6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security

6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security

Sistem operasi yang berfokus pada keamanan adalah pendamping terbaik bagi seorang hacker karena membantu mereka untuk menemukan celah keamanan dalam sistem komputer atau jaringan komputer.

Apakah saat ini kamu sedang mengejar karir di bidang keamanan internet, profesional keamanan atau memang tertarik dengan bidang pengetahuan khusus ini? Jika demikian kamu harus mengetahui 6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security ini.



Sitem operasi Linux dibawah ini kesemuanya bisa kamu download secara gratis dan gunakan sesuai dengan fungsinya. Perlu diingat bahwa mungkin kamu akan menemukan kesulitan jika belum pernah menggunakan Linux Sebelumnya.

Berikut adalah daftar Linux OS yang pasti akan membantu dalam pekerjaan dan penelitian jaringan.


6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security


1. Kali


Kali Linux
Kali Linux


Kali Linux dikembangkan oleh Offensive Security sebagai penerus dari BackTrack Linux dan saat ini Kali menduduki peringkat teratas 6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security sebagai salah satu sistem operasi untuk tujuan hacking dan testing keamanan.

OS Kali berbasis Debian, dilengkapi dengan 500+ pre-installed tools untuk pengujian dan aplikasi yang telah terpasang peralatan keamanan Kali Linux lebih banyak.




Tool-tool Kali sering diperbarui dan ditawarkan untuk berbagai jenis platform seperti ARM dan VMware. Kali Linux juga layak untuk pekerjaan digital forensik karena dilengkapi dengan kemampuan boot langsung yang memungkinkan untuk mendeteksi kerentanan.

 Official Website : https://www.kali.org/


2. BackBox


BlackBox Linux
BlackBox Linux


BackBox Linux adalah sistem operasi berbasis Ubuntu yang digunakan untuk penilaian keamanan dan pengujian hacking. BackBox memiliki berbagai alat analisis keamanan yang bisa digunakan untuk menganalisis aplikasi web, analisis jaringan dan segainya.

BackBox sangat ringan dan lebih mudah digunakan ketimbang Kali. BackBox juga termasuk salah satu distro Linux terkenal di kalangan komunitas hacker yang hadir dengan interface desktop.

 Official Website : https://backbox.org/


3. BlackArch


BlackArch Linux
BlackArch Linux


BlackArch Linux adalah sistem operasi linux yang sengaja dibuat untuk para periset keamanan dan hacker. BlackArch berasal dari pengembangan Arch Linux.

OS ini menyediakan lebih dari 1400 tools yang telah diuji secara menyeluruh sebelum ditambahkan basis kode. Apalagi BlackArch terus berkembang reputasinya dan membuatnya semakin populer di kalangan sistem operasi untuk keperluan hacking.

 Official Website : https://blackarch.org/

 BACA JUGA :  8 Linux Paling Ringan Untuk Spesifikasi Komputer Rendah


4. Parrot Security OS


Parrot Security OS
Parrot Security OS


Parrot Security OS juga merupakan OS berbasis Debian seperti Kali yang dikembangkan oleh tim Frozenbox. Parrot Security OS adalah sistem operasi yang memiliki interface menarik yang dirancang untuk kegiatan hacking, testing, digital forensik, kriptografi, dll.

Dibandingkan dengan 6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security yang lain, Parrot Security OS adalah OS yang lebih sederhana dan ringan yang sangat efisien untuk digunakan.




Parrot Security OS adalah campuran dari Frozenbox OS dan Kali Linux. Terlagi sistem operasi hacking yang sangat disesuaikan ini juga hadir dengan dukungan komunitas yang kuat dan besar.

 Official Website : https://www.parrotsec.org/


5. Fedora Security Spin


Fedora Security Spin
Fedora Security Spin


Fedora Security Spin adalah keturunan dari Fedora yang dirancang untuk audit dan pengujian keamanan, juga dapat digunakan untuk tujuan pengajaran.

Tujuan awal dari Fedora Security Spin ini adalah untuk mendukung siswa dan guru saat mereka mempraktikkan atau mempelajari metodologi keamanan informasi, keamanan aplikasi web, analisis forensik dan sebagainya.

 Official Website : https://labs.fedoraproject.org/en/security/


6. WeakerThan


WeakerThan
WeakerThan


WeakerThan ialah distro linux pendatang baru yang juga dapat digunakan untuk melakukan pengetesan hacking, jaringan. WeakerThan menyediakan tools hacking yang dapat digunakan oleh hacker dan IT profesional untuk mengetes keamanan web, komputer dan jaringan.

  Official Website : http://weaknetlabs.com/



Meskipun diatas saya hanya menuliskan 6 Linux OS Yang Sering Dipakai Hacker Dan Cyber Security sebenarnya masih ada  banyak OS Linux yang dapat digunakan untuk keperluan digital forensik seperti Bugtraq, Pentoo, DEFT, Caine, ArchStrike, Cyborg, Matriux dan banyak lagi.

Tapi keenam OS diatas adalah yang paling sering digunakan untuk aktifitas hacking dan testing yang juga termasuk dalam daftar OS Linux terpopuler.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status