Teknik Menulis Artikel Blog Yang Menarik

Teknik Menulis Artikel Blog

Menulis artikel blog adalah keharusan jika kamu memiliki blog. Blogger atau penulis online yang sifatnya hanya ingin berbagi informasi sebenarnya tidak perlu menggunakan teknik atau tata cara yang rumit. Cukup dengan gaya bahasa yang baik dan penulisan ejaan yang benar.

Tapi hal ini sepertinya tidak berlaku untuk seorang blogger yang mengedepankan kualitas konten artikel untuk bersaing di mesin pencari. Jutaan orang mencari dan membaca artikel yang ditemukan di internet setiap harinya seperti dari Google, Bing atau Yahoo. Semua mesin pencari tersebut bisa digunakan sebagai alat untuk mencari informasi, mereka tidak menyediakannya tapi hanya memfasilitasi pencarian artikel blog atau konten saja. Dan blog atau konten itulah yang sejatinya dicari oleh pengunjung atau pembaca.



Pengunjung memilih-milih mana blog yang memuat artikel menarik serta bermanfaat baginya, dan salah satu faktor yang jadi patokan pengunjung menjadi suka dengan blog yang dibacanya adalah metode penulisan blog itu sendri.

Blogger yang menggunakan Teknik Menulis Artikel Blog Yang Menarik tentu akan memiliki banyak pengunjung yang tidak bosan datang berulang kali hanya untuk membaca artikel baru. Dan keharusan sang penulis tentunya menerapkan cara khusus atau teknik agar tulisan di blognya disukai oleh banyak pengunjung.

Berikut ini adalah beberapa tata cara atau teknik menulis yang bisa di terapkan pada artikel blog kamu.


Teknik Menulis Artikel Blog Yang Menarik


READABLE
Readable atau dalam bahasa Indonesia disebut "Mudah Dibaca" adalah salah satu teknik dasar dalam penulisan artikel. Setiap pengunjung blog tidak terpatok oleh usia, dari yang muda hingga yang dewasa bisa membaca artikel blog kamu dan pastikan isi artikel kamu readable untuk semua usia.


FORMATTING
Formatting adalah teknik menggunakan gaya tulisan seperti huruf miring, tebal, bergaris bawah dan berwarna. Jika tulisan yang paling mencolok disesuaikan dengan formatting yang tepat, tentu pengunjung akan mudah memahami maksud dari artikel kamu tanpa harus membacanya berulang kali untuk mengerti.


HEADING
Heading atau judul sebuah paragraf yang menggunakan huruf tebal dan besar membantu memudahkan pengunjung membaca setiap paragraf di artikel kamu dan membuatnya tertarik untuk terus membaca.


BLOCKQUOTE
Blockquote adalah percakapan seseorang yang ditulis dalam bentuk artikel. Menggunakan blockquote dalam penulisan artikel tidak begitu penting, namun jika ada percakapan atau kalimat yang memerlukan pandangan khusus baiknya diberi blockquote agar menarik.


SPACE
Beri pengunjung kemudahan membaca dengan memberi baris baru pada setiap paragraf yang kamu tulis. Contohnya pada artikel ini yang memiliki space di setiap heading dan paragraf untuk mempermudah pembacaannya.


IMAGE
Image atau gambar hanyalah sebuah pendukung jika artikel yang kamu tulis adalah artikel cerita atau artikel ringan. Berbeda jika kamu menulis artikel informasi atau tutorial, sebab artikel seperti ini mengharuskan kamu menggunakan gambar agar pengunjung mudah mengerti yang kamu jabarkan pada tulisan. Gambar yang menarik pada sebuah artikel membuat pengujung nyaman membaca dan terlihat betah berlama-lama.



POINT
Tambahkan poin-poin inti pada artikel blog kamu semenarik mungkin. Tapi, jangan tuangkan semua ide baru kamu ke satu artikel sekaligus, Mengapa? Karena jika blog yang kamu miliki belum terkenal, ada kemungkinan ide kamu akan dicuri oleh blog lain yang lebih besar dan kata-kata pada artikel kamu akan ditulis ulang dengan gaya bahasa mereka, tentu blog kamu akan tetap sepi meski semua ide sudah kamu tuangkan dalam satu artikel penuh.

Sebaiknya buat beberapa artikel terkait (berhubungan satu sama lain) pada setiap ide yang kamu tuangkan dalam bentuk artikel. Teknik ini biasa digunakan oleh blogger profesional agar karya mereka tidak mudah dicuri begitu saja. Buat artikel terkait sedemikian rupa agar mudah dipahami namun sulit untuk dicuri blogger lainnya.


Itulah Teknik Menulis Artikel Blog Yang Menarik yang bisa kamu praktikan langsung pada artikel blog kamu. Tapi jangan lupakan pengoptimalan, karena pengunjung tidak datang begitu saja, kamu juga tetap harus menggunakan Teknik Optimasi SEO pada blog dan artikel baru yang kamu tulis agar cepat naik ke posisi teratas Google dan mesin pencari lainnya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status