Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Dan Website

Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Dan Website

Logo atau simbol yang menunjukkan inisial atau ciri khas sebuah merek bisa saja digunakan pada blog atau website pribadi. Logo pada sebuah situs web online menunjukkan bahwa situs sudah memiliki ciri khas tersendiri dari sebuah logo yang dibuatnya. Mulai dari jenis huruf yang digunakan pada logo sampai warnannya.

Pemilihan logo untuk dibuat sebagai ciri khas blog atau web tentu saja harus disesuaikan dengan warna CSS atau mayoritas warna di dalam halaman. Jika warna tidak sesuai, bisa dipastikan akan mengurangi kerapihan desain layout.



Pilihlah logo yang menggunakan jenis huruf dan warna sama seperti yang digunakan pada blog atau website kamu. Dengan begitu logo akan terlihat serasih, enak dilihat dan profesional.

Ada banyak cara untuk membuat logo web atau blog, seperti menggunakan software foto editor canggih atau melalui logo maker online. Itu tergantung mana yang paling kamu kuasai dan pandangan pribadi kamu.

Saya sarankan agar tidak membuat logo hanya dari penilaian pribadi saja, tapi beranggapan-lah bahwa kamu seorang pengunjung blog atau website kamu sendiri. Apakan menurut kamu bagus? Apakah cocok? Apakah profesional? dst...

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Dan Website menggunakan software pembuat logo sederhana yang bernama AAA Logo.

Software tersebut bisa kamu cari dan download dari google atau situs web yang menyediakannya. Jadi, dengan AAA Logo kamu bahkan tidak perlu memahami ilmu foto editing, hanaya dalam beberapa kali klik saja logo bisa dihasilkan. Tentu, dengan cara instan hasil tidak mungkin sesuai dengan harapan.

Alangkah baiknya kamu membuat logo secara manual terlebih dulu, syukur-syukur bisa membuatnya jadi lebih keren dari pada logo instan yang sudah tersedia di dalam library software AAA Logo. Dan berikut ini adalah cara membuat logo dengan software AAA Logo.



Cara Membuat Logo Keren Untuk Blog Dan Website



1. Pastikan kamu sudah memiliki software AAA Logo versi 2010 (v3.10) karena ini yang saya gunakan meski versi terbaru dari software ini sudah tersedia tapi yang lawas jauh lebih bagus (meurut saya pribadi).


2. Buka softwarenya dan kamu akan masuk ke pemilihan Logo Instan seperti gambar dibawah ini.

 AAA Logo Instan
Pemilihan Logo Instan

Klik salah satu logonya dan barulah kamu benar-benar masuk ke dasbor software ini.


3. Klik File lalu pilih New Blank Project.

New Blank Project AAA Logo
New Blank Project


4. Setelah halaman dasbor sudah kosong, selanjutnya kamu klik Object dan pilih New Text.

New Text AAA Logo
New Text

Kamu juga bisa memilih New Image untuk menambahkan ikon/simbol tertentu.

5. Tulislah teks yang ingin kamu jadikan logo, kemudian pilih jenis font serta warnanya.

Text AAA Logo
Text AAA Logo

Yang saya kotakin merah, itulah yang perlu diubah atau diedit sesuai keinginan kamu.

Untuk menyesuaikan warna logo dengan mayoritas warna blog atau web, kamu bisa mencari tahu kode warna di dalam CSS. Setelah mengetahui kode warnanya (contoh : #191970) cari tahu berapa kode warna RGB-nya. Karena saya beri contoh warna #191970 jadi RGB yang dihasilkan adalah 25 25 112.

Bagaimana cara mengetahui kode warna RGB-nya gan?

Gampang kok, kamu bisa memanfaatkan fitur dari situs color-hex kemudian ketikkan kode warna CSS kamu disana, maka otomatis seluruh uraian kode warna dari warna CSS kamu akan terlihat seperti ini misalnya.

Color-Hex

Terlihat jelas kan? Kalau tidak jelas, klik saja gambarnya untuk memperbesar.

Nah jika kode warna RGB sudah kamu ketahui, selanjutnya tinggal masukkan kodenya ke dalam penyesuaian warna logo kamu seperti ini.

Kode Warna RGB

Sama persis kan jadinya dengan warna #191970?


6. Sekarang saatnya kamu berkreasi sendiri dengan mencocokkan model font, ikon/simbol, warna serta gradasinya. Sampai disini kamu sudah termasuk bisa membuat logo. Cieeee...

Tapi, kamu juga perlu tahu cara menyimpan logonya, karena tidak sembarangan simpan lho. Berikut cara menyimpan logonya :

Klik File lalu Save Logo Image.

Save Logo Image
Save Logo Image

Maka jendela popup akan muncul seperti ini.

Output Save Logo Image
Output Save Logo Image
Perhatikan ketiga kotak merah tersebut, yang bertuliskan Output Image Size adalah ukuran gambar dalam pixel. Save Image untuk pemilihan format gambar, misalnya untuk background transparan kamu harus memilih PNG dan mencentang Transparent Background, sedangkan untuk gambar biasa (tidak transparan) bisa memilih format JPG atau format lainnya.

Umumnya logo untuk sebuah blog atau web adalah transparan dan dalam format PNG.

Kalau Trim Whitespace adalah menu untuk memotong garis tepi logo kamu. jadi, teks benar-benar sampai ke tepi gambar. Ini sangat tidak cocok untuk pembuatan sebuah logo, tapi kembali ke kamu lagi mau digimanakan itu tergantung selera dan kebutuhan.



Nah setelah kamu sudah membaca seluruh isi artikel ini dan tahu cara membuat logonya, sekarang praktikkan agar tidak lupa. Atau kamu juga bisa bookmark artikel ini untuk dibaca lain waktu kalau ada step yang lupa.


Contoh logo yang saya buat menggunakan AAA Logo :

 INFO :  Klik gambar untuk memperbesar agar tampil lebih maksimal.

Contoh Logo Gealgeol Warna-Warni
Contoh Logo Gealgeol Warna-Warni

Contoh Logo Ngepet Online
Contoh Logo Ngepet Online

Contoh Logo SEO Master
Contoh Logo SEO Master

Contoh Logo Cewek Hits
Contoh Logo Cewek Hits

Contoh Logo May Day
Contoh Logo Mai Day

Contoh Logo Anutube
Contoh Logo Anutube

Contoh Logo Ngopi Gan
Contoh Logo Ngopi Gan

Contoh Logo Gilabola
Contoh Logo Gilabola

Contoh Logo Ngupload
Contoh Logo Ngupload

Contoh Logo Blog Ini
Contoh Logo Blog Ini

Contoh Logo Nulis Blog
Contoh Logo Nulis Blog

Contoh Logo Tokoku
Contoh Logo Tokoku

Contoh Logo Nyari Sinyal
Contoh Logo Nyari Sinyal

Contoh Logo Jongkok
Contoh Logo Jongkok

Kuku Kaki
Contoh Logo Kuku Kaki

Contoh Logo Blogger Indonesia
Contoh Logo Blogger Indonesia

Contoh Logo Ngoceh
Contoh Logo Ngoceh

Contoh Logo Belajar SEO
Contoh Logo Belajar SEO

Contoh Logo Slogan Blog Ini
Contoh Logo Slogan Blog Ini

Itulah beberapa contoh logo yang baru saja saya buat. Maaf ya kalau kurang menarik, maklumin aja bikinnya pas lagi nulis artikel ini jadi buru-buru hehe.


Saya juga sudah buat videonya khusus buat pembaca blog ini dan yang ingin lihat langsung proses pembuatannya.




Stay tune ya... Karena saya akan buat artikel lanjutan tentang AAA Logo ini bisa untuk buat apa saja dan tentunya masih berhubungan dengan blog dan web.

 UPDATE :  Sesuai janji saya, sekarang artikel-artikel tentang tutorial AAA Logo bisa kamu baca dan pelajari disini. Saya juga sudah menyiapkan beberapa video singkat agar mempermudah kamu untuk mempelajari cara yang saya jabarkan. Silahkan tonton semua videonya di Playlist YouTube saya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar