Cara Membuat Watermark Di Video Dari HP Android

Cara Membuat Watermark Di Video Dari HP Android

Jika kamu seorang YouTuber atau Video Maker yang takut hasil karya video kamu dicuri oleh orang lain, tentu Cara Membuat Watermark Di Video Dari HP Android ini perlu kamu baca dan terapkan pada setiap video-video yang ingin kamu unggah ke internet. Dengan begitu hasil karya orisinil kamu tidak akan dicuri oleh orang lain terlagi sampai diakui (perebutan hak cipta).

Artikel tutorial membuat watermark dari hp android ini sebenarnya sudah pernah saya ulas pada salah satu blog saya yang lain dan cukup mendapat respon puas dari pembaca yang kebanyakan YouTuber.



Cara ini terbilang mudah dilakukan oleh siapapun, apa lagi jika kamu seorang yang sering mencoba-coba aplikasi video editing di hp android. Kemungkinan kamu sudah mengetahui cara ini, atau bahkan sudah menerapkannya. Karena memang dengan cara ini hanya diperlukan beberapa kali klik saja, untuk membuat watermark.

Dalam cara membuat watermark ini saya menggunakan aplikasi video editing yang mendukung penambahan teks pada video seperti VideoShow atau VivaVideo yang mana kedua aplikasi ini seperti kakak beradik sebab menu dan fiturnya yang tidak berbeda jauh. Saya pribadi menggunakan VideoShow Pro yang juga bisa kamu cari dan download di Google Play Store.

Oke, kita langsung praktikan saja cara ini.

Agar kamu tidak kebingungan sebaiknya membaca artikel ini sambil mempraktikannya langsung.



Cara Membuat Watermark Di Video Dari HP Android



1. Pertama-tama kamu harus men-download dan meng-install aplikasi VideoShow atau VivaVideo di hp android kamu.


2. Jika kamu sudah memilikinya, langsung saja buka aplikasinya dan klik Edit Video lalu pilih video yang ingin kamu beri watermark.


Tampilan Aplikasi VideoShow Pro
Tampilan Aplikasi VideoShow Pro


Pemilihan Video
Pemilihan Video


3. Setelah video kamu pilih, klik Sunting dan klik lagi Teks Bawah.


Sunting Video
Sunting Video


4. Saat berada di dalam Teks Bawah, kamu klik tanda tambah (+) dan ketikkan teks atau kalimat yang ingin kamu jadikan watermark, lalu klik ikon ceklis di pojok kanan atas layar.


Tmbah Teks Bawah
Tmbah Teks Bawah


Tulis Teks Bawah
Tulis Teks Bawah


5. Jika watermark sudah tampil di layar, sesuaikan panjang durasi video yang ingin diberi watermark. Kamu bisa menambahkannya di awal video, tengah-tengah atau akhir video. Semua bisa di sesuaikan dengan keinginan kamu sendiri.


Setelan Durasi Watermark
Setelan Durasi Watermark


Setelan Desain Watermark
Setelan Desain Watermark


6. Terakhir, pilih desain watermark, warna, dan bentuk huruf (font) juga lokasi penempatan watermark-nya. Setelah itu semua sudah sesuai, klik ikon origami kapal yang ada disudut kanan atas layar untuk menyimpan video.



7. Pilih kualitas hasil video yang ingin kamu buat, bisa Mode Cepat (HQ) dan Mode Lambat (HD). Tunggu beberapa saat hingga proses pemberian watermark di video selesai. Waktu proses ini tergantung dari panjang durasi video dan kualitas yang dipilih.

 CATAT :  Saya anjurkan untuk memilih mode lambat agar hasil video tidak berubah jauh dari aslinya.


INFORMASI : Saat dalam proses pemberian watermark, jangan tutup aplikasi VideoShow atau berpindah ke aplikasi lain. Tunggu hingga proses selesai karena jika kamu berpindah-pindah aplikasi ada kemungkinan proses akan gagal atau hasil video macet-macet.


Untuk mengetahui lokasi penyimpanan video hasil dari watermark, kamu bisa melihatnya pada foler /DCIM/1VideoShow/.


Lokasi Penyimpanan Hasil Video
Lokasi Penyimpanan Hasil Video


Begitualah Cara Membuat Watermark Di Video Dari HP Android paling mudah. Kamu tidak membutuhkan komputer atau Software Video Ediiting Untuk YouTuber jika hanya ingin membuat watermark dalam bentuk teks biasa. Bahkan dengan hp android saja kamu sudah bisa melakukannya.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status