7 Situs Penyedia SSL Gratis

SSL Gratis

Salah satu fitur keamanan untuk website saat ini adalah Secure Socket Layer (SSL) dimana website atau blog yang sudah terintegrasi dengan sertifikat SSL akan lebih aman karena dilindungi dengan lalu lintas data ter-enkripsi.

Ada beragam jenis SSL yang bisa kamu beli dan gunakan untuk blog atau website. Beberapa diantaranya dihargai cukup mahal dan memerlukan verifikasi yang rumit contohnya: harus memiliki NPWP, SIUP, dan beragam surat menyurat lainnya.



Tapi ada juga SSL yang murah dan bisa kamu dapatkan tanpa harus memberifikasi dokumen apapun seperti Comodo PositiveSSL salah satunya yang bisa kamu dapatkan hanya dengan $9 atau setara dengan Rp 120 ribu rupiah.

Beberapa perusahaan penyedia sertifikat SSL terkenal dan terpercaya di internet adalah Comodo, PositiveSSL, RapidSSL, GoGetSSL, DigiCert, SSLs dan banyak lagi.

Belum lama ini ada salah satu organisasi yang membuat sertifikat SSL untuk dapat digunakan secara  garis. Ya, Let’s Encrypt adalah satu-satunya organisasi yang mengeluarkan setifikat SSL gratis itu. Dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Facebook, dan Cisco yang membuat Let’s Encrypt semakin maju dan terus memperkuat keamanannya.

Karena Let’s Encrypt adalah SSL gratis yang memberikan API (Application Programming Interface) untuk siapaun yang ingin menggunakan layanannya, sekarang telah lahir banyak situs yang juga membagikan SSL gratis yang tentunya menggunakan API dari Let’s Encrypt sebagai induk keamanannya.


7 Situs Penyedia SSL Gratis


1. Cloudflare

Cloudflare adalah penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) yang sudah sangat kawakan dibidangnya. Mereka dengan sukarela memberikan fasilitas CDN gratis untuk siapapun lengkap dengan sertifikat SSL.




Banyak blogger dan webmaster di seluruh dunia yang menggunakan layanan CDN dan SSL gratis dari Cloudflare yang terbilang mudah, cepat dan stabil.


2. Free SSL

Free SSL adalah salah satu situs an layanan milik Symantec, yaitu produsen Antivirus terbaik saat ini. Free SSL memberikan SSL gratis untuk siapa saja yang mau menggunakan SSL darinya.

Selain itu, Free SSL juga dilengkapi dengan fitur malware finder yang memungkinkan pendeteksian jika ada kode atau link jahat yang tersembunyi pada halaman website atau blog kamu.


3. Start SSL

Start SSL adalah salah satu nama paket SSL gratis yang disediakan oleh StartCom, yaitu perusahaan penjual sertifikat SSL asal kanada.


4. Get HTTPS for Free

Layanan Get HTTPS for Free juga menggunakan API dari Let’s Encrypt. Untuk kamu yang tidak ingin repot dan mengeluarkan biaya pemasangan SSL, Get HTTPS for Free menjadi salah satu solusinya untuk membuat sertifikat SSL dengan praktis dan gratis.




5. SSL for Free

Adalah turunan dari Let’s Encrypt yang memberikan fasilitas SSL gratis kepada semua orang yang membutuhkan.


6. Zero SSL

Zero SSL tidak berbeda jauh, sama halnya seperti yang lain, mereka juga menggunakan API Let’s Encrypt sebagai sertifikat kemanannya.


7. Certify The Web

Situs web yang baru-baru ini hadir untuk memberikan layanan SSL gratis adalah Certify The Web. Mereka khusus memerikan SSL gratisnya bagi pemilik website yang menggunakan Windows IIS sebagai web server.

Masih sama seperti yang lain, Certify The Web juga menggunakan Let's Encrypt untuk membuat sertifikat SSL dan keamanan.



Itulah 7 Situs Penyedia SSL Gratis yang bisa kamu gunakan untuk website atau blog. Jangan lupa untuk memperhatikan cara yang benar untuk menginstallnya pada server dan website atau blog kamu. Sebab jika salah dalam penginstallan, justru website atau blog kamu tidak akan bisa di akses.

INFO : Untuk website toko online yang menggunakan metode pembayaran online di website, saya rasa jangan menggunakan SSL gratis.
Bukan karena SSL gratis tidak aman, tapi calon pembeli yang cerdik akan memeriksa keamanan itu. Jika toko online saja menggunakan SSL gratis, itu sama sekali tidak meyakinkannya. Selain itu keamanan SSL berbayar juga lebih tinggi dibandingkan SSL gratis.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status