Cara Verifikasi Blog Dan Website Ke Google Webmaster

Cara Verifikasi Blog Dan Website Ke Google Webmaster

Google Webmaster adalah layanan resmi yang dihadirkan oleh Google khusus diperuntukkan bagi pemilik web atau blog untuk memverifikasi kepemilikan nama domain. Selain mempermudah dan mempercepat pengindeksan, Google Webmaster juga memiliki beberapa tools yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang, jumlah halaman yang muncul di mesin pencari, jumlah kesalahan halaman, dll.

Google Webmaster menjadi patokan yang akurat dan dapat dipercaya. Google sendiri menganjurkan setiap pemilik blog dan web untuk menambahkan situsnya di Google Webmaster.



Untuk menambahkan alamat situs web atau blog ke Google Webmaster, kamu cukup membuka halaman Google Search Console dan menambahkan alamat domain kamu disana.


Cara Verifikasi Blog Dan Website Ke Google Webmaster


1. Login ke akun Gmail kamu dan buka halaman Google Search Console.


2. Setelah halaman dimuat, kamu akan menemukan menu untuk menambahkan domain situs web atau blog.


Tambahkan Properti
Tambahkan Properti / Tambah Domain


3. Ketikkan alamat domain blog atau website kamu dan pilih Situs web pada menu drop-down.


Tambahkan Domain
Tambahkan Domain


4. Jika domain ditambahkan, selanjutnya kamu perlu melakukan verifikasi kepemilikan.


Verifikasi Domain
Verifikasi Kepemilikan Domain


5. Verifikasi bisa melalui berbagai cara seperti Upload File HTML, menggunakan Tag HTML, menggunakan DNS domain, mengaitkan dengan Google Analytics atau Google Tag Manager.

Metode Verifikasi Domain
Metode Verifikasi Domain


Tapi saya hanya menganjurkan kamu untuk menggunakan metode yang disarankan Google yaitu Upload File HTML untuk pemilik website, sedangkan blogger menggunakan Tag HTML.


Kenapa hanya dua itu gan?




Jawabannya sederhana, karena kedua metode itulah yang paling dianjurkan oleh Google dan juga mudah untuk dilakukan bahkan seorang yang baru pertama kali melakukannya juga bisa.


Verifikasi Menggunakan Upload File HTML
Untuk melakukan verifikasi menggunakan cara upload file html, kamu hanya perlu download file html-nya dan upload di hosting atau server. Letakkan tepat di folder root (/public_html/ atau /htdocs/) dan jangan di dalam subfolder.


Verifikasi Dengan Upload File HTML
Verifikasi Dengan Upload File HTML


Jika sudah di upload, klik Verifikasi di Google Webmaster dan otomatis situs web kamu berhasil di verifikasi.


Verifikasi Kepemilikan Domain Berhasil
Verifikasi Kepemilikan Domain Berhasil



Verifikasi Menggunakan Tag HTML
Cara ini dianjurkan untuk blogger (bisa juga untuk platform blog selain blogger yang mengijinkan edit html) karena memang di blogger kita tidak bisa mengupload file html, jadi cara inilah yang paling efektif dan simple. Klik Metode alternatif dan pilih Tag HTML.


Metode Verifikasi Tag HTML
Metode Verifikasi Tag HTML


Maka kamu akan diberikan kode berupa HTML seperti gambar diatas yang harus ditempelkan pada header template blog kamu dengan cara login ke blogger, kemudian klik tema dan klik lagi edit HTML.


Edit HTML Template Blogger
Edit HTML Template Blogger


Disana semua kode HTML template blog kamu dapat dilihat. Tempelkan kode Tag HTML verifikasi itu pada bagian header seperti gambar dibawah ini :


Verifikasi Tag HTML Di Blogger
Verifikasi Tag HTML Di Blogger


Selanjutnya kembali ke Webmaster dan klik Verifikasi jika penempatan benar, maka blog kamu akan terverifikasi.

CATAT : Tidak semua template / tema blogger memiliki struktur kode sama seperti gambar yang saya contohkan diatas. Jadi kamu harus menempatkan kode Tag HTML verifikasinya dibarisan kode yang serupa yaitu Meta Tag.
Nah begitulah Cara Verifikasi Blog Dan Website Ke Google Webmaster. Fungsi utama memverifikasi kepemilikan domain ialah agar setiap halaman artikel dan konten baru yang dipublikasikan pada blog atau web kamu cepat muncul di mesin pencarian Google.




 INFORMASI :  Untuk pengguna WordPress Non Hosted bisa melakukan verifikasi yang lebih mudah yaitu menggunakan Plugin SEO seperti Yoast atau All In One SEO.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

2 komentar:

  1. keren blognya, punya Saya masih ga keindek google kayanya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan.. nanti lama kelamaan terindeks kok gan :)

      Hapus

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status