8 Tips Sebelum Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima

Google AdSense

AdSense adalah salah satu layanan milik Google yang diperuntukkan bagi siapapun untuk menghasillkan uang dengan cara bagi hasil. Goole AdSense bukan satu-satunya periklanan yang menawarkan jasa JV (Joint Venturetapi masih ada banyak lagi situs lain yang memberikan layanan serupa.

Entah kenapa, kebanyakan blogger lebih memilih AdSense untuk ditunjuk sebagai situs periklanan yang paling diminati. Setelah saya telusuri dan baca di internet, ternyata AdSense adalah salah satu periklanan yang berani membayar mahal kepada penayang iklan (publisher). AdSense berani membayar di atas harga rata-rata dan hal inilah yang menjadikan AdSense sebagai salah satu situs periklanan terbaik saat ini.

Berbicara soal AdSense memang tidak luput dari cara mendaftarnya yang susah dan aturannya yang tergolong ketat. Ada beberapa syarat mutlak yang wajib dipenuhi blogger sebelum mendaftarkan blognya ke AdSense. Syarat atau aturan itu tertulis dengan jelas pada halaman Kebijakan Google AdSense dan bisa dibaca oleh siapapun. Kebijakan inilah yang sering dilewatkan oleh blogger sebelum mendaftar AdSense, entah karena malas baca atau karena sudah yakin diterima.





Karena banyak blogger yang melakukan berbagai cara agar dapat diterima oleh AdSense, ada yang melakukan pendaftaran melalui situs pihak ke-3 dan ada juga yang melalui YouTube. Parahnya, di pertengahan 2017 lalu banyak blogger yang melakukan pendaftaran menggunakan BUG dan hal ini tentunya melanggar kebijakan Google AdSense.

Memang, akun AdSense yang didaftarkan melalui cara curang akan aktif dan iklan akan tampil, tapi setelah ingin pencairan dana (gajian) akun yang mendaftar dengan cara curang tersebut akan terdeteksi dan langsung di blokir permanen.

Bayangkan, gimana rasanya sudah memperjuangkan blog agar ramai dan menapatkan banyak klik iklan tapi saat ingin pencairan dana, akun malah di tendang dan uang sama sekali tidak masuk ke rekening. Tentu sangat miris dan sedih ya, oleh karena itu mendaftarlah dengan benar dan sesuai dengan peraturan AdSense.

Saya pribadi tidak tertarik untuk mendaftar melalui cara curang waktu itu, karena saya tahu resiko yang akan di timbulkan dan sekarang mulai terbukti. Banyak blogger yang mengaku akunnya sudah ditendang dari AdSense karena dulu mendaftar menggunakan cara yang tidak sah.




Nah bagi kamu yang baru ingin mendaftar AdSense sebaiknya tetap fokus ke kualitas blog dan konten, jangan memikirkan hal selain itu, karena dengan begitu potensi kamu diterima oleh AdSense akan lebih tinggi.

8 Tips Sebelum Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima sebenarnya gampang-gampang susah, ada yang cepat diterima dan ada juga yang lama seperti saya contohnya. Saya diterima setelah 3 bulan lebih menunggu review ke-2 karena saya mendaftar AdSense mengguakan salah satu blog saya yang memakai WordPress self-hosted dan domain TLD, jadi butuh 2x review untuk diterima dan alhamdulilahnya blog saya dterima.

Berikut ini adalah tips dari saya pribadi bagi kamu yang ingin mendaftar Google AdSense Non-Hosted maupun Hosted.


8 Tips Sebelum Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima


1. Kualitas Konten

Google AdSense sangat ketat memberikan aturan ini jadi kamu wajib mematuhi kualitas konten yang kamu tulis. Pastikan kamu menulis artikel sendiri dan bukan dari hasil copy paste blog orang lain. Sebab artikel yang kamu tulis sendiri akan lebih mudah diterima oleh AdSense dan jika kamu melakukan copy paste tentu itu sangat tidak mungkin untuk diterima karena akan terdeteksi sebagai duplikat konten.

Tulislah artikel dengan judul yang menarik dan berisi konten yang bermanfaat bagi pembaca. Usahakan untuk menulis dalam 700 kata atau lebih dan gunakan gaya bahasa yang baik dan enak dibaca. Jika kamu tidak mahir menulis, cobalah untuk belajar, selagi ada kemauan tentu semua akan bisa di realisasikan. Banyak situs di internet yang mengajarkan untuk menulis jika kamu ingin mencari dan mempelajarinya secara otodidak.

Pastikan kamu juga memiliki gambar referensi atau ilustrasi pada setiap artikel yang kamu tulis untuk memperlengkap konten dan menambah kenyamanan pandang pembaca.


2. Umur Blog

Umur sebuah blog menjadi patokan seberapa baik kualitas blog kamu dalam kurun waktu tersebut. AdSense hanya akan menerima blog atau web yang sudah berusia diatas 3 bulan atau 90 hari.

Jangan coba untuk mendaftarkan blog kamu sebelum berumur tiga bulan atau kamu akan mendapatkan email penolakan yang memilukan.


3. Tampilan Blog

Tampilan sebuah blog mencerminkan isi dari artikel yang ditulisnya. Jika sebuh blog terlalu banyak memuat konten yang tidak bermutu, bisa dipastikan tidak akan diterima oleh AdSense karena mereka hanya memerlukan konten yang berkualitas, bukan tampilan yang ramai atau ribet.


Contoh layout blog untuk AdSense
Contoh layout blog untuk AdSense


Gunakan template atau tema yang sederhana, elegan dan resposif serta atur peletakkan konten yang pas untuk pembaca. Google menganjurkan layout sederhana dan ringan di akses sebelum diajukan untuk mendaftar AdSense.


4. Link Penting

Selain ketiga hal diatas, ternyata link penting juga dibutuhkan sebelum mencoba untuk mengajukan pendaftaran AdSense. Link yang perlu kamu buat pada blog adalah :

About
Contact
Terms of Service
Disclaimer

Semua link penting itu harus ditulis dengan baik dan benar. Contohnya kontak, kontak harus sama dengan akun AdSense yang ingin di daftarkan seperti nama, alamat, nomor telepon dan email. Dengan begitu, tim AdSense yang melakukan verifikasi blog kamu akan mudah meninjau kepemilikan blog.





INFORMASI TAMBAHAN AGAR BLOG CEPAT DITERIMA


5. Tidak Memuat Konten Ilegal

Google sangat membenci situs web atau blog yang memuat konten ilegal seperti link download konten cr4ck atau download musik yang memiliki hak cipta. Bahkan jika terbukti memuat konten tersebut blog yang sudah diterima AdSense pun masih bisa terblokir karena aturan ini.

Jadi sebelum mendaftar AdSense cek terlebih dulu seluruh artikel dalam web atau blog kamu, jika ditemukan konten ilegal segeralah hapus.


6. Tidak Termasuk Di Daftar Spam


Nah yang satu ini perlu pembuktian agar dapat diketahui apakah web atau blog kamu terbukti dan masuk dalam daftar blacklist.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa langsung mengeceknya di Google Webmaster kemudian klik Tindakan Manual. Jika ada pesan, berarti web atau blog kamu sedang dalam bahaya karena sudah tercatat dalam spam. Tapi jika tidak ada pesan apapun, bisa dipastikan blog atau web dalam kondisi aman terkendali.


Tindakan Manual
Halaman Tindakan Manual pada Google Webmaster


Hal ini bisa terjadi karena kamu sering berkomentar atau menyebarkan link web atau blog dimana-mana termasuk situs yang tidak berkaitan dengan isi blog atau web.


7. Sering Update


Melakukan update secara rutin dan teratur adalah salah satu kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari pembaca juga Google sendiri. Semakin sering dan teratur dalam menulis artikel, maka kesempatan kamu untuk masuk ke keluarga AdSense akan semakin besar.


8. Memiliki Fanspage


Sosial media bisa diartikan sebagai tolak ukur popularitas sebuah blog atau web. Jika sebuah blog atau web menerapkan widget fanspage atau grup sosial media dan jika sering digunakan untuk berkomunikasi antara pemilik blog dan pengunjung, tentu saja blog atau web tersebut bermanfaat dan human friendly.

Google sangat menganjurkan situs web atau blog yang bersahabat baik dengan manusia sungguhan. Dan blog atau web yang sudah memiliki predikat tersebut akan memiliki potensi besar untuk mendapat kedudukan teratas di mesin pencari juga akan dipermudah dalam mendaftar akun AdSense.




Setelah semua aturan-aturan diatas sudah kamu penuhi, barulah coba untuk mengajukan blog kamu untuk di daftarkan ke AdSense. Dalam sesi pendaftaran dan tahap review, jangan mengubah template blog kamu atau melakukan perubahan besar karena hal ini menyebabkan akun kamu ditolak.

Teruslah menulis artikel seperti biasa saat dalam masa review. Jangan lupa untuk melakukan Optimasi SEO agar kualitas blog terus meningkat dan peluang diterima AdSense semakin besar.

INFORMASI : Jika pertama kali kamu mendaftar dan ditolak oleh AdSense, jangan berkecil hati tapi kamu harus mencermati email yang berisi penolakan tersebut. Google akan melampirkan rincian mengapa blog kamu ditolak. Jika kamu sudah menemukan kesalahan dan mengatasinya, cobalah untuk menaftar lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status