Cara Menggunakan CDN Dan SSL Gratis CloudFlare

CDN dan SSL Gratis

Salah satu situs penyedia CDN dan SSL gratis paling populer di dunia adalah CloudFlare. Layanan yang mereka berikan benar-benar gratis dan tidak membutuhkan keahlian khusus untuk menyesuaikannya dengan website. Hanya diperlukan beberapa pengaturan DNS khusus maka CDN dan SSL bisa digunakan tanpa batas waktu (life time).

CloudFlare memang bukan satu-satunya penyedia CDN dan SSL, namun ada beberapa lagi di internet yang menyediakan layanan ini. Tapi menurut pengalaman pribadi saya menggunakan CloudFlare selama 2 tahun pada salah satu blog WordPress Self-hosted, tidak ada masalah yang ditimbulkan dan semua itu benar-benar GRATIS!



Apa sih keuntungan menggunakan CDN dan SSL CloudFlare?


Ada banyak sekali keuntungan yang akan kita dapat jika menggunakan CDN dan SSL pada website. Meskipun keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing tapi keduanya sama sekali tidak berkaitan. Berikut ini penjelasan singkatnya :


Sebelum dan sesudah menggunakan CDN
Sebelum dan sesudah menggunakan CDN

CDN (Content Delivery Network) ialah teknologi yang bekerja sebagai bentuk mirroring konen website. Dengan menggunakan CDN maka konten website seperti CSS, JavaScript, Gambar, Video, dll akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

Jadi, dengan CDN website kita akan lebih cepat diakses karena di mirror dari server yang paling dekat dengan Indonesia yaitu Singapura. Berbeda lagi jika yang pengunjung dari Amerika, tentu konten yang disajikan adalah mirror dari server mirror di United Stats. Begitu seterusnya, oleh karena itu banyak website besar menggunakan CDN agar pelanggan mereka bisa mengakses lebih cepat meskipun jauh dari server utama.


SSL (Secure Socket Layer)
Ciri khas SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol keamanan yang digunakan oleh hampir semua transaksi aman di internet. SSL mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi saluran komunikasi aman yang cocok untuk transaksi yang sensitif seperti Virtual Banking, Internet Banking, dan lain-lain.

Ciri khas SSL adalah link akan menjadi HTTPS serta icon gembok berwarna hijau yang ditampilkan pada address bar browser kita. Yang jika di klik akan menampilkan keterangan aman. Kebanyakan situs saat ini sudah menggunakan SSL sebagai salah satu fitur wajib pada sebuah blog, website maupun situs e-commerce.



Kamu bisa saja hanya menggunakan CDN tanpa SSL, begitu juga sebaliknya, kamu bisa menggunakan SSL saja tanpa CDN sebab keduanya memang berbeda dan bisa dipisahkan. Alangkah baiknya jika menggunakan keduanya secara bersamaan pada website.

Yuk kita mulai cara menerapkan CDN dan SSL gratis dari CloudFlare untuk web ataupun situs lainnya yang menggunakan web hosting.


Cara Menggunakan CDN Dan SSL Gratis CloudFlare


1. Pertama-tama kamu harus memiliki akun CloudFlare, jika belum memilikinya silahkan daftar terlebih dahulu. Setelah penaftaran berhasil, login ke akun CloudFlare.


2. Klik Add Site yang terletak di kanan atas layar.


Add Site CloudFlare
Add Site CloudFlare


Kemudian ketikkan nama domain kamu di kolom yang disediakan tanpa http.


Add Domain CloudFlare
Add Domain CloudFlare

Klik Begin Scan dan tunggu beberapa detik hingga menampilkan button Continue Setup.


Continue Setup CloudFlare
Continue Setup CloudFlare


Klik button Continue Setup, selanjutnya kamu akan dibawa ke pengaturan DNS dan CDN. Pilih mana yang kamu butuhkan dengan mengklik warna awan yang abu-abu hingga menjadi warna orange.


Pengaturan DNS dan CDN CloudFlare
Pengaturan Default DNS dan CDN CloudFlare


 CATAT :  Jika kamu mengaktifkan semua CDN termasuk Webmail, ada kemungkinan email yang dikirim ke Webmail tidak akan masuk sebelum kamu menyetelnya juga. Kalau kamu tidak mau repot untuk menyetel dns lagi, gunakan saja pengaturan default.

Jika sudah memilih, klik Continue.


Continue CloudFlare
Continue Setup CloudFlare


3. Pada step ketiga ini kamu disuruh untuk memilih paket (plan) yang tersedia di CloudFlare. Kebanyakan orang menyangka ini harus dibayar karena pilihan pertamanya adalah Business Plan dengan harga $200 perbulan. Tapi itu bisa di ubah menjadi gratis dengan memilih Free Website.


CloudFlare Free Plan
Plan CloudFlare


Pilih free website dan klik Continue lagi.


Free Website CloudFlare
Free Website CloudFlare


4. Langkan selanjutnya adalah mengganti Name Server domain kamu menjadi NS milik CloudFlare yang kamu dapatkan setelah mengklik Continue pada langkah ketiga.


Name Server CloudFlare
Name Server CloudFlare


Name Server yang di dapat setiap pengguna berbeda-beda, pada tutorial ini saya mendapatkan NS toby.ns.cloudflare.com dan vera.ns.cloudflare.com.


5. Login ke pengelola domain kamu. Disini saya pribadi menggunakan Namecheap sebagai registrar domain, jadi saya login di websitenya untuk manage domain.


Manage Domain
Manage Domain


Jika kamu juga sudah sampai di langkah ini, silahkan ganti Name Server domain kamu ke Name Server yang diberikan CloudFlare pada langkah keempat.


Name Server Domain Namecheap
Pengaturan Name Server Domain Namecheap


6. Setelah Name Server kamu save, langkah terakhir adalah melakukan Recheck NS di situs CloudFlare yang tadi menyediakan NS pada langkah keempat.


Recheck Name Server CloudFlare
Recheck Name Server CloudFlare


Klik Recheck dan jika berhasil akan menampilkan pemberitahuan berwarna hijau di bawah layar.


Sukses Terhubung Dengan CDN CloudFlare
Sukses Terhubung Dengan CDN CloudFlare


Sampai disini kamu sudah berhasil menhubungkan website dan domain kamu ke CDN gratis CloudFlare. Hanya menunggu beberapa menit sampai semuanya terkoneksi dengan sempurna.

Untuk mengetahui apakah domain dan website kamu sudah benar-benar terhubung sepenuhnya adalah mengakses dasbor CloudFlare. Jika backgroud nama domain kamu masih abu-abu berarti masih dalam tahap penyesuaian. Biarkan saja sampai benar-benar berhasil dan menampilkan background berwarna hijau dan memiliki status aktif.


CDN CloudFlare Aktif
CDN CloudFlare Aktif


7. Apabila semua langkah diatas sudah diterapkan dan website kamu sudah terhubung sepenuhnya dengan CDN CloudFlare, sekarang saatnya melanjutkan memasang SSL Gratis CloudFlare.

Masih di dasbor CloudFlare, kemudian klik Crypto lalu pilih Flexible.


SSL CloudFlare
SSL CloudFlare


8. Jika sudah memilih Flexible SSL, sekarang saatnya mengalihkan semua pengunjung web kamu ke HTTPS dengan cara mengaktifkan Always use HTTPS serta melakukan pengaturan Page Rules.


Always use HTTPS CloudFlare
Always use HTTPS CloudFlare


Untuk pengaturan Page Rules, kamu bisa melihat pengaturannya di navigasi.


Page Rules CloudFlare
Page Rules CloudFlare


Buat page rules baru dengan mengklik Create Page Rule.


Create Page Rule CloudFlare
Create Page Rule CloudFlare


Isikan page rule dengan nama domain kamu, namun diawali dan diakhiri dengan tanda bintang (*) dan slash (/). Jangan lupa juga untuk memilih Always Use HTTPS seperti yang saya garis bawahi mereha pada gambar dibawah ini.


Setting Page Rule CloudFlare
Setting Page Rule CloudFlare


Karena CloudFlare hanya memberikan tiga Page Rules untuk pengguna gratis, jadi isikan saja salah satu atau ketiga page rules sebagai berikut :

*.domainkamu.com/*
domainkamu.com/*
www.domainkamu.com/*

Kalau sudah, klik Save and Deploy.

Saat saya coba untuk tidak mengisi Page Rulus, seluruh halaman dalam situs web tetap diarahkan ke HTTPS. Intinya sekarang tanpa harus mengisi Page Rulus, website kamu sudah bisa beralih ke SSL.



9. Oke, proses pemasangan CDN dan SSL sudah selesai sekarang kamu bisa menunggu sampai website beralih ke SSL. Proses ini biasanya cukup lama, antara 12 sampai 24 jam, tapi bisa juga lebih cepat atau lebih lambat.

Setelah berhasil, seluruh halaman di website kamu akan menggunakan awalan HTTPS, dan itu menandakan bahwa kamu berhasil menerapkan cara yang saya jelaskan diatas. Berikut ini penampakan saat sudah berhasil menggunakan SSL Gratis CloudFlare.


SSL Gratis CloudFlare
Sukses Menggunakan SSL Gratis CloudFlare


Begitulah Cara Menggunakan CDN Dan SSL Gratis CloudFlare yang bisa saya sampaikan. Jika masih ada langkah yang kurang jelas jangan ragu untuk bertanya pada kolom komentar untuk saya koreksi.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status