Cara Upgrade Redmi 4A Ke MIUI 9 Tanpa Laptop atau PC

Cara Upgrade Xiaomi Redmi 4A

Sudah cukup lama MIUI 9 dirilis oleh Xiaomi ke publik dan baru beberapa hari lalu saya upgrade Redmi 4A ke MIUI 9 yang sebelumnya menggunakan MIUI 8 dengan cara biasa tanpa bantuan laptop atau komputer.

Bingung dan sedikit gugup memang saya rasakan saat ingin melakukan upgrade. Banyak orang yang bilang kalau melakukan upgrade bisa menyebabkan sinyal akan hilang atau kerusakan lainnya.



Karena saking penasaran akhirnya saya coba untuk melakukan upgrade Redmi 4A ke MIUI 9 tanpa bantuan latop atau pc sama sekali menggunakan tutorial yang saya baca di internet dan forum Xiaomi.

Beruntung, saya bisa melakukan upgrade dengan lancar dan tanpa kendala. Sampai artikel ini saya tulis saya sudah menggunakan MIUI 9 di Redmi 4A.

Ya, rasa penasaran saya mengalahkan rasa bingung dan gugup, tapi hasilnya ternyata berhasil dan Cara Upgrade Redmi 4A Ke MIUI 9 Tanpa Laptop atau PC yang saya pakai adalah cara normal seperti kebanyakan orang lakukan.

PENTING : Untuk meng-upgrade Redmi 4A ke MIUI 9, ponsel kamu harus sudah dalam status Unlock Bootloader. Jika belum di Unlock, kemungkinan akan mengalami kegagalan atau kendala seperti gagal menginstal ROM.
Daripada penasaran cara apa yang saya gunakan, yuk lihat tutorialnya dibawah ini.



Cara Upgrade Redmi 4A Ke MIUI 9 Tanpa Laptop atau PC


1. Download ROM MIUI 9 untuk Redmi 4A disini. Pastikan memilih ROM yang tepat seperti gambar dibawah ini yang sudah saya tandai dengan angka. Kamu harus menggunakan ROM China untuk bisa meng-upgrade ke MIUI 9. Tapi jangan khawatir, ponsel kamu masih tetap dalam bahasa Indonesia atau Inggris jika berhasil meng-upgrade.


ROM Redmi 4A
ROM Redmi 4A


CATAT : Saat proses download ROM berlangsung, jangan sampai koneksi kamu terputus-putus dan jangan melakukan jeda/pause download. Karena dua hal tersebut menyebabkan file ROM corrupt atau rusak. Inilah yang biasanya terjadi pada beberapa orang yang gagal upgrade.



2. Setelah file ROM berhasil kamu download, buat folder baru dengan nama downloaded_rom pada penyimpanan internal. Ingat, penyimpanan internal ya jangan di dalam folder.


Folder Downloaded ROM
Folder Downloaded ROM


3. Pindahkan atau salin file ROM yang tadi di download ke folder download_rom.


4. Buka menu Pembaruan pada ponsel.


Pembaruan Redmi 4A
Pembaruan Redmi 4A


5. Klik tanda titik tiga yang ada di sudut kanan atas layar.


Menu Pembaruan Redmi 4A
Menu Pembaruan Redmi 4A


6. Klik Pilih paket pembaruan dan pilih ROM kamu yang ada di folder downloaded_rom. Jika ada pesan notifikasi klik saja OK sampai proses berjalan.


Pilih paket pembaruan Redmi 4A
Pilih paket pembaruan Redmi 4A


7. Tunggu hingga proses upgrading selesai dan masuk ke tampilan awal (home screen).


Ketika ponsel sudah masuk ke menu awal, berarti kamu sukses melakukan upgrade Redmi 4A ke MIUI 9 tanpa laptop atau pc. Saya sendiri melakukan cara ini dan terbukti berhasil 100%.




Perlu kamu ingat, bahwa ada banyak hal yang menyebabkan kegagalan dalam upgrade seperti Bootloader yang masih berstatus Locked, file ROM yang corrupt, atau ponsel kamu dalam keadaan tidak login ke akun MI.

INFORMASI : Saran dari saya jika kamu gagal dalam melakukan upgrade Redmi 4A, sebaiknya reset dahulu ponsel ke pengaturan awal kemudian dartar akun MI baru untuk ponsel Remi 4A kamu. Setelah itu barulah download ROM dan coba upgrade lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status