Cara Yang Benar Setting Custom Domain TLD Ke Blogger / Blogspot

Custom Domain Blogger

Sebagai salah satu platform blog paling laris, blogger menyediakan custom domain TLD (Top Level Domain) untuk diarahkan ke blogspot. Mengubah atau mengalihkan domain ke domain pilihan pengguna adalah salah satu fitur yang diandalkan oleh kebanyakan blogger senior.

Banyak yang berbagi cara untuk melakukan peralihan domain blogspot.co.id menjadi .com, .net atau nama-nama domain lokal seperi .id atau .my.id. Kebanyakan blogger menjelaskan dalam artikelnya hanya menggunakan kata-kata, tapi jika kamu sulit memahami kata-kata yang dimaksud oleh penulis, tentu kamu akan kebingungan.



Nah pada artikel ini saya akan memberikan Cara Yang Benar Setting Custom Domain TLD Ke Blogger/ Blogspot lengkap dengan gambar agar kamu mudah mengerti dan memahami.

CATAT : Pada tutorial custom domain blogger yang benar ini saya menggunakan registrar domain Namecheap. Kalau kamu menggunakan registrar lain, itu tetap sama. Kamu hanya perlu mengatur konfigurasi DNS saja. Ingat, DNS ya bukan Name Server.

Oke kita langsung saja ke pokok pembicaraannya. Sebaiknya kamu juga membaca artikel ini sambil mempraktikannya agar tidak lupa.



Cara Yang Benar Setting Custom Domain TLD Ke Blogger / Blogspot



1. Buka browser andalan kamu kemudian login ke blogger.


2. Buka dasbor blogger dan klik Setelan lalu Dasar.


Setelan Dasar Blogspot
Setelan Dasar Blogspot


Maka kamu akan sajikan menu untuk peralihan domain seperti ini.


Setelan Domain Blogspot
Setelan Domain Blogspot


Masukkan nama domain yang kamu miliki disana (harus menggunakan www), setelah itu klik Simpan.

Jangan heran setelah kamu klik simpan akan menampilkan pesan kesalahan karena itu wajar, kurang lebihnya seperti ini.


Pesan Kesalahan Setelan Domain Blogspot
Pesan Kesalahan Setelan Domain Blogspot


Sampai disini biarkan saja halaman tetap dalam kondisi menampilkan kesalahan.


3. Buka tab baru untuk login ke situs tempat kamu menyewa domain. Ingat ya, saya menggunakan Namecheap jadi ada kemungkinan berbeda pada tahap login dan masuk ke pengaturan DNS-nya.

Tapi jangan khawatir, hampir semua penyedia domain memiliki pengaturan DNS yang sama dengan Namecheap, hanya berbeda tampilan saja.

Klik nama domain kamu lalu klik lagi Manage.


Manage Domain Namecheap
Manage Domain Namecheap


Jika sudah, kamu akan diarahkan pada tampilan dimana kamu harus mengisi pointing DNS yaitu CNAME dan A Record.

Klik Add New Record dan tambahkan pointing DNS untuk blogger persis seperti gambar ini.


Setting DNS Namecheap Ke Blogger
Setting DNS Namecheap Untuk Blogger


 KETERANGAN :  Pada bagian CNAME kamu harus mengisinya dengan kode yang ditampilkan pada langkah ke-2 yang ditunjukkan pada halaman Setelan Umum Blogger. Pastikan jangan sampai salah dalam pengisiannya. Lalu isi semua A Record dengan IP khusus yang diberikan oleh Google yaitu :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Harus IP itu, tidak bisa menggunakan IP lain selain yang diberikan dari Google. Untuk lebih jelasnya kenapa harus menggunakan IP itu bisa kamu baca di Google.



 CATATAN :  Apabila kamu tidak menemukan pengaturan DNS seperti gambar diatas, ubah terlebih dulu pengaturan pointing domain kamu menjadi Basic DNS atau Default DNS jika sebelumnya menggunakan Name Server.


Namecheap Basic DNS
Namecheap Basic DNS


4. Tinggal satu tahap lagi, sekarang kembali lagi ke setelan blogger kamu kemudian klik Simpan dan selamat!


Sukses Custom Domain Blogger
Sukses Custom Domain Blogger


Sekarang blog kamu sudah beralih dari blogspot.co.id menjadi nama domain pilihanmu.

Saat klik simpan tapi masih menunjukkan pesan kesalahan, tunggu antara lima sampai sepuluh menit dan klik simpan lagi. Hal ini biasa terjadi karena respon dari tempat kamu menyewa domain yang delay. Bahkan ada juga registrar yang mengharuskan verifikasi admin sebelum mengalihkan domain. Jika lebih dari 10 menit masih menunjukkan pesan kesalahan, hubungi dukungan tempat kamu menyewa domain.

Eitsss... Tapi jangan senang jika kamu sudah berhasil mengalihkan domain TLD ke blogger ya, karena kamu masih harus melakukan setting terakhir yaitu peralihan dari NON-WWW ke WWW. Gunanya agar nama domain kamu bisa diakses dengan atau tanpa mengetikkan WWW. Kalau ini tidak dilakukan, maka setiap orang yang mengakses alamat blog kamu tanpa mengetikkan WWW akan dialihkan ke halaman kesalahan atau 404.


Bagaimana caranya gan?


Buka dasbor blogger lagi, ke Setelan Umum lalu Publikasi dan klik Edit.


Edit Domain Blogspot
Edit Domain Blogspot


Lalu centang pada bagian Alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com seperti yang saya garis bawahi pada gambar dibawah ini.


Alihkan Non WWW ke WWW
Alihkan Non WWW ke WWW


Begitulah Cara Yang Benar Setting Custom Domain TLD Ke Blogger / Blogspot . Tidak sulit jika kamu membacanya sambil mempraktikkan langsung. Cara mengalihkan nama domain blogger ini bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit untuk pemula dan mungkin kurang dari 15 menit untuk yang sudah pernah melakukannya.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status