Cara Membuat Suara Dan Video Seperti Di Reportase Investigasi

Ilustrasi Repotase Investigasi

Kalau kamu pernah menonton acara televisi yang berjudul Reportase Investigasi, tentu kamu sudah tidak asing dengan suara-suara aneh yang khas. Suara hasil editan tersebut digunakan untuk menyamarkan suara asli dari para korban atau tersangka.

Suara aneh yang menjadi ciri khas dari nama-nama samaran seperti Golok, Brengos, Mawar, Bunga dan lainnya di acara Reportase Investigasi tentu membuat kita teringat kembali pada acara tersebut yang tayang setiap sore di Trans TV.



Buat kamu yang kepingin tahu cara membuat suara seperti di Reportase, sebenarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan dua aplikasi android yang bernama Voice Changer dan VideoShow.

Aplikasi Voice Changer bisa mengubah rekaman suara asli kamu menjadi suara yang aneh, unik dan seperti di reportase dengan memanfatkan efeknya. Sedangkan VideoShow adalah aplikasi video editor yang berguna untuk menggabungkan suara dengan foto atau video.

Kamu bisa cari dan download kedua aplikasi Voice Changer dan VideoShow di Google Play Store.

Berikut ini contoh ari hasil editan saya saat menggunakan kedua aplikasi yang sudah saya sebutkan.


Suara Cowok / Pria



Suara Cewek / Wanita



Dua jenis suara itu adalah ciri khas dari acara Reportase Investigasi yang melegenda dan selalu terngiang-ngiang di telinga penonton sampai sekarang ini.

Buktinya, hampir dibeberapa wilayah yang berbeda masih saja banyak remaja yang ngelawak dengan gaya bahasa dan nada suara seperti di acara reportase. Belum lagi di sosial media yang menggunakan gambar ilustrasi siluet menjadi meme yang kocak dan lucu.




Oke kita langsung ke sesi tutorial untuk menggabungkan suara hasil editan Voice Changer dengan foto atau video menggunakan VideoShow.


Cara Membuat Suara Dan Video Seperti Di Reportase Investigasi


1. Siapkan suara hasil editan Voice Changer, jika belum punya buat dulu suaranya. Lokasi hasil editan Voice Changer ada pada folder /DCIM/VoiceChagerWE/VoiceChager Audio/.



Saya anggap kamu sudah memiliki suara hasil editan, kemudian ingat dan catat durasi suara editan tersebut agar nanti bisa disesuaikan dengan video atau foto saat penggabungan.

Petama-tama buka aplikasi VideoShow (kalau belum punya bisa download disini) dan klik Edit Video.


Edit Video
Edit Video


2. Pilih gambar atau video ilustrasi (video harus tanpa suara atau hapus suaranya terlebih dahulu). Untuk gambar ilustrasi saya rasa lebih baik kamu buat sendiri dengan foto editor agar lebih sesuai dengan keinginan.


4. Pilih gambar atau video yang ingin kamu jadikan sebagai ilustrasi, lalu klik Mulai (saya memilih untuk menggunakan gambar biasa).


Pilih Foto atau Video
Pilih Foto atau Video


5. Sesuaikan durasi foto atau video terlebih dahulu dengan mengklik Durasi. Samakan durasinya atau lebihkan satu detik dengan suara hasil editan kamu.


Durasi Foto Atau Video
Penyesuaian Durasi Foto Atau Video


6. Jika sudah menyesuaikan durasi, selanjutnya klik Musik dan tambahkan suara hasil editan kamu.


Pilih Suara atau Musik
Pilih Suara atau Musik


7. Klik ikon origami pesawat di pojok kanan atas layar dan tunggu sampai proses penggabungan gambar dan suara selesai.

Hasilnya bisa kamu lihat di galeri atau di folder /DCIM/1VideoShow/.

Lokasi File Saat Berhasil Digabungkan
Lokasi File Saat Berhasil Digabungkan


Sangat mudah kan?

Oke itu aja yang bisa saya sampaikan pada artikel Cara Membuat Suara Dan Video Seperti Di Reportase Investigasi ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status