Plugin SEO Paling Ampuh Untuk WordPress Self Hosted

All in One SEO Pack

Semua pemilik web dan blog yang dibangun menggunakan WordPress Self Hosted tentu tahu apa itu plugin, tapi tidak semuanya tahu tentang SEO dan manfaatnya. Jadi saya rasa tidak ada salahnya jika saya memberikan informasi dan rekomendasi plugin SEO serta panduan penggunaannya.

Kita semua pasti tidak ingin memiliki blog atau web yang sepi pengunjung, terlagi web yang dibuat untuk toko online. Hal itu bisa menyebabkan peromosi menurun dan pendapatan ikut menurun. Sia-sia kalau hanya membuat web online shop tapi tidak memiliki pengunjung.



Saya sendiri pernah pendapat job untuk memodifikasi serta mengoptimalkan SEO dari web toko online yang menggunakan WordPress Self Hosted. Tidak pikir panjang saya langsung terapkan plugin andalan serta pengaturan yang pas. Alhasil web tersebut sedikit demi sedikit mulai dikunjungi oleh visitor organik dari mesin pencari hingga akhirnya normal dan terus meningkat.

Sejak kejadian itu, saya pastikan kalau plugin SEO yang saya gunakan terbilang ampuh dan jitu untuk meningkatkan pengunjung, biarpun tidak langsung (ada proses ada hasil).

Sekarang saya ingin berbagi sedikit informasi dari pengalaman pribadi yang mungkin kamu butuhkan untuk meningkatkan pengunjung blog atau web menggunakan plugin SEO.


Dari tadi bilang SEO, apa sih SEO itu?



SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berguna untuk mengoptimalkan seluruh halaman dalam sebuah web atau blog. Manfaatnya tentu blog atau web yang sudah di optimasi sedemikian rupa akan mudah ditemukan pada mesin pencari khususnya Google.




Cara mengoptimalkan web atau blog juga berbeda-beda tergantung dari sang pemilik. Ada yang menggunakan cara instan (berbayar) ada juga yang ingin tahu step by step dari awal, tanpa modal tapi cukup menguras waktu untuk belajar dan memahaminya. Terlagi harus sering menyelidiki algoritma Google yang terus update. Tentu waktu yang dibutuhkan cukup lama jika belum pernah mengenal SEO sama sekali.

Cara singkatnya adalah adalah menggunakan iklan berbayar seperti AdWords by Google atau Audience Network by Facebook. Semuanya termasuk cara berpromosi SEM (Search Engine Marketing) yang pasti mendapatkan banyak pengunjung dalam waktu singkat.

Khusus cara lambat, belajar memulai SEO dari membaca, menelaah, meringkas dan mempraktikkan bisa dari mana saja termasuk dari artikel ini.

 BACA JUGA :  Hal Yang Perlu Dilakukan Saat Baru Menggunakan WP Self Hosted

Dan disini saya ingin berbagi cara yang gratis untuk mendatangkan banyak pengunjung ke web atau blog menggunakan plugin SEO paling ampuh.

CATAT : Cara ini hanya berlaku untuk blog atau web yang dibangun menggunakan WordPress Self Hosted.

Mari kita lanjutkan untuk memulai mempelajari dan menerapkan caranya. Usahakan kamu membaca artikel ini sambil mempraktikkan langsung agar cepat memahami.

PERSIAPAN : Untuk menghindari kesalahan tak terduga, sebaiknya backup seluruh web atau blog kamu termasuk database. Agar jika terjadi error mudah untuk di kembalikan ke semula.


Plugin SEO Paling Ampuh Untuk WordPress Self Hosted


All in One SEO Pack atau sering disebut AIO SEO ini merupakan plugin andalan saya yang tidak pernah tertinggal saat saya menggunakan WordPress. Plugin ini bisa kamu dapatkan secara gratis dari direktori plugin atau bisa mencarinya melalui dasbor admin.


Plugin AIO SEO
Plugin AIO SEO


Banyak keunggulan plugin ini dibandingkan plugin SEO jenis lainnya. Karena AIO SEO lebih sederhana dan mudah dipahami. Fiturnya juga tidak kalah jauh dengan plugin SEO berbayar.


Fitur AIO SEO :

 Kustomisasi SEO Post / Page
 Sitemap XML Generator
 URL Kanonis
 Title ReWrite
 Keywords ReWrite
 Description ReWrite
 Block Bots / Spam Referer
 Optimasi Google AMP
 Optimasi WooCommerce
 Integrasi Google Analytics
dan banyak lagi...!!


Cukup kan? Tentu sudah bisa mewakili semua yang dibutuhkan untuk optimasi web atau blog.

CATAT : Bagi pemula, kamu tidak perlu melihat macam-macam opsi, cukup install dan selesai. Sedangkan pengguna tingkat lanjut, kamu bisa mengatur banyak hal untuk mengoptimalkan SEO.

Meskipun fiturnya melimpah, tapi saya hanya mengandalkan beberapa fitur utama saja yaitu Title ReWrite, Keywords ReWrite, Description ReWrite, XML Sitemap dan Block Bots. Karena saya hanya mengandalkan fitur yang terbukti efektif.

Berikut ini adalah gambar saat penulisan konten di WordPress yang SEO menggunakan fitur ReWrite dari AIO SEO.


All in One SEO Pack Custom Post
All in One SEO Pack Custom Post


Agar kamu lebih memahami gambar ditatas, saya akan bahas satu persatu manfaat dari masing-masing fitur tersebut dibawah ini.


Title, Keyword, Description ReWrite

Nomor 1 sampai 3 pada gambar memiliki fungsi untuk menulis ulang (ReWrite) judul artikel, keyword dan deskripsi yang akan tampil di mesin pencari, seperti pada preview yang saya kotaki warna biru.

Gunanya, membuat kata kunci pada judul di hasil pencarian Google, tapi tidak menunjukkan kata kunci tersebut pada judul di halaman blog atau web asli.


Contoh Title ReWrite Di Hasil Pencarian Google
Contoh Title ReWrite Di Hasil Pencarian Google


Padahal, pada halaman artikel tersebut jika di klik hanya akan menampilkan judul tanpa kata kunci tambahan, perhatikan tanda panah pada gambar dibawah ini.


Title ReWrite Di WordPress Dengan AIO SEO
Title ReWrite Di WordPress Dengan AIO SEO


Yang berwarna merah adalah judul artikel asli di halaman, sedangkan yang berwarna hijau adalah judul ReWrite yang tampil di penelusuran Google.

Kadang kita tidak ingin membuat judul yang panjang karena terlihat kurang bagus, nah dengan Title ReWrite ini semua itu bisa diatasi. Kamu bisa menulis judul pendek tapi memiliki judul yang panjang lengkap dengan keyword untuk ditampilkan pada hasil penelusuran Google.

Cara ini juga digunakan oleh kebanyakan blog dan website terkenal agar pengunjung yang melihat judulnya di google "kepincut" akhirnya ngeklik dan masuk ke dalam halaman web atau blog mereka.


XML Sitemap


Sitemap XML AIO SEO
Sitemap XML AIO SEO


Seperti kebanyakan sitemap, plugin AIO SEO memberikan fitur sitemap generator gratis yang bisa di aktifkan hanya dengan satu kalik klik. Maka secara otomatis juga blog atau web kamu akan memiliki sitemap yang valid dan bisa di akses melalui alamat http://domain.com/sitemap.xml

Tujuan pembuatan sitemap adalah mempercepat pengindeksan setiap kali ada update di blog atau web kamu. Jadi sitemap amatlah penting untuk digunakan. Googlebot, Bingbot dan alat-alat crawler lainnya juga mengandalkan sitemap untuk menjelajahi seluruh ini web atau blog.



Block Bots

Yang satu ini boleh kamu aktifkan dan boleh tidak sebab, Block Bots biasanya bertentangan dengan pengunjung yang menggunakan proxy, vpn atau anony browser. Jika block bots diaktifkan, maka browser-browser dan jaringan yang tidak valid akan di blokir oleh fitur ini dan kemungkinan besar pengunjung akan berkurang. Jadi hanya pengunjung yang benar-benar bersih dan transparan (tanpa proxy, vpn atau bots) yang bisa mengakses seluruh isi web atau blog kamu.

Supaya Block Bots tidak terlalu agresif, sebaiknya kamu gunakan saja fitur Block Referer agar pengunjung yang datang dari situs negatif akan di blokir. Kamu juga bisa menyesuaikan situs mana saja yang dilarang untuk mengarahkan pengunjung masuk. Perhatikan gambar dibawah ini.


Block Bots Dengan AIO SEO
Block Bots Dengan AIO SEO


Yang saya beri kotak hijau adalah pengaturan untuk mengaktifkan fitur Block Referer dan kotak yang berwarna merah adalah daftar situs negatif yang bisa kamu ubah sesuai keinginan. Maka pengunjung yang mengklik link blog atau web kamu dari situs negatif akan terblokir.




Itulah Plugin SEO Paling Ampuh Untuk WordPress Self Hosted serta pengaturan penggunaannya yang bisa kamu coba terapkan pada web atau blog.

Pada artikel selanjutnya, saya akan membahas lebih banyak lagi mengenai plugin SEO dan WordPress, jadi jangan lewatkan ya.

 BACA JUGA :  Cara Membuat Website Dengan WordPress

Keep reading at this blog...

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar