Cara Mengetahui Penggunaan Kuota Internet Di Laptop / PC

Cara Mengetahui Penggunaan Kuota Internet Di Laptop / PC

Berinternet kadang kala membuat kita lupa waktu bahkan lupa untuk melakukan hal-hal penting di dunia nyata seperti lupa makan, lupa ibadah dan lupa segala-galanya termasuk juga lupa untuk mengontrol penggunaan kuota internet yang ternyata sudah sangat banyak terkuras.

Kelupaan untuk memonitor penggunaan kuota internet di laptop atau komputer bahkan membuat kita sering berfikir bahwa provider yang kita gunakan boros kuota atau curang dalam memberikan paket internet. Stop berfikir begitu, sebenarnya ini hanyalah kesalahan biasa yang paling sering terjadi tapi tidak di sadari oleh pengguna laptop atau komputer itu sendiri.



Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti itu, kamu perlu menggunakan software yang bisa memonitor penggunaan kuota internet.

Untungnya ada banyak software untuk menghitung statistik penggunaan internet keluar dan masuk (upload download). Salah satu software ini juga saya gunakan pada komputer pribadi untuk memonitor penggunaan kuota internet.

NetTraffic adalah software yang befungsi untuk memonitor penggunaan kuota internet di laptop atau komputer. Hanya dengan meng-install dan menjalankannya, kamu bisa mengetahui jumlah total penggunaan internet lengkap beserta tanggal digunakannya kouta tersebut.


NetTraffic Chart
NetTraffic Chart


Gambar diatas ini menunjukkan laporan penggunaan kuota internet yang saya gunakan. Jelas terlihat disebelah kiri yang menunjukkan total pemakaian perhai dalam bentuk hitungan Gigabita (GB). Sedangkan arti dari warna chart diatas adalah : merah (total penggunaan), orange (upload) dan hijau (download).

Software ini bisa kamu download pada situs resminya disini atau mencarinya di Google. NetTraffic hanya memiliki ukuran sekitar 300 kB namun sangat bermanfaat dan berguna untuk pengguna internet berkuota terbatas. Misalnya tethering hotspot dari hp atau menggunakan modem.

Dengan begitu, kamu bisa tahu persis berapa jumlah kuota internet yang kamu habiskan hari ini dan tidak perlu lagi mengira-ngira bahwa kuota kamu hilang begitu saja.

Oh ya, selain NetTraffic masih ada banyak software untuk mengetahui penggunaan kuota internet seperti NetworX (free trial) dan lain sebagainya. Pilihlah mana yang paling kamu suka dan mudah untuk digunakan.


Tanya gan, ko bisa kuota mendadak terkuras banyak padahal ga download apa-apa?


Jika kamu kehilangan kuota saat tethering hotspot dari hp atau modem, ini tentu disebabkan oleh Windows yang update otomatis atau software di laptop / pc yang memiliki fitur auto update dan kamu tidak menonaktifkan fitur tersebut.

Untuk software yang memiliki fitur auto update, biasanya memiliki pengaturan untuk menonaktifkannya. Periksalah satu persatu software yang ada pada komputer atau laptop kamu dan nonaktifkan fitur auto update-nya.



Kalau untuk menonaktifkan auto update Windows dari pengalaman saya, Windows 10 memiliki fitur auto update yang tidak bisa di nonaktifkan dari pengaturan biasa. Kamu harus secara manual menonaktifkannya melalui pengaturan Services.


Gimana caranya gan?


Cukup mengikuti langkah dibawah ini kamu bisa menonaktifkan auto update Windows 10, 8 dan 7.

Pertama ketik services pada kolom pencarian atau search yang biasanya ada di sudut kanan bawah layar.


Pencarian Services
Pencarian Services


Selanjutnya pilih Component Services.


Search Services
Search Services Windows 7


Maka kamu akan diperlihatkan seluruh services yang berjalan pada Windows. Lalu cari Windows Update seperti gambar dibawah ini.


Windows Update
Services Windows Update


Klik 2X pada Windows Update dan kamu akan menemukan pengaturan untuk menonaktifkan update otomatis seperti ini.


Disabled Windows Update
Disabled Windows Update


Perhatikan yang saya beri warna kotak hijau. Itu adalah menu untuk menonaktifkan fitur auto update pada Windows 7, 8 dan 10. Pilih Disabled lalu klik Apply selanjutnya klik OK.

PENTING : Dengan memilih disabled maka semua update optomatis pada Windows akan di nonaktifkan atau dihentikan termasuk update pembaruan sistem dan pembaruan keamanan.

Nah dengan begitu kamu tidak akan lagi kehilangan kuota secara tiba-tiba karena Windows atau software yang update otomatis.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar