribet apa lagi harus rombak template segala.

INFORMASI : Agar artikel kamu cepat di terima oleh FIA, sebaiknya pilih artikel yang benar-benar bagus. Jangan mengirimkan artikel yang berbau download konten ilegal, film s3x, atau sejenisnya yang melanggar aturan mereka.
Oh ya, sekedar tambahan nih. Ternyata di menu Instant Article juga sudah ada contoh HTML Markup Facebook Instant Article yang bisa kamu salin untuk menggantikan kode yang saya berikan diatas. Contoh artikel dari facebook ini mungkin lebih lengkap dan terbaru.


Contoh Markup HTML Facebook Instant Article
Contoh Markup HTML Facebook Instant Article

Gambar diatas ini untuk melihat contoh kode markup FIA ya, jadi kamu tidak perlu bertanya-tanya dimana lagi letak contoh markup-nya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar