Kenapa Blog Selalu Ditolak AdSense? Ini Jawabannya!

Kenapa Blog Saya Ditolak AdSense

Sebagai situs periklanan internasional yang paling bonafit, Google AdSense tentu memiliki banyak sekali persyaratan yang perlu diikuti oleh penayang iklan (publisher) karena hal ini untuk menigkatkan kepercayaan pengiklan (advertise).

Google AdSense sebenarnya hanyalah media untuk mempertemukan antara pengiklan dan penanyang iklan, hanya saja dengan melalui Google AdSense blog yang mau memasang iklan dari pengiklan harus melalui tahap verifikasi dan sudah melewati pengamatan (tinjauan) tim Google AdSense.



Ada beberapa faktor yang menyebabkan blog kamu ditolak oleh Google AdSense berkali-kali, dan berikut ini adalah beberapa penyebabnya :


1. Konten Tidak Memadai

Sebagai penulis (blogger) tentu harus mengerti setidaknya tata cara penulisan yang baik dan susunan kata-katanya yang readable. Kata-kata ini akan di tinjau langsung oleh tim AdSense, jadi pastikan kamu tidak membuat artikel yang berisi teks asal-asalan.

Selain itu, artikel yang terlalu sedikit dan info yang kurang jelas juga menjadi masalah untuk mendaftar AdSense. Usahakan agar isi artikel kamu lebih dari yang dibutuhkan oleh standar umum yaitu 700 kata (700 words). Berikan juga mode pembacaan yang menarik, seperti membuat beberapa paragraf dan heading yang pas agar pengunjung tidak pusing membaca artikel kamu.


2. Gambar Tidak Sesuai / Memiliki Hak Cipta

Jangan menggunakan gambar dari hasil pencarian Google Images, sebab beberapa gambar sudah dipatenkan dengan hak cipta yang membuat blog kamu tereteksi sebagai pelanggaran hak cipta.

Carilah gambar yang tidak memiliki hak cipta atau bebas digunakan oleh publik seperti di Pixabay, Pexels atau Unsplash.

Lebih bagus lagi jika kamu membuat gambar dengan foto editor atau hasil jepretan kamrea asli. Biarpun kurang bagus, yang penting gambar tersebut adalah asli hasil karya kamu dan belum ada yang sama di Google Images.


3. Halaman Penting Tidak Tersedia

Yang satu ini sebenarnya agak unik tapi 100% terbukti bisa membuat blog kamu tidak diterima AdSense jika tidak membuatnya. Ya, halaman Tentang, Kontak, Disclaimer, Terms of Service dan Privacy Policy adalah halaman penting yang perlu diterapkan pada setiap blog yang ingin mendaftar AdSense.

Isi semua halaman tersebut sesuai dengan namanya, usahakan dengan kalimat yang tegas agar mudah dipahami oleh tim AdSense yang meninjau blog kamu.


 BACA JUGA:  9  Tips Sebelum Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima


4. Penempatan Konten Kurang Tepat

Peraturan yang satu ini sepertinya tidak pernah berubah. Dari dulu sampai sekarang Google AdSense selalu menyoroti aturan penempatan konten (layout) blog yang ingin mendaftar ke AdSense. Dengan tampilan blog yang semeraut tentunya blog kamu tidak akan diterima oleh AdSense.

Gunakanlah template blog yang sederhana, cepat dan nyaman bagi pembaca. Kamu bisa menggunakan template yang suah saya rekomendasikan untuk AdSense disini dan disini. Selanjutnya kembangkan lagi template tersebut agar lebih menarik dan SEO Frindly.



5. Terlalu Banyak Link keluar (Outbound Link)

Terlalu banyak memasang link keluar yang tidak bermanfaat akan menyebabkan blog kamu sulit diterima oleh AdSense karena dianggap "kotor" dan tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca.

Terapkanlah link yang berkaitan dengan isi artikel blog kamu dan jangan sesekali memasang link dari situs web yang bertentangan dengan aturan oleh Google AdSense seperti link situs Po*no, Perjud1an, atau situs-situs suram lainnya.


6. Terdeteksi CoPas

Waduh untuk blog yang terbukti copas sepertinya belum ada obatnya nih. Beberapa blogger memang sengaja copas artikel dari blog orang lain bahkan, ada juga yang langsung mem-fetch terang-terangan menggunakan RSS (grab).

Tapi itu adalah cara klasik, Google tentu tahu betul mana artikel asli dan mana yang bukan (duplikat). Bagi kamu yang hobi copas sebaiknya jangan bangga dan berfikir untuk bisa mendaftar AdSense dengan mudah ya, karena itu mustahil. Bisa dibilang perbandingannya 100.000:1 untuk diterima.


 BACA JUGA:  12 Cara Optimasi Blogspot Agar Mudah Ditemukan Di Google


Mungkin hanya itu aturan-aturan yang membuat blog kamu sulit diterima AdSense. Periksalah blog kamu dengan beranggapan bahwa seandainya kamu adalah pengunjung. Apakah tampilan dan konten blog kamu menarik? Apakah artikel bermanfaat? Apakah nyaman untuk dibaca? dst.

Jangan bosan untuk belajar terus meningkatkan kreatifitas aslimu di internet khususnya ngeblog, karena jika kamu sudah memiliki jiwa seorang blogger sejati pasti akan bisa melakukan hal ini termasuk mendaftar AdSense.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar